1
Muslim Lifestyle

Bikin Nyaman! Ini Tips Memilih Jilbab yang Benar

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Tren muslimah sangat beragam jenisnya. Pilihannya semakin fashionable sehingga semakin termotivasi mengenakannya. Salah satu yang fenomenal dikalangan muslimah adalah jilbab. Memakai jilbab merupakan kewajiban bagi seorang muslimah agar lebih terjaga dan terlindungi.

Memakai jilbab bagi perempuan termasuk bagian dari perintah Allah SWT untuk menutup aurat bagi kaum perempuan. Hal itu diperintahkan oleh Allah, di antaranya dalam surat An-Nur (24) ayat 31 dan Al-Ahzab (33) ayat 59:

وَقُل لِّلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوْجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آبَائِهِنَّ أَوْ آبَاء بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَائِهِنَّ أَوْ أَبْنَاء بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي أَخَوَاتِهِنَّ أَوْ نِسَائِهِنَّ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُنَّ أَوِ التَّابِعِينَ غَيْرِ أُوْلِي الْإِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ الطِّفْلِ الَّذِينَ لَمْ يَظْهَرُوا عَلَى عَوْرَاتِ النِّسَاء وَلَا يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَ مِن زِينَتِهِنَّ وَتُوبُوا إِلَى [النور (24): 31]اللَّهِ جَمِيعاً أَيُّهَا الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Artinya: “Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan.”Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.” [QS. an-Nur (24): 31].

Baca juga: Jangan Disepelekan! Ini Hukum Memakai Jilbab

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُل لِّأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاء الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِن جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَن يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُوراً رَّحِيماً

Artinya: “Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang-orang mu’min: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ketubuhnya. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu”. Dan Allah Maha Pengampun, lagi Maha Penyayang.” [QS. al-Ahzab (33): 59]

Cukup jelas ayat tersebut menyatakan kewajiban memakai jilbab. Maka yang dimaksud dengan jilbab ialah pakaian wanita yang terdiri dari kerudung dan baju kurung yang dapat menutup seluruh auratnya. Atau dengan pengertian lain, jilbab adalah pakaian perempuan muslimah yang menutupi aurat; yaitu seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan, yang terdiri dari kerudung dan sejenis baju kurung. Oleh karena itu perlu diluruskan pandangan kita selama ini di Indonesia, yang cenderung mempersempit makna jilbab menjadi hanya sekedar penutup kepala saja.

webinar umroh.com

Pilih Jilbab yang Nyaman

Dalam memilih jilbab, kenyamanan adalah hal penting agar perempuan tersebut dapat menjalani aktivitasnya dengan lancar. Terlebih saat memasuki musim panas, jilbab bisa terasa gerah jika Anda gak pintar-pintar menyiasatinya. Berikut tips memilih jilbab yang nyaman untuk aktivitas sehari-hari, diantaranya.

1. Pilih Jenis Jilbab

Tips memilih jilbab yang pertama ketahui adalah jenis-jenis jilbab. Indonesia memiliki banyak sekali jenis hijab, mulai dari hijab segi empat, hijab pashmina, hijab instan, atau bergo.

Mau dapat tabungan hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Sebenarnya kamu tidak perlu memiliki semua jenis hijab itu. Namun, memang diperlukan cara untuk mencoba-coba mana jenis jilbab yang paling cocok dan nyaman untuk kamu pakai. 

2. Pilih Jilbab yang tepat

Saat ini banyak sekali pilihan jilbab yang dapat kamu pakai. Kamu bisa membeli atau membuatnya sendiri. Pemilihan jilbab sangat mempengaruhi kenyamanan muslimah dalam berpakaian. Carilah bahan jilbab yang dapat menyerap keringat, seperti jenis katun atau kaos. Kain ini memiliki serat cukup renggang yang mampu menyerap udara dan gak membuat gerah.

3. Pilih Jilbab Instan dan Simpel

Tim umroh.com memaparkan, tips memilih jilbab selanjutnya adalah instan dan simpel. Model jilbab juga mempengaruhi kenyamanan muslimah dalam beraktivitas. Jika gak ada acara khusus, pilihlah model jilbab yang simpel dan mudah dipakai. Jilbab langsung pakai atau model segi empat cocok digunakan untuk aktivitas harian. Jangan lupa sesuaikan pula dengan kenyamanan baju yang kamu pakai.

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

4. Gunakan Inner/ Ciput

Pemakaian ciput juga tak kalah penting, khususnya jika kamu memakai jilbab dengan bahan transparan. Bahan-bahan pashmina seperti baby doll dan ceruti berwarna terang biasanya lebih ‘menerawang’. Penting memakai ciput agar rambutmu gak berantakan atau keluar saat berhijab. Banyak sekali ciput yang dapat kamu pilih dengan menyesuikan hijab yang kamu pakai. Pilihlah model ciput yang simpel seperti bandana. Jika gak ada keperluan khusus, hindari memakai ciput ninja karena dapat membuat kepala kurang nyaman dan mudah berkeringat.

5. Ikatlah Rambut Ketika Memakai Jilbab

Jangan lupa untuk mengikat rambutmu sebelum memakai jilbab. Membiarkan rambut tergerai saat berhijab akan membuat kepalamu terasa gerah. Rambutmu pun akan menjadi berantakan dan mudah keluar. Hal ini menyebabkan kamu gak nyaman berhijab ketika menjalankan aktivitas sehari-hari.

6. Keringkan Rambut Sebelum Memakai Jilbab

Jika rambutmu basah, tunggulah beberapa saat agar kering sebelum berhijab. Memakai hijab dalam keadaan rambut basah akan terasa gak nyaman, membuat rambut lepek hingga menyebabkan kepala pusing. Gunakanlah pengering rambut jika kamu ingin segera memakainya.

Punya rencana berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

7. Sesuaikan Jilbab dengan Aktivitas Kamu Sehari-hari

Pintar-pintarlah memilih model jilbab sesuai dengan kebutuhan aktivitasmu. Saat menghadiri acara formal, sesuaikan dengan pakaian yang kamu pakai. Sedangkan untuk kegiatan di luar ruangan yang cenderung membutuhkan banyak gerak, pakailah model hijab yang lebih simple, mudah dilepas lalu dipakai lagi.

Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat akan memilih jilbab agar nyaman dipakai, tidak gerah, dan memperindah tampilan kamu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ya!