1
Doa

Waktu yang Dianjurkan untuk Mengerjakan Sholat Tahajud

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sholat Sunnah tahajud adalah sholat Sunnah yang dikerjakan di malam hari oleh seseorang yang ingin melakukan sholat tahajud. Sholat tahajud pun merupakan sholat yang sangat sulit dilaksanakan karena banyak orang yang malas dan tertidur pulas karena kelelahan oleh aktivitas yang dilakukan di pagi hari sehingga malamnya tidak bisa bangun untuk melaksanakan sholat tahajud. 

Baca juga: Inilah Tata Cara Lengkap Sholat Sunnah Tahajud

Umroh.com merangkum, sholat Sunnah tahajud dianggap yang paling banyak memiliki keistimewaan dalam kehidupan sehari-hari jika seseorang tersebut bisa Istiqomah dalam melaksanakan sholat tahajud setiap harinya. Sebab sholat tahajud disebutkan dalam Al-Quran. Salah satu firman Allah SWT yang merujuk agar seorang muslim bisa melaksanakan sholat tahajud terdapat dalam surat Al isra ayat 79

 وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا 

Artinya “Dan pada sebahagian malam hari sholat Tahajud lah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.”

Dari surat Al Isra diatas dapat disimpulkan bahwa sholat tahajud banyak sekali keistimewaannya antara lain semakin kuatnya iman Islam kita, semakin dekatnya diri kepada Allah SWT serta Allah akan mengangkat derajat manusia yang melakukan sholat Sunnah tahajud secara Istiqomah, karena orang tersebut dapat menghilangkan rasa malasnya karena ingin bertemu dengan Allah SWT di sepertiga malam yang hanya dipilihnya orang-orang tertentu dalam sholat tahajud tersebut.

waktu sholat tahajud
source: shutterstock

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Lakukanlah sholat malam oleh kalian, karena hal itu merupakan kebiasaan orang-orang shalih sebelum kalian. Ia pun dapat mendekatkan kalian kepada Rabb kalian, menghapus segala kesalahan dan mencegah dari perbuatan dosa.” [HR. Tirmidzi, Hadist hasan].

webinar umroh.com

Baca juga: Lihat Jadwal Sholat Lainnya untuk Daerah Anda di Sini

Rasulullah SAW sangat mengajurkan untuk umatnya agar bisa melaksanakan sholat tahajud di malam hari, karena sholat tahajud selain dapat menambahkan keimanan kita dengan sholat tahajud kita lebih dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Jika seseorang yang ingin meningkatkan keimanannya dalam hidup, maka mulailah dari sholat tahajud karena seseorang yang Sholeh akan sering melaksanakan sholat tahajud karena sholat tahajud hanya dilakukan oleh orang-orang Sholeh dan Sholehah saja dan sangat jarang dikerjakan oleh orang yang biasa-biasa saja karena sholat tahajud sendiri menghilang rasa malas ketika ia sedang tertidur pulas maka ia harus bangun untuk sholat tahajud dan ini hanyalah orang pilihan saja yang dapat Istiqomah dalam sholat tahajud.

Sholat tahajud pun sebaiknya dikerjakan di sepertiga malam hari, namun masih banyak orang yang tidak mengetahui waktu kapan saja sholat tahajud tersebut dilaksanakan  serta batasan waktu sepertiga malam hari yang dituliskan di dalam Al-Qur’an dan Sunnah. 

Waktu Sholat Tahajud

1. Sepertiga malam yang pertama

Sholat tahajud dapat dilakukan di sepertiga malam pertama artinya setelah setelah adzan isya hingga jam 22.00 malam, tetapi perlu diingat sholat tahajud memerlukan syarat untuk tidur terlebih dahulu. Jika seseorang yang ingin sholat tahajud di sepertiga malam pertama, maka setelah sholat isya dianjurkan untuk tidur terlebih dahulu dan bangun kembali sebelum jam 22.00 untuk melaksanakan sholat tahajud. Untuk dapat sholat tahajud sangat dianjurkan jika telah selesai sholat maka segeralah tidur, karena dengan tidur maka kita tidak akan mengantuk dan akan bangun di sepertiga malam pertama.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Hukum Sholat Tahajud Berjamaah

2. Sepertiga malam yang kedua 

Sholat tahajud disepertiga malam kedua ini sangat memiliki keistimewaan dan Fadhilah sendiri karena diwaktu ini banyak sekali seseorang yang malas untuk sholat tahajud dan sangat susah untuk bangun tidur dan menjalankan sholat tahajud. Maka hanya orang-orang pilihan saja yang bisa sholat tahajud disepertiga malam kedua ini. 

Batasan sholat tahaju sepertiga malam kedua ini adalah rentang waktu dari jam 22.00 hingga jam 01.00 malam dan ini adalah waktu terbaik untuk sholat tahajud karena kondisi yang sunyi dapat mendekatkan kita dengan Allah SWT lebih lama lagi dan semakin kuatnya iman kita.

waktu sholat tahajud
source: shutterstock

3. Sepertiga malam yang terakhir

Waktu ini merupakan waktu yang utama bagi seseorang yang ingin melaksanakan sholat tahajud, dan rentang waktu sholat sepertiga malam terakhir adalah dari jam 01.00 sampai sebelum memasuki adzan subuh.

Dalam hadist riwayat Imam Bukhori dan Imam Muslim Rasulullah sallaSalallahualahi Wasallam bersabda, “Setiap malam Allah SWT turun ke langit dunia sampai tersisa sepertiga malam yang terakhir. Ia (Allah) pun berkata,” Adakah hamba-Ku yang meminta sehingga pasti Aku berikan apa yang dia minta? Adakah hamba-Ku yang berdoa hingga pasti Aku kabulkan doanya? Adakah hamba-Ku yang ber-istighfar sehingga Aku ampuni dosanya?”

Baca juga: Doa dan Dzikir Sholat Tahajud yang Perlu Dihafalkan

Demikian yang dapat disampaikan oleh penulis, semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan tambahan ilmu mengenai waktu pelaksanaan sholat tahajud.