Haji Umroh Umroh & Haji

Ini Lama Hari Perjalanan Umroh

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Banyak sekali masyarakat yang bertanya, umroh berapa hari perjalanan? Sebenarnya perjalanan umroh sendiri bervariasi, bisa dimulai dari 9 hari selama perjalanan, ada pula yang sampai 12 hari. Semua tergantung dari travel perjalanan umroh yang menawarkan dan menyesuaikan biaya yang dimiliki oleh masyarakat sendiri.

Jika semakin lama perjalanan umroh maka biaya yang dikeluarkan pun semakin mahal, karena travel umroh pun harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit seperti sewa hotel, dan biaya akomodasi selama di tanah suci Mekkah.

Untuk Anda yang ingin mengetahui umroh berapa hari lamanya, ini uraian hari-hari pelaksanaan umroh.

1. Hari Pertama

Biasanya para peserta umroh akan berangkat dan sebelum berangkat akan diberikan bimbingan berupa manasik umroh, dan diberikan pula perlengkapan seperti buku doa-doa untuk panduan lengkap bacaan umroh. Dihari pertama ini para peserta umroh akan menuju bandara yang telah ditentukan oleh agen travel dan tempat berkumpulnya semua para peserta umroh untuk menuju ke Mekkah.

Biasanya juga akan diberikan seragam untuk dikenakan saat berangkat, agar saat sampai di Jeddah jamaah umroh tidak tersesat dan dapat melihat pakaian yang sama seperti jamaah travelnya.  Ketika para jamaah sampai di Jedah maka para jamaah akan beristirahat atau menginap di hotel sebelum melanjutkan perjalanannya menuju ke Madinah.

2. Hari Kedua

Para jamaah ketika berada di Madinah tentunya tidak akan membuang waktunya sia-sia dengan beristirahat di hotel saja. Biasanya yang dilakukan oleh para jamaah adalah berkunjung ke makan Rasulullah SAW beserta para sahabatnya, serta berbelanja pernak-pernik atau oleh-oleh untuk dijadikan cendrawasih untuk keluarga, karena saat di Madinah ini para jamaah tidak begitu banyak melakukan kegiatan, berbeda dengan di Mekkah yang banyak kegiatan.

3. Hari Ketiga

Jamaah biasanya akan diajak jalan-jalan oleh agen travel untuk mengelilingi kawasan Madinah, dan menjelaskan tentang sejarah-sejarah Rasulullah SAW ketika berada di Madinah seperti goa Hiro. Agen travel akan menjelaskan bagaimana sejarah dahulu nabi bersembunyi di dalam sana. Biasanya di Madinah para jamaah akan menghabkskan waktu hanya 3 hari saja, selebihnya di Mekkah

4. Hari Keempat

Ketika para jamaah umroh sudah melakukan kegiatannya di Madinah maka para jamaah umroh akan melakukan perjalanan menuju kota Mekkah, perjalanan dari Madinah ke kota Mekkah membutuhkan waktu sekitar 6 jam dengan menggunakan bus. Ketika para jamaah sudah sampai di Mekkah, biasanya para jamaah akan langsung mandi dan membersihkan diri serta melakukan ibadah umroh yang sesungguhnya. Seperti tawaf dan sai.

5. Hari Kelima

Biasanya para jamaah umroh akan menghabiskan waktunya untuk beribadah kepada Allah SWT atau seperti ke hari empat dengan melakukan tawaf dan sai kembali. Biasanya banyak para jamaah umroh yang melakukan kegiatan umroh berkali-kali dengan mengelilingi Ka’bah hingga tak kenal lelah. Ada pula yang rela menginap di Masjidil Haram karena merasakan kebahagiaan dan bersyukur telah sampai ke tanah suci Mekkah.

6. Hari Keenam

Seperti hari-hari sebelumnya biasanya para jamaah akan menghabiskan waktunya di dalam masjidil haram untuk mengelilingi Ka’bah dan melakukan sai. Ada pula yang mengali sejarah dari kota Mekkah atau berkeliling Masjidil Haram melihat kekaguman Allah SWT yang telah menciptakan semuanya.]

7. Hari Ketujuh

Bagaimana sisa waktunya dihari ketujuh ini? Tentunya para jamaah umroh tidak akan terasa bahwa sudah tujuh hari saja berada di lingkungan yang Allah cintai ini, para jamaah tentunya akan menghabiskan waktunya di dalam Masjidil Haram seperti sholat berjamaah ketika adzan berkumandang, setelah itu membaca Alquran, sholat Sunnah dan seterusnya hingga waktu tidak terasa bahwa ini merupakan hari terakhir berada di Mekkah karena keesokannya harus kembali menuju Indonesia

8. Hari Kedelapan

Hari terakhir ini, biasanya para jamaah akan melakukan ibadah umroh yang disebut ibadah perpisahan. Para jamaah akan mengelilingi Ka’bah dan tentunya tidak lupa untuk berdoa agar suatu saat bisa kembali ke tanah suci Mekkah. Ketika sudah melakukan ibadah maka para jamaah akan menuju ke bandara dengan menggunakan bus.

9. Hari Kesembilan

Ketika sampai di Indonesia maka para jamaah akan disambut oleh para keluarga yang telah menantinya, dan perpisahan dengan para jamaah lainpun tidak akan bisa dihindari.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat umroh

  1. Disunnah untuk mandi besar atau Jannah sebelum ihram.
  2. Ketika menggunakan baju ihram dilarang menggunakan wangi-wangian atau parfume.
  3. Ketika dalam perjalanan menuju ke kota Mekkah, maka diharuskan membaca kalimat talbiyah berulang kali dan sebanyak-banyaknya.
  4. Ketika sampai di kota Mekkah atau Masjidil haram, maka langsung melaksanakan tawaf mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali putaran.
  5. Melaksanakan sholat dua rakaat di depan makam nabi Ibrahim AS.
  6. Meminum air zam-zam
  7. Melakukan sa’i antara safa dan Marwah.
  8. Mencukur rambut

Dari pernyataan di atas, sudah diketahui umroh berapa hari dan bagaimana kegiatan umroh yang sering menjadi pertanyaan para jamaah umroh. Semoga kita semua dapat melaksanakan ibadah umroh dengan hati yang ikhlas.

Tulis Komentar Anda
Download GRATIS Jadwal Sholat, Al Quran Digital & Voucher Umroh
Klik Disini