play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Serba-serbi Ramadhan

Tips Belanja Saat Ramadhan Agar Tidak Kalap dan Boros

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements

Umroh.com – Tips belanja saat Ramadhan perlu diperhatikan agar pengeluaran tidak membengkak. Di bulan yang sudah lama ditunggu-tunggu, biasanya membuat banyak orang kalap membeli kebutuhan makanan yang sebenarnya tak perlu.

Perilaku boros itulah yang membahayakan dan menjadi salah satu jalan syaitan. Padahal kita hanya perlu menyiapkan makanan berbuka dan sahur. Padahal Allah Ta’ala berfirman,

Pilih Paket Umroh Terbaik Anda, hanya di Umroh.com!


وَلا تُبَذِّرْ تَبْذِيرًا إِنَّ الْمُبَذِّرِينَ كَانُوا إِخْوَانَ الشَّيَاطِينِ

“Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan.” (QS. Al Isro’ [17]: 26-27)

Termasuk perbuatan boros (tabdzir) adalah apabila seseorang menghabiskan harta pada jalan yang keliru. Karena itulah sebaiknya kita menjauhi perbuatan syaitan ini dengan hidup seperlunya.

Tips Belanja Saat Ramadhan

Nah, agar tidak kecolongan, ada baiknya kita mengetahui tips pintar mengatur pengeluaran untuk belanja. Soalnya kita masih harus menyambut Hari Raya Lebaran yang juga tak kalah penting. Begini tips belanja hemat saat Ramadhan yang wajib diikuti. Tips belanja hemat saat ramadhan ini sebenarnya mudah dilakukan namun jarang kita sadari.

1. Mulai dengan Perencanaan

Umroh.com merangkum, memiliki perencanaan yang tepat tidak hanya menghemat pengeluaran, tapi juga menghemat waktu belanja. Luangkan waktu untuk membuat daftar kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi, sekaligus bujet yang dikeluarkan. Dengan cara ini, Anda tidak akan tergoda untuk membeli barang-barang di luar kebutuhan

2. Rencanakan menu selama satu bulan

Salah satu kesulitan yang sering dihadapi adalah menentukan masakan untuk berbuka dan sahur. Kalau begitu kita perlu menyusun menu selama satu bulan, baik untuk menu buka dan menu sahur.

Selain memudahkan kita memasak, kita juga akan dimudahkan saat belanja. Kita jadi tahu mana bahan makanan yang diperlukan dan yang tidak. Masak jadi mudah, dan pengeluaran pun tetap terkontrol, kan?

Baca juga: 5 Kegiatan Menunggu Buka Puasa yang Tidak Membosankan

3. Stok bahan makanan

Kalau mau, kita bisa menyetok bahan makanan selama bulan Ramadhan. Jadi dalam sekali belanja, kita langsung membeli banyak bahan makanan untuk sebulan. Dengan begini, kita tidak perlu belanja lagi. Pastikan tidak berlebihan ya!

4. Stok makanan kering

Menyetok makanan kering saat bulan Ramadhan bisa sangat berguna. Makanan kering seperti kering kentang atau tempe bisa disimpan dalam jangka waktu lama dan bisa jadi penyelamat dikala kesiangan bangun sahur atau malas masak. Kita bisa membelinya atau membuat sendiri dikala ada waktu senggang.

5. Manfaatkan promo Ramadhan

Jangan lupa terus mencari tahu informasi seputar promo Ramadhan. Biasanya minimarket atau supermarket akan mengadakan diskon atau tawaran menarik yang berkaitan dengan kebutuhan Ramadhan. Kurma, sirup, dan camilan kaleng adalah beberapa barang yang masuk ke dalam promo Ramadhan.

Lagi-lagi, ingat untuk membeli apa yang dibutuhkan. Jangan lantas karena diskon, kita membeli apa yang sebenarnya tidak perlu dan belum tentu digunakan atau dikonsumsi. Jangan sampai anggaran belanja di bulan Ramadhan merusak anggaran belanja untuk jangka panjang.

6. Sesuaikan dengan Kemampuan

Salah satu cara merayakan kemenangan setelah satu bulan penuh melawan hawa nafsu adalah mengenakan baju baru di hari raya. Anda tidak akan sulit menemukan berbagai promo yang dilakukan toko untuk menarik minat konsumen agar membeli produk mereka. Boleh saja membeli baju baru, asalkan tetap memperhitungkan kemampuan dana supaya tidak sampai harus berhutang demi terlihat keren di mata sanak saudara dan tetangga.

7. Jaga Kualitas dan Pola Makan

Kekeliruan yang banyak dianut oleh masyarakat kita sekarang ini adalah mengistimewakan puasa. Artinya, kita kerap kali membuat puasa sebagai hal yang perlu dirayakan, misalkan dengan cara berbuka bersama teman di restoran elit yang menyediakan makanan mahal. Bila menancapkan paham yang seperti ini, jangan harap pengeluaran bisa dikontrol.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Meski hanya datang sekali dalam setahun, bukan berarti puasa harus diistimewakan dengan cara seperti itu. Kamu tetap harus menjaga kualitas dan pola makan pada saat melakukan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini, yang penting gizinya terpenuhi, bukan hanya masalah cita rasa makanan.

Tentu harus pintar dalam mengolah dan menyajikannya agar masakan sahur maupun buka puasa mampu memenuhi gizi yang cukup bagi seluruh anggota keluarga. Dengan pola yang seperti ini, bukan tidak mungkin pengeluaran dapat ditekan.

8. Pentingnya Kontrol Diri

Beberapa tips di atas bukan tidak mungkin gagal dalam implementasinya. Hal ini dikarenakan kontrol diri yang tidak cukup kuat menjadi pemicu Anda gagal dalam menghemat pengeluaran selama bulan Ramadhan. Tetap tenang dan cerdas dalam berbelanja serta memilah tawaran buka bersama adalah salah satu kunci suksesnya.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Itu dia tips belanja saat Ramadhan, jangan sampai kalap dan kewalahan ya. Selamat mencoba!

Facebook Comments