1
Serba-serbi Ramadhan

Tips Mudik dengan Motor Supaya Aman dalam Berkendara

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Mudik, mendengar kata itu mungkin sudah tidak asing lagi di telinga sebagian besar penduduk Indonesia. Karena mudik sudah menjadi salah satu tradisi warga Indonesia dalam menyambut hari raya idul fitri. Tujuannya untuk menjalin silaturahmi dan menjadi momen yang pas untuk saling bermaaf-maafan atas semua kesalahan yang telah diperbuat, walaupun pada dasarnya minta maaf bukan hanya saat lebaran saja.

Banyak yang memanfaatkan momen lebaran untuk kembali ke kampong halamannya bertemu dengan orang tua maupun sanak saudara. Saat mudik pun ada yang menggunakan transportasi umum seperti bus, kereta, kapal laut ataupun pesawat. Namun, bagi yang memiliki kendaraan pribada ada yang menggunakan mobil maupun motor dan tidak dapat dipungkiri pula bahwa motor menjadi salah satu pilihan alat transportasi yang paling banyak dan tidak pernah sepi peminatnya.

Tips Mudik Dengan Motor

Karena motor dipercaya dapat lebih cepat karena dapat terhindar dari kemacetan, namun dalam perjalanan jauh tentu penggunaan motor akan berbahaya. Untuk itu, bagi Anda yang berencana mudik dengan motor harus senantiasa memperhatikan keselamatan dalam berkendara terutama saat musim mudik tiba, berikut tips mudik dengan motor yang perlu Anda perhatikan. Mari kita simak.

Sebelum mudik dengan motor tentunya ada banyak hal yang perlu Anda periksa dan persiapkan agar perjalanan mudik Anda aman dan juga nyaman diantaranya yaitu :

1.Periksa Kondisi Motor

Sebelum berangkat mudik, lakukanlah pemeriksaan kondisi motor seperti mesin, oli, lampu, ban, rem, dan lain-lain yang bisa dilakukan di bengkel terdekat. Jika ditemukan kondisi tidak bagus, segeralah ganti dengan suku cadang terbaru. Hal ini dilakukan untuk menghindari mogok dan juga mengurangi risiko kecelakaan di jalan saat mudik.

2. Mempersiapkan Rute Perjalanan Mudik

Rute perjalanan mudik untuk motor tentunya berbeda dengan mobil. Motor tidak bisa mengakses jalan tol yang dapat meringkas jarak tempuh. Namun, motor dapat mengakses jalan-jalan alternatif yang lebih kecil dibandingkan dengan mobil. Cari dan pelajarilah terlebih dahulu rute perjalanan mudik sesuai dengan tujuan.

Baca juga : Bahaya Tidur Setelah Sahur Bagi Kesehatan Tubuh

3. Mempersiapkan Pakaian Yang Tepat

Salah satu kekurangan mudik dengan motor adalah tidak dapat terlindung dari kondisi cuaca. Selalu gunakan perlengkapan atau aksesoris berkendara untuk motor yang sesuai seperti menggunakan helm, jaket motor, sepatu dan juga sarung tangan. Untuk jaga-jaga, bawalah juga jas hujan untuk menghindari jika cuaca buruk terjadi.

webinar umroh.com

4. Istirahat Setiap 2 Jam Sekali

Umroh.com merangkum, mengendarai motor dengan durasi yang lama tentunya akan membuat mesin motor panas, badan pegal dan terlebih lagi akan membuat kita tidak fokus. Selalu usahakan untuk istirahat setiap 2 jam sekali agar kondisi kembali normal. Jangan paksa untuk mengemudi jika dalam kondisi tidak fokus ataupun mengantuk.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

5. Mempersiapkan Bekal

Persiapkanlah bekal untuk perjalanan selama mudik. Tentunya kita akan banyak menghabiskan waktu di jalanan yang bisa membuat kita dehidrasi dan juga lapar. Dengan mempersiapkan bekal, kamu akan menghemat pengeluaran serta tidak disusahkan lagi untuk mencari tempat makan.

6. Taati Peraturan Lalu Lintas

Kondisi saat mudik memungkinkan adanya rekayasa lalu lintas. Selalu patuhi aturan lalu lintas yang berada di jalan. Selalu ingat bahwa dengan menaati peraturan lalu lintas, bukan hanya demi keselamatan pribadi, namun juga keselamatan orang lain.

7. Utamakan Keselamatan

tips mudik dengan motor

Selalu utamakan keselamatan. Sadarlah bahwa tidak perlu untuk terburu-buru dalam mencapai tujuan karena pasalnya semua pemudik sama-sama ingin sampai ke tujuannya. Selalu fokus dan sabar ketika sedang berkendara. Dengan peduli terhadap keselamatan pribadi, kamu juga dapat menyelamatkan nyawa orang lain.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Itulah beberapa tips dan persiapan mudik dengan motor. Semoga dengan informasi diatas, Anda bisa mencapai tujuan mudik dengan aman, nyaman serta selamat sampai tujuan. Sehigga dapat bersilaturahmi dengan sanak saudara dikampung halaman. Bagi kamu masih ragu untuk mudik dengan motor? Kamu bisa mudik dengan transportasi lainnya loh yang tentunya lebih aman dan nyaman, misalnya kereta api dan pesawat. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.