play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Doa Muslim Lifestyle

Dilarang Keras Lakukan Sholat Sunnah Hajat di Waktu Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Salah satu amalan yang dapat kita kerjakan untuk menambah pahala kita di dunia maupun akhirat selain dari ibadah wajib yaitu amalan sunnah. Sejatinya banyak sekali amalan sunnah yang dapat kita kerjakan, contoh sederhananya ialah dengan melaksanakan sholat sunnah. Sholat sunnah sendiri terdiri dari berbagai macam, salah satunya ialah sholat sunnah hajat.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Keutamaan Sholat Sunnah Hajat

Umroh.com merangkum, sholat sunnah hajat ini sudah sering dan bahkan tak asing lagi di dengar, karena merupakan sholat sunnah yang memiliki keutamaan untuk meminta atau memohon kepada Allah swt agar dikabulkannya hajat, keinginan maupun kebutuhan setiap umat muslim diseluruh dunia.

Dalam Fiqih Sunnah, Sayyid Sabiq menyebutkan keutamaan sholat hajat dengan mengutip hadits shahih dari Abu Darda radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

“Barangsiapa berwudhu dan menyempurnakannya, kemudian mengerjakan sholat dua rakaat dengan sempurna maka Allah memberi apa saja yang ia minta, baik segera maupun lambat.” (HR. Ahmad).

Baca juga: Lengkap, Anda Bisa Cek Waktu Jadwal Sholat di Sini

Dalam pelaksanaannya, sholat hajat sering kali dilakukan paling sedikit 2 rakaat dengan satu salam, atau sholat hajat dilakukan dengan 4 rakaat, 6 rakaat, sampai 12 rakaat dan setiap 2 rakaat dengan satu salam. Waktu dalam melaksanakan sholat hajat yang baik bisa dilakukan kapan saja karena semua waktu itu baik jika dipergunakan untuk beribadah kepada Allah swt. Namun akan lebih baik lagi jika sholat sunnah ini dilakukan pada sepertiga malam, sekitar pukul 01:00 sampai subuh pukul 04.00. Sejatinya berdoa pada jam-jam tersebut memiliki prioritas tersendiri dibanding waktu lainnya di mata Allah swt. Meskipun diperkenankan melaksanakan sholat sunnah kapan saja, namun tetap ada pengecualian beberapa waktu yang dilarang untuk sholat sunnah khususnya sholat hajat.

Waktu yang Tak Diperbolehkan Ibadah Sholat Sunnah Hajat

Matahari terbit hingga ia naik setinggi lembing

Adalah saat ketika matahari mulai menampakkan diri setinggi tombak. Waktu ini biasanya berlangsung sekitar 15 menit.

Matahari tepat dipuncaknya (zenith), hingga ia mulai condong

Adalah matahari tepat di tengah langit, ciri-cirinya adalah saat kita berdiri, maka bayangan kita tidak akan terlihat lagi. Waktu ini adalah beberapa saat sebelum waktu sholat Dzuhur tiba.

Sesudah ashar sampai matahari terbenam

Waktu sholat hajat yang dilarang adalah saat matahari mulai terbenam penuh. Waktu ini memakan beberapa menit (sekitar 15 menit) sebelum waktu sholat Maghrib tiba.

Sebagai seorang muslim, Allah swt telah memberikan petunjuk agar melaksanakan apa yang sudah tertulis di dalam Al Quran. Sehubungan dengan sholat hajat ini Allah swt telah berfirman yang artinya.

“Dan meminta pertolonganlah (kepada Allah) dengan sabar dan sholat” (QS Al Baqoroh :45)

waktu sholat sunnah hajat
source: shutterstock

Memaknai arti dari potongan ayat tersebut bahwa sesungguhnya Allah swt telah memberikan petunjuk kepada kita apabila dalam hidup kita mempunyai kesulitan, harapan, maupun keinginan yang apapun itu hal nya, maka sholat sunnah hajatlah agar semua perkara yang kamu miliki bisa teratasi atas izin Allah swt.

Baca juga: Jumlah Rakaat Sholat Sunnah Hajat

Agar keinginan kita dikabulkan, tentunya tidaklah cukup hanya melakukan sholat sunnah hajat untuk satu kali waktu saja. Para ulama menyarankan agar kita bisa melakukan sholat sunnah ini selama 3 malam sampai 7 malam berturut-turut agar Allah swt bisa melihat sampai dimana kesungguhan Anda dalam meminta dan memohon pertolongan padanya. 

Demikian informasi mengenai waktu dalam sholat sunnah hajat. Jika Anda berniat untuk melakukan sholat sunnah tersebut dengan harapan terkabulnya hajat Anda, ingatlah untuk selalu melakukan sholat tersebut dengan khusyu serta niat tulus dan ikhlas semata karena beribadah kepada Allah swt. Dan jika ingin keinginan Anda segera terpenuhi, lakukanlah sholat hajat ini di sepertiga malam terakhir setelah melakukan sholat tahajud. Semoga bermanfaat. 

Facebook Comments