1
Doa

Tata Cara dan Isi Khutbah Sholat Sunnah Gerhana

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Secara umum, sholat gerhana dikerjakan dengan didahului sholat sunnah dua rakaat, dan dilanjutkan dengan khutbah. Saat sholat, hal yang membedakan tata cara sholat gerhana dengan sholat sunnah lain adalah jumlah rukuknya. Di setiap rakaat ada dua kali rukuk. Dianjurkan melakukan rukuk yang panjang, serta membaca surat yang panjang di tiap rakaat.

Khutbah saat sholat gerhana mirip dengan khutbah saat sholat Ied. Hanya saja, khutbah yang disampaikan tidak dianjurkan mengucapkan takbir sebagaimana khutbah dalam sholat Ied.

Baca juga: Ternyata Ini Lho Pengertian Sholat Gerhana yang Benar

Dalam tata cara sholat gerhana, orang yang dianjurkan menjadi imam adalah pemerintah. Jika tidak memungkinkan, bisa ditunjuk naib dari pemerintah setempat.

Tanpa Adzan dan Iqamah

Umroh.com merangkum, tak seperti sholat wajib, sholat sunnah gerhana tidak didahului adzan dan iqamah. Untuk memanggil jamaah sholat gerhana, disunnahkan menggunakan panggilan “As-sholaatul jaami’ah”. Diriwayatkan oleh Imam Bukhari, “ketika matahari mengalami gerhana di masa Rasulullah SAW, orang-orang dipanggil untuk sholat dengan kalimat ‘As-sholaatu jaami’ah'”.

tata cara sholat gerhana (source flickr)

Tata Cara Sholat Gerhana

1. Niat sholat gerhana

أُصَلِّي سُنَّةَ الخُسُوفِ رَكْعَتَيْنِ إِمَامً/مَأمُومًا لله تَعَالَى

Ushallii sunnatal khusuuf rak‘ataini imaaman/makmuuman lillaahi ta‘aalaa

Artinya: “Saya sholat sunah gerhana bulan dua rakaat sebagai imam/makmum karena Allah SWT.”

webinar umroh.com

Baca juga: Jangan Lupa untuk Melihat Jadwal Sholat Hari Ini di Sini!

2. Takbiratul Ihram

3. Membaca Taawudz dan Surat Al Fatihah

4. Membaca Surat yang Panjang

5. Rukuk

Saat rukuk, dianjurkan melakukan rukuk yang panjang. Dengan membaca tasbih selama membaca surat Al Baqarah sebanyak 100 ayat.

6. I’tidal

7. Membaca Surat Al Fatihah

8. Membaca Surat yang panjang

9. Rukuk

Rukuk kedua lebih pendek dari rukuk pertama. Dianjurkan membaca tasbih selama membaca surat Al Baqarah sebanyak 80 ayat.

10. Sujud

Lakukan sujud yang panjang. Saat sujud, bacalah tasbih yang lamanya sama dengan rukuk pertama.

Baca juga: Punya Rencana untuk Pergi Umroh bersama Keluarga? Yuk Wujudkan di Sini!

11. Duduk di Antara Dua Sujud

12. Sujud yang panjang

Di sujud kedua, bacalah tasbih yang lamanya sama dengan rukuk kedua. 

13. Berdiri untuk rakaat yang kedua

Di rakaat kedua, lakukan sebagaimana rakaat pertama. Surat yang dibaca juga dua buah surat yang panjang dengan diselingi rukuk yang panjang. Misalnya membaca surat An Nisa, lalu rukuk, kemudian i’tidal dan membaca surat Al Maidah.

14. Duduk Tasyahud

Setelah sujud kedua, lakukan duduk tasyahud.

15. Salam

Tata cara sholat gerhana tersebut bersumber dari hadist tentang cara Rasulullah memimpin sholat gerhana bersama para Sahabat. Dituturkan oleh Aisyah melalui riwayat Imam Bukhari dan Muslim, “Terjadi gerhana matahari pada saat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam masih hidup, kemudian Beliau keluar menuju masjid untuk melaksanakan sholat, dan para sahabat berdiri di belakang Beliau membuat barisan shof sholat, lalu Beliau bertakbir dan membaca surat yang panjang, kemudian bertakbir dan rukuk dengan rukuk yang lama, lalu bangun dan mengucapkan: ‘sami’allahu liman hamidah’. Kemudian bangkit dari rukuk dan tidak dilanjutkan dengan sujud, lalu membaca lagi dengan surat yang panjang yang bacaannya lebih singkat dari bacaan yang pertama tadi. Kemudian bertakbir, lantas rukuk sambil memanjangkannya, yang panjangnya lebih pendek dari rukuk yang pertama. Lalu mengucapkan: ‘sami’allahu liman hamidah, rabbanaa wa lakal hamd’, kemudian sujud. Beliau melakukan pada raka’at yang terakhir seperti itu pula maka sempurnalah empat kali rukuk pada empat kali sujud”.

Baca juga: Perlu Diingat, Ini Jumlah Rakaat Sholat Gerhana

Khutbah Sholat Gerhana

Usai jamaah mengakhiri sholat dengan salam, Imam atau Khotib menyampaikan dua khutbah sholat gerhana. Khutbah berisi tausiyah agar jamaah beristighfar dan semakin bertaqwa kepada Allah. Kemudian dilanjutkan dengan nasihat untuk bertaubat, bersedekah, membela kaum yang lemah, dan sebagainya. 

Ulama yang mensyariatkan khutbah setelah sholat gerhana adalah ulama mazhab Syafi’iyah. Sementara menurut ulama mazhab Malikiyah, Hanafiyah, dan Hanabilah khutbah setelah sholat gerhana tidak disyariatkan. Hanya saja, setelah melaksanakan sholat gerhana disunnahkan memberi peringatan kepada jamaah. Peringatan tidak bersifat formal sebagaimana khutbah yang disampaikan di mimbar. 

tata cara sholat gerhana (source flickr)

Dalam hadist tentang disyariatkannya sholat gerhana yang disampaikan Aisyah, memang dituturkan bahwa Rasulullah menyampaikan sesuatu kepada jamaah. Hadist yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Imam Muslim tersebut berbunyi, “Dari Aisyah ra berkata, ‘Sesungguhnya ketika Rasulullah SAW selesai dari sholatnya, beliau berdiri dan berkhutbah di hadapan manusia dengan memuji Allah, kemudian bersabda, “Sesungguhnya matahari dan bulan adalah sebuah tanda dari tanda-tanda Allah SWT. Keduanya tidak menjadi gerhana disebabkan kematian seseorang atau kelahirannya. Bila kalian mendapati gerhana, maka lakukanlah sholat dan berdoalah”‘.

Baca juga: Wajib Tahu, Lakukan Sholat Gerhana di Waktu Ini

Dibolehkan Membaca Surat Pendek

Saat sholat gerhana, memang dianjurkan untuk membaca surat yang panjang di rakaat pertama dan kedua. Akan tetapi, jika ingin melakukan sholat gerhana dengan lebih ringkas, hal tersebut diperbolehkan. Menurut Syekh Ibnu Sayyid Muhammad Syatha Ad Dimyathi (dalam kitab I’anut Thalibin), dijelaskan bahwa jika seseorang membatasi diri dengan membaca surat Al Fatihah saja, maka hal tersebut sudah memadai. Selain itu, jika membaca surat-surat pendek setelah membaca surat Al Fatihah juga tidak masalah. Tujuan dianjurkannya membaca surat yang panjang adalah agar kita masih dalam keadaan sholat saat gerhana terjadi, hingga gerhana selesai.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.