1
Sejarah Islam

Utsman Bin Affan, Karakter dan Prestasinya Saat Menjadi Khalifah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Utsman bin Affan adalah salah seorang sahabat Nabi, yang juga merupakan salah satu dari Khulafaurrasyidin. Utsman bin Affan naik menjadi khalifah menggantikan Umar Bin Khattab.

Termasuk dalam Golongan Orang-Orang yang Pertama Masuk Islam

Utsman bin Affan lahir pada 574 masehi. Beliau merupakan anggota dari Bani Umayyah. Kala itu, Utsman bin Affan masuk Islam atas ajakan Abu Bakar. Inilah yang membuatnya masuk dalam golongan Assabiqunal Awwalun, atau golongan orang-orang yang pertama masuk Islam.

Dikenal Kaya Raya dan Dermawan

Utsman sendiri dikenal sebagai sahabat Nabi yang kaya raya. Beliau merupakan pedagang yang sukses dan handal, namun memiliki karakter yang suka bersedekah. Saat itu, Utsman banyak menyumbangkan hartanya kepada perjuangan dakwah Islam di tahun-tahun pertama.

Dijuluki Dzunnurain, yang Memiliki Dua Cahaya

Julukan yang diberikan kepada Utsman bin Affan adalah Dzunnurain yang artinya ‘memiliki dua cahaya’. Julukan ini disematkan kepada Utsman bin Affan karena beliau menikahi dua orang putri Rasulullah, yaitu Ruqayah yang merupakan putri kedua Rasulullah, dan Ummu Kaltsum yang merupakan putri ketiga Rasulullah.

Dikenal dengan Sifat Pemalunya

webinar umroh.com

Utsman bin Affan juga dikenal memiliki sifat yang pemalu. Rasulullah melukiskan Utsman bin Affan sebagai seorang yang paling jujur dan rendah hati di antara kaum muslimin.

Dalam sebuah riwayat yang ditulis oleh Imam Muslim, suatu ketika Aisyah bertanya kepada Rasulullah, “Abu Bakar masuk, tetapi engkau biasa saja dan tidak memberi perhatian khusus. Lalu, Umar masuk engkau pun biasa saja dan tidak memberi perhatian khusus. Akan tetapi, ketika Utsman masuk, engkau terus duduk dan membetulkan pakaian. Mengapa?” Rasulullah pun menjawab pertanyaan Aisyah tersebut, “Apakah aku tidak malu terhadap orang yang malaikat saja malu kepadanya?”.

Khalifah Ketiga

Saat menjabat sebagai Khalifah ketiga, Utsman bin Affan memerintah dari tahun 644 masehi hingga 656. Saat itu, usianya berkisar antara 69 hingga 70 tahun. Saat ia diangkat menjadi khalifah, diperkirakan Utsman bin Affan memerintah selama 11 hingga 12 tahun.

Kemajuan di Masa Pemerintahan Utsman

Ada banyak kemajuan yang dilakukan Utsman bin Affan. Ketika menjabat sebagai khalifah, Utsman bin Affan adalah orang yang berjasa mengumpulkan Al Qur’an menjadi satu mushaf. Beliau juga merupakan khalifah pertama yang melakukan perluasan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Saat itu, keputusan Utsman bin Affan didasarkan karena umat Islam yang menjalankan Haji semakin banyak, sehingga masjid semakin ramai.

Utsman juga mencetuskan ide tentang polisi keamanan bagi rakyat. Beliau membuat bangunan khusus untuk mahkamah dan menggunakannya untuk mengadili perkara. Sebelumnya, pengadilan perkara dilakukan di masjid.

Pada masa kekhalifahan Utsman bin Affan, ia berhasil menaklukkan Suriah, Afrika Utara, Persia, Khurasan, Palestina, Siprus, dan Rhodes. Saat itu, Utsman berhasil membentuk angkatan laut yang kuat.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.