play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Tips

3 Cara Cepat Mencairkan Daging Beku

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Ada kalanya kita berbelanja daging dalam jumlah banyak untuk disimpan di dalam freezer. Daging yang disimpan dalam suhu beku bisa bertahan hingga enam bulan lamanya. Membekukan daging juga caranya cukup sederhana.

Cukup simpan daging di dalam kantong plastik, lalu beri tanda dengan tanggal penyimpanan. Daging bisa bertahan kesegarannya hingga berbulan-bulan. Karena itu, pembekuan adalah salah satu cara mengawetkan daging tanpa harus khawatir akan busuk.

Salah satu tahap yang harus dilalui untuk mengolah daging beku adalah mencairkannya. Mencairkan daging yang beku memang memakan waktu yang lama, terutama yang sudah dibekukan berbulan-bulan. Kamu bisa mencairkannya di bagian bawah lemari pendingin, tapi dengan cara ini, bisa butuh waktu seharian sebelum daging bisa diolah. Untuk mengatasi hal tersebut, di bawah ini adalah cara mencairkan daging beku agar bisa mencair lebih cepat.

Baca Juga: Sebelum Memasak Jangan Lupa Waktu Sholat Yah!

3 Cara Cairkan Daging Beku

1. Merendam dengan Air

Merendam daging beku dengan air bisa membuatnya lebih cepat mencair. Mungkin ada yang berpikir bahwa menggunakan air hangat bisa membuatnya lebih cepat mencair. Akan tetapi, bagian daging yang terkena air panas akan lebih kering. Kalau dimasak, bagian ini nantinya akan lebih cepat kering, sehingga tekstur daging jadi tidak merata. Lebih baik gunakan air dengan suhu normal.

Caranya, carilah baskom yang cukup besar. Kira-kira bisa menampung daging dan merendamnya dengan air. Masukkan daging dengan air kira-kira sampai daging terendam. Pastikan daging tertutup rapat dengan plastik. Hal ini penting agar air tidak terlalu banyak masuk ke dalam serat daging. Biarkan daging terendam hingga mencair.

Ganti air setiap 30 menit atau saat air di baskom menjadi dingin. Suhu air yang kembali normal bisa mempercepat proses pencairan. Kamu bisa membiarkan daging di bawah guyuran air wastafel. Akan tetapi, cara ini membutuhkan air yang sangat banyak.

2. Memasukkan dalam Microwave

Salah satu cara mencairkan daging adalah dengan memanfaatkan panas. Masukkan daging ke dalam microwive. Perhatikan suhunya, jangan disetel terlalu tinggi. Masukkan daging ke dalam microwive, lalu perhatikan kondisi daging dan pengaturan waktunya. Jangan terlalu lama menyetel waktu. Keluarkan daging jika sudah tampak memerah. Jika terlalu lama dibiarkan di dalam microwive, daging akan matang.

Baca Juga: Anda juga Bisa Memasak Bersama Tetangga. Ini beberapa Adab Bertetangga. 

3. Dihimpit di antara Panci Alumunium

Cara ini terbilang mudah dan ajaib. Himpit daging beku di antara dua panci. Gunakan pantat panci pertama sebagai alas untuk meletakkan daging. Kemudian gunakan panci kedua, yang sudah diisi air, untuk menghimpit daging yang beku. Diamkan daging dalam posisi ini hingga mencair. Alumunium adalah bahan yang baik untuk menghantarkan panas. Selain menghantarkan panas, alumunium juga bisa menghantarkan dingin.

Ada beragam cara yang bisa kamu pilih. Kamu bisa memilih metode yang paling pas denganmu. Walaupun terbilang cepat, tetap saja mencairkan daging beku butuh kesabaran. Jadi selamat memasak!

Facebook Comments