play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Serba-serbi Ramadhan

7 Tempat Ngabuburit Semarang yang Asyik Menunggu Adzan Magrib

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh. com – Pada bulan Ramadhan masyarakat selalu menikmati dengan ngabuburit di sore hari. Ngabuburit mengisi waktu senggang untuk mengalihkan rasa haus dan lapar. Apalagi ngabuburit bukan hanya sekadar jalan-jalan, kalian juga bisa berburu makanan takjil untuk buku puasa. Biasanya para pedagang menjajahkan makanannya di tempat-tempat ramai. Banyak sekali tempat-tempat seru dan asyik untuk dijadikan tempat ngabuburit Semarang.

Baca juga : Arti Suudzon dalam Islam dan Hukumnya

Cara Ngabuburit Asyik

Saat menjelang berbuka puasa, kondisi tubuh memang lagi lesu-lesunya. Supaya tak terasa lemas, biasanya orang-orang akan mensiasatinya dengan cara ngabuburit atau melakukan kegiatan seru untuk menanti adzan Maghrib. Kalau bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja, yuk lakukan ngabuburit supaya Ramadan kamu jadi terasa lebih istimewa dan tak terlupakan.

1. Memasak untuk buka puasa

Nah ternyata kegiatan memasak adalah salah satu cara seru ngabuburit di bulan ramadhan loh! Nggak percaya? Coba deh masak di rumah. Nggak mesti masak yang susah-susah, cukup masakan yang simple dibuat aja seperti nasi goreng.

Serunya dimana? Serunya saat kita menyiapin semua bahan-bahan mulai dari nasi, bumbu, telur, dan lain-lain. Belum lagi keseruan ketika kamu meracik nasi goreng saat dimasak. Wah kebayang nggak, waktu kamu akan berlalu dengan sangat cepat.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

2. Berburu takjil

Cara asyik ngabuburit selanjutnya adalah dengan cara berburu takjil. Tidak harus menu berbuka puasa semuanya di siapin oleh orang tua, sesekali kamu bisa luangin waktu untuk berburu takjil sendiri untuk berbuka puasa beberapa jam sebelum maghrib.

Biasanya selama bulan ramadhan, hidangan khas puasa seperti kolak pisang atau kurma menjamur dimana-mana. Kamu bahkan bisa dengan mudah menemuinya di daerah komplek rumah atau sekitar perkantoran yang seketika itu juga di sulap menjadi ‘lapak’ takjil sore hari. Banyaknya pilihan takjil pada akhirnya membuat waktu kamu jadi terasa lebih cepat berlalu.

3. Mengikuti kegiatan sosial

Kamu bisa mengikuti kegiatan sosial agar ngabuburit kamu terasa lebih seru dan bermakna. Tidak mesti jauh-jauh, kamu bisa membagikan takjil gratis sesaat menjelang waktu berbuka puasa. Tidak hanya waktu kamu yang terasa lebih cepat berlalu, kamu juga akan mendapat pahala yang besar di bulan yang penuh berkah ini.

4. Wisata Religi

Umroh.com merangkum, wisata religi dengan menjelajahi masjid-masjid besar di daerahmu tentu akan jadi acara ngabuburit yang bermakna. Setelah sholat Ashar, kamu bisa ikut kegiatan keagamaan seperti kajian dan tadarus yang biasa dilakukan di tempat ibadah umat Muslim ini. Menjelang Magrib, seluruh jamaah biasanya akan berkumpul untuk berbuka puasa bersama menikmati takjil gratis yang disediakan masjid. Kegiatan Ramadan seperti ini pasti akan jadi momen yang selalu kamu rindukan deh!

5. Berbelanja

tempat ngabuburit semarang

Berbelanja bisa menjadi cara ngabuburit paling asyik selama di bulan ramadhan. Apalagi menjelang Hari Raya Idul Fitri. Pastinya berburu baju baru adalah hal yang wajib dilakukan. Tapi perlu diingat bahwa Kamu tidak boleh menghabiskan uang dalam sekejap mata tetapi kamu juga harus memikirkan untuk berbelanja apa yang kamu butuhkan dan bukan hanya ingin memenuhi hasrat keinginan saja.

Ngabuburit di Semarang

Pada umumnya, masyarakat Indonesia lebih senang melakukan ngabuburit dengan aktivitas-aktivitas positif seperti mengaji, berburu takjil, jalan-jalan sore dan nongkrong di kafe. Bagi kalian yang berdomisili di kota Semarang, ada baiknya kunjungi tempat ngabuburit asyik sembari menunggu beduk buka puasa.

1. Simpang Lima

tempat ngabuburit semarang adalah Simpang Lima yang juga termasuk salah satu ikon kota Semarang. Semua orang yang pernah ke Semarang atau mempunyai kerabat dan teman orang Semarang pasti tahu Simpang Lima.  Tempat ini adalah tempat favorit orang Semarang untuk ngabuburit. Karena, selain berada di pusat kota, di sini banyak sekali pedagang yang berjualan makanan.

Di sini juga banyak hiburan, seperti sepeda warna-warni yang bisa disewa sambil menunggu bedug. Simpang Lima juga dekat sekali dengan Masjid Raya Baiturrahman Semarang. Jadi, kalau kamu ingin sholat setelah buka puasa, kamu tidak perlu jauh-jauh pulang dulu ke rumah. Bisa juga sekadar kumpul-kumpul dengan teman komunitasmu di sini biar lapar dan hausnya tidak begitu terasa.

2. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah juga merupakan salah satu ikon kota Semarang. Saat Ramadhan seperti ini, banyak sekali muda-mudi yang datang ke masjid ini untuk ngabuburit. Para wisatawan suka duduk-duduk di sini dan sesekali berfoto.

Mulai hari ini kuatkan Niat mu kebaitullah dan wujudkan bersama Umroh.com!

Di sini kamu bisa menikmati kemegahan Masjid Agung yang arsitekturnya memadukan gaya khas Jawa dan Arab ini sambil duduk-duduk dan bercengkerama. Kamu juga bisa naik ke menara masjid jika tertarik. Tapi menara masjid ini hanya dibuka sampai jam 5 sore aja. Jadi kamu harus datang sedikit lebih awal agar bisa naik ke bagian atas menara dan menikmati pemandangan dari ketinggian.

Jika ingin membeli jajanan untuk berbuka puasa, kamu nggak usah khawatir. Di depan gerbang masjid ini banyak yang menjual berbagai macam makanan untuk disantap saat waktu buka puasa tiba.

3. Kawasan Kota Lama

Sama seperti Kota Tua di Jakarta, Kota Lama di Semarang juga bisa menjadi pilihan asyik untuk ngabuburit. Meskipun bangunannya sudah tua, semua bangunan di Kota Lama yang berarsitektur khas Eropa ini masih terlihat cantik untuk difoto atau dijadikan background jika kamu ingin berfoto bersama teman atau keluarga.

Sebagian bangunan di Kota Lama, atau yang sering disebut dengan “Little Netherland” ini, sebagian sudah direnovasi dan dijadikan sebagai kantor ataupun kafe. Nah, kafe-kafe ini juga bisa jadi opsi untuk tempat berbuka puasa. Ada juga jajanan di jalanan kawasan Kota Lama ini yang bisa kamu beli untuk berbuka. Atau jika kamu tidak ingin berbuka puasa di sini, kamu bisa berkeliling dan berfoto di kawasan Kota Lama yang bangunannya masih kokoh ini

4. Taman Tabanas Bukit Gombel

Jika kamu mau ngabuburit di tempat yang lebih sejuk, kamu bisa datang ke Taman Tabanas yang terletak sekitar 8 km dari Tugu Muda Semarang, tepatnya di jalan Setyabudi Semarang. Di sini kamu juga bisa menikmati pemandangan kota Semarang dari ketinggian dan matahari terbenam yang cantik bersama teman atau keluarga. Kamu bisa menunggu beduk sambil duduk-duduk menikmati keindahan lampu-lampu kota yang satu persatu mulai menyala. Di Taman Tabanas juga terdapat banyak restoran dan kafe yang bisa kamu datangi untuk berbuka puasa.

5. Waduk Jatibarang dan Goa Kreo

Di kawasan Jl. Raya Goa Kreo, Kelurahan Kandri, Gunung Pati terdapat objek wisata berupa pulau kecil seperti bukit yang dihuni banyak monyet jinak bernama Goa Kreo. Di Goa Kreo, pengunjung dapat memberi makan monyet jinak dan berfoto di spot Instagramable yang disediakan. Kawasan ini memang memiliki suasana yang teduh dan nyaman, tak heran warga Semarang senang menghabiskan sore hari ke tempat ini untuk menikmati senja atau ngabuburit.

Selain itu, ada pula jembatan merah yang menghubungkan antara Goa Kreo dengan Waduk Jatibarang. Monyet-monyet jinak biasanya akan mendatangi pengunjung hingga ke tempat ini. Jika ingin berbuka puasa di tempat ini, kamu sebaiknya membawa makanan sendiri, karena tidak ada penjual makanan yang berjualan di sana.

6. Taman Menteri Supeno

Dikenal juga dengan nama Taman KB, taman ini berada di Jalan Menter Supeno, tak jauh dari SMA Negeri 1 Semarang. Di sekitar taman, kamu bisa menemukan berbagai makanan dan minuman untuk berbuka puasa, seperti tahu imbal atau es durian.

Selain itu, kawasan taman yang teduh dan indah membuat ngabuburit bersama teman-teman semakin asyik. Bagi kamu yang senang berolahraga, sebelum ngabuburit ke Taman Menteri Supeno, kamu bisa berolahraga terlebih dahulu di Gelanggang Olah Raga Tri Lomba Juang yang hanya berjarak sekitar 600 meter dari taman ini.

7. Mall

tempat ngabuburit semarang

Semarang merupakan kota metropolitan. Mall yang dibangun di sini memiliki fasilitas yang lengkap. Untuk kamu yang senang berbelanja atau sekadar senang menghabiskan waktu di mall, kamu bisa mendatangi salah satu mall di pusat kota Semarang sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba, salah satunya Paragon Mall yang berada di jalan Pemuda No. 118, Sekayu yang bisa dijadikan tempat ngabuburit semarang.

Di sana dilengkapi dengan berbagai macam tempat makan, seperti kafe dan foodcourt. Jadi kamu tinggal pilih tempat makan mana yang kamu suka untuk berbuka puasa. Juga dilengkapi dengan fasilitas tempat ibadah. Kamu tidak perlu keluar dari mall untuk shalat setelah berbuka puasa.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Itulah tempat-tempat seru dan asyik yang bisa dikunjungi saat ngabuburit di kota Semarang. Selamat berjelajah menikmati indahnya kota Semarang.

Facebook Comments