Muslim Lifestyle

Tips Menyimpan Daging Qurban

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Siapa diantara Anda yang mendapat daging qurban? Nah bila tak langsung dimasak, sebaiknya daging Anda simpan dengan baik. Umroh.com punya tips menyimpan daging qurban agar bertahan lama, aman, awet dan tetap higienis.

Jumlah daging qurban yang melimpah ruah menjadi berkah tersendiri bagi para masyarakat sekitar. Tak jarang masyarakat kualahan dalam mengolah maupun menyimpan daging qurban tersebut.

Baca Juga: Usai Idul Qurban, Segera Rencanakan Keberangkatan Umrohmu

6 Tips Menyimpan Daging Qurban

1. Tips Menyimpan Daging Qurban Pertama, Melakukan pembekuan

Membekukan makanan hingga 0 ° F (-18 ° C) akan menonaktifkan mikroba seperti bakteri, ragi, dan jamur serta memperlambat aktivitas enzim. Semua hal yang dapat menyebabkan makanan menjadi buruk. Sehingga, apapun jenis dagingnya, harus disimpan dalam lemari es. Hal ini aman karena daging dapat dibekukan tanpa batas. 

2. Bungkus dengan tepat

Tips Menyimpan Daging Qurban Kedua, United States Department of Agriculture atau disingkat USDA menyarankan, tak hanya menyimpannya dalam kemasan asli, tetapi perlu adanya tambahan lapisan lain bungkus plastik atau alumunium foil sebelum memasukkan daging ke lemari es. 

Penambahan lapisan ekstra diketahui berfungsi untuk membantu menjaga kelembapan dan menjaga makanan tetap segar. Membekukan daging saat dalam kondisi segar juga dapat membantu menjaga rasa dan nutrisinya. 

3. Jangan mencuci daging

Bila ingin menyimpan daging tidak perlu Anda mencucinya dengan alasan agar bisa tahan lama. Daging yang dicuci malah mungkin tercemar bakteri bila tidak segera diolah.

tips menyimpan daging qurban

4. Pisahkan dengan daging lainnya

Jangan menyimpan daging dan ikan dalam wadah yang sama. Pada beberapa kasus, kondisi ini membuat kedua daging tidak lagi enak. karena aroma kuat daging dan juga aroma amis ikan akan saling bercampur satu sama lain. 

Baca Juga: Cara Mencairkan Daging Beku

5. Cairkan dengan cara yang tepat

Daging sapi atau kambing akan bertahan lebih lama di dalam freezer daripada di chiler. Penting juga Anda untuk mengetahui cara mencairkannya begitu dikeluarkan dari dalam lemari es. 

Pencairan daging sapi atau kambing yang beku bisa dilakukan dengan mencairkannya dalam lemari es atau dengan kantong plastik anti bocor yang terendam dalam air dingin. 

Mencairkan daging sapi atau kambing kurban beku langsung di suhu kamar akan membuat bakteri tumbuh terlalu cepat.  Menyimpan daging kurban seperti daging kambing dan sapi saat Idul Adha harus dilakukan dengan tepat sehingga daging tetap aman dan sehat saat dikonsumsi. 

6. Jangan memasukan kembali daging beku yang telah encer

Sangat tidak dianjurkan untuk memasukkan kembali ke dalam kulkas daging beku yang sudah dikeluarkan hingga cair. Dalam kondisi seperti ini mikrobia semakin banyak dan akan mempercepat proses pembusukan pada daging tersebut.