1
Serba-serbi Ramadhan

Tempat Ziarah di Mekkah Ketika Sedang Umroh atau Haji

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com– Setiap umat muslim yang berkunjung ke Tanah Suci, pastinya bukan hanya sekadar berwisata ke sebuah tempat rekreasi yang tak memiliki nilai ibadah secara langsung di kala mengunjunginya. Namun, umat Islam bisa mendapati beberapa tempat yang ketika mendatanginya menjadi sebuah pahala, contohnya mengunjungi tempat- tempat ziarah di Mekkah.

Ketika telah berada di kota Mekkah, para ulama menganjurkan umat Islam untuk menyempatkan diri menziarahi makam para sahabat dan mendoakan untuk ahli kuburnya, terlebih di dalamnya terdapat sebuah kuburan dimana Khadijah (istri pertama Nabi) dimakamkan. Di Tanah Suci, khususnya di Kota Mekkah, terdapat sejumlah lokasi ziarah yang menjadi saksi bisu perkembangan agama Islam. Tempat-tempat ini menarik untuk ditilik dan diresapi.

Temukan ratusan paket umroh dari >30 travel umroh terpercaya izin Kemenag dan tersedia keberangkatan di >50 kota hanya di marketplace Umroh.com. Transaksi Aman, Ibadah Nyaman di Umroh.com.

Apa itu Ziarah?

Sebelum kita mengetahui tempat-tempat ziarah di Mekkah, kita pahami dulu apa itu ziarah? Ziarah sesuai dengan hukum dasarnya adalah jaiz dan dapat menjadi sunnah dapat pula menjadi makruh atau haram tergantung dari orang-orang yang melaksanakannya ziarah itu sendiri. Apabila dia berziarah semata-mata karena Allah Subhanahu wa ta’ala, maka ziarahnya menjadi ibadah baginya.

Namun jika dijalankan sekadar mengambil i’tibar atau nilai pelajaran atas yang didapatnya, maka ziarahnya menjadi sunnah baginya. Sebaliknya, jika ziarah dilakukan hanya untuk dorongan nafsu semata dan atas pertimbangan lain yang tidak dibenarkan agama serta dapat merusak akidah keislamannya, maka ziarah itu menjadi makruh bahkan haram dan diazab di sisi Allah Subhanahu wa ta’ala.

Tempat Ziarah Di Mekkah

Berikut ini beberapa rekomendasi tempat ziarah yang dapat Anda kunjungi saat berkunjung ke Mekkah.

1. Gua Hira di Jabal Nur

Di sebelah utara Masjidil Haram ± 6 km terdapat sebuah gunung yang disebut Jabal Nur. Guna mendaki ke atas memerlukan waktu ± 1 jam. Di sana terdapat sebuah gua yang cukup untuk duduk kurang lebih empat orang, tinggi di dalamnya setinggi orang berdiri. Gua tersebut dikenal dengan nama Gua Hira. Jabal Nur dan Gua Hira ini sangat penting dalam sejarah Islam, karena di gua inilah tempat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam menerima wahyu pertama, yaitu Surah Al Alaq dari ayat 1 sampai 5. Gua hira biasanya dijadikan Rasulullah SAW sebagai tempat untuk menyendiri menjauh dari masyarakat Mekkah.

Temukan ratusan paket umroh dari >30 travel umroh terpercaya izin Kemenag dan tersedia keberangkatan di >50 kota hanya di marketplace Umroh.com. Transaksi Aman, Ibadah Nyaman di Umroh.com.

2. Gua Tsur di Jabal Tsur

Di sebelah selatan Masjidi Haram sejauh ± 6 km terdapat Jabal Tsur. Jabal Tsur ini mempunyai nilai penting dalam sejarah Islam. Rasullullah Shallallahu alaihi wasallam bersama-sama dengan Abu Bakar Assiddiq pernah menyembunyikan dirinya di gunung tersebut waktu hendak hijrah ke Madinah. Menurut riwayat, setelah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam selamat dari kepungan kafir Quraisy di rumahnya, maka Beliau dengan diam-diam menyinggahi sahabat Abu Bakar Assiddiq.

Dari rumah Abu Bakar, Beliau bersama-sama lebih dahulu berlindung menyembunyikan dirinya di Jabal Tsur selama tiga hari kemudian menuju Madinah. Sebagian orang-orang kafir Quraisy waktu mengejar Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam ada yang telah sampai Gua Tsur. Mereka mendapat gua tersebut tertutup dengan sarang laba-laba dan tampak burung merpati yang sedang bertelur di sarangnya.

webinar umroh.com

Dengan melihat keadaan demikian, mereka berkesimpulan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam tidak mungkin bersembunyi di gua tersebut. Sewaktu orang-orang Quraisy di muka gua, bukan main cemas hati Abu Bakar Assiddiq. Jika ingin masuk ke gua tersebut harus dengan merangkak dan setelah masuk hanya cukup untuk duduk. Guna mencapai Gua Tsur ini memerlukan perjalanan 1,5 jam.

Mau jadi tamu istimewa Allah di Tanah Suci? Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

3. Mina

Mina dahulunya merupakan sebuah lembah di padang pasir yang letaknya sekitar lima kilometer sebelah timur antara wilayah Muzdalifah dengan Mekkah Al Mukarramah. Daerah Mina disebut juga Balad Al Khaimah atau kota tenda/kemah, karena dipenuhi oleh tenda-tenda permanen bagi jutaan jamaah haji dari seluruh dunia dan juga merupakan tempat para jamaah haji melaksanakan lempar jumroh dan berkurban.

Pada tahun 2015 terjadi sebuah tragedi di Mina yang menewaskan banyak jemaah haji tak terkecuali jemaah haji Indonesia. Para keluarga yang ingin berziarah ke makam para jemaah haji yang wafat, pemerintah telah memfasilitasi identitas setiap korban dengan membekali nomor makam masing-masing jenazah, yang memudahkan keluaraga untuk menemukannya.

4. Jabal Rahmah

tempat ziarah di mekkah

Di tengah-tengah Padang Arafah terlihat sebuah bukit yang atasnya terdapat tugu. Bukit tersebut sekarang lebih dikenal dengan nama Jabal Rahmah. Menurut riwayat, sewaktu Nabi Adam Alaihi sallam dan Siti Hawa turun dari surga, keduanya terpisah ratusan tahun, usai diturunkan ke bumi dari surga karena memakan buah terlarang, khuldi.

Meski ulama Saudi sendiri sudah penegasan, ziarah ke Jabal Rahmah bukan hal yang disunnahkan apalagi diwajibkan dalam melaksanakan rukun haji dan umroh. Namun, setiap hari jemaah yang sedang beribadah umroh dari berbagai belahan dunia datang ke tempat ini termasuk dari Indonesia.

Di Jabal Rahmah banyak pula umat islam yang menyempatkan berdoa sambil menengadah tangan, dan menuliskan namanya pada batu-batu, dengan harapan kelancaran jodoh serta diawetkan hubungan seperti adam dan hawa.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan juga menjadi referensi Anda untuk berziarah di Mekkah, baik saat menjalankan ibadah umroh maupun haji.