1
Travel

Ingin Berangkat Umroh? Sempatkan Juga Mengunjungi Beberapa Kawasan Wisata Alam di Timur Tengah Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Mungkin yang terkenal dari kawasan Timur Tengah khususnya Arab Saudi adalah sebagai tempat umroh dan disana juga banyak terdapat situs-situs peninggalan Islam. Tapi rupanya tidak juga seperti itu. Karena perlu kita tahu, terdapat juga kawasan wisata bernuansa alam di Timur tengah.

Wisata Alam di Timur Tengah yang Bisa Dikunjungi Saat Umroh

1. Danau Maharloo

Danau ini terletak di kawasan dataran tinggi Shiraz, di Negara Iran, Danau Maharloo memiliki kecantikan mempunyai keindahan yang terletak pada warnanya, merah muda. Namun tak berhenti sampai disitu saja, air di danau ini mirip sedikit mirip dengan Laut Mati, dimana mempunyai kandungan garam dan kalium cukup tinggi. Dua zat itulah yang sebenarnya membuat Danau Maharloo memiliki warna merah muda. Tidak cuma wisatawan saja lho yang terpesona dengan kecantikan danaunya, tetapi juga banyak jenis spesies burung yang mengunjungi danau ini untuk di jadikan persinggahan sementara.

3. Gunung Ararat

Selain Kapadokia, Turki juga mempunyai banyak pesona keindahan alam lain yang patut dikunjungi, salah satunya adalah Gunung Ararat. Gunung ini pernah menjadi gunung aktif sampai dengan tahun 1840. Gunung ini juga dipercaya para ilmuwan yang melakukan penelitian sebagai tempat Bahtera Nabi Nuh berada, namun sampai sekarang kebenaran tersebut masih dipertanyakan.

Disamping itu, gunung ini juga disakralkan oleh Bangsa Armenia karena mereka berpendapat gunung ini sebagai tempat tinggal para dewa. Tak bisa di pungkiri, Gunung Ararat memang terlihat begitu memikat dengan saljunya yang begitu putih menyelimuti bagian puncaknya.

4. Sungai Wadi Mujib

Sungai Wadi Mujib merupakan objek wisata yang terkenal di Yordania. Sungai ini menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung ke Yordania, dimana di sungai ini kita dapat juga melakukan beberapa aktivitas yang menyenangkan seperti mendaki, berenang, menyusuri sungai dengan pemandangan yang indah, dan lain sebagainya.

webinar umroh.com

Ujung muara dari sungai ini berada di Laut Mati, sehingga sungai Wadi Mujib dikenal juga sebagai sungai Arnon dalam Alkitab. Konon menurut cerita yang berkembang dari masyarakat, disebutkan bahwa Nabi Musa sendiri pernah berjalan melalui sungai Wadi Mujib ini.

5. Gurun Pasir Arab

Gurun Pasir Arab merupakan gurun terluas di Asia Barat, dimana gurun ini terbentang melintasi beberapa negara yang terletak di kawasan Asia Barat seperti; Yordania, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Yaman. Gurun Arabia berisi Rub’al Khali, salah satu badan pasir terbesar di dunia.

Gurun ini juga merupakan gurun terbesar ke empat di dunia. Gurun Arab juga menjadi rumah tempat tinggal bagi Suku Badui. Di gurun ini, kita juga bisa menemukan banyak pohon kurma yang sangat banyak, dan dijadikan persediaan makanan, baik untuk masyarakat maupun hewan yang hidup di sekitar gurun.

6. Gurun Pasir Putih

Tidak seperti gurun pasir Arab memiliki warna kuning lembut, gurun pasir putih yang berada di kota Farafra, Mesir, memiliki pasir yang berwarna putih sesuai dengan namanya. Gurun ini juga terkenal dengan nama Sahara el Beyda, dan siapa saja yang menginjakkan kaki di gurun ini, mereka akan seperti berada di planet lain.

Selain warna pasirnya yang putih, di gurun terdapat juga bongkahan batu kapur besar, yang diduga adalah sumber utama pasir gurun berwarna putih.

7. Pegunungan Zagros

Pegunungan Zagros membentang dari wilayah Irak, Iran, dan Turki. Di pegunungan ini terdapat bebatuan tertua di dunia, yang menurut penelitian berasal dari zaman prakambria. Pegunung Zagros memiliki peranan penting alami sebagai pembatas antara beberapa budaya dan kekaisaran.

Oak Persia, ialah spesies tanaman yang paling terkenal di pegunungan ini. Selain itu, di Pegunungan ini juga terdapat beberapa fauna terkenal seperti kambing liar, macan tutul, luwak, beruang coklat, serta beberapa spesies fauna lain yang dapat dilihat oleh pengunjung ketika berada di sini.

8. Air Terjun Kalidonia

Air Terjun Kalidonia terletak di Negara Siprus tepatnya di Desa Platres, serta merupakan salah satu air terjun tertinggi di Siprus. Air terjun Kalidonia dikelilingi oleh hutan di daerah yang sangat indah, dengan pemandangan yang menakjubkan. Hal itulah yang membuat para wisatawan rela untuk menempuh perjalanan yang cukup jauh dan melelahkan, hanya untuk sekedar menemukan air terjun yang terletak ini.

9. Gua Ain Heet

Goa ini terletak di Kota Riyadh, Arab Saudi, dan relatif mudah dijangkau. Goa Ain Heet memiliki pemandangan yang tak lazim di bagian dalamnya. Dimana pada bagian dalam gua ini terdapat danau dengan air yang jernih. Para pengunjung gua ini banyak menyempatkan waktu mereka untuk menjelajahi gua dengan melihat keindahan stalaktik dan stalagmit, dan berenang di danau.

10. Hutan Kamouha

Hutan ini merupakan hutan terbesar di kawasan timur tengah ini. Hutan ini memilki jumlah pohon kurang lebih sekitar 10 juta, dimana pohon-pohon tersebut terdiri dari jenis pohon oak besi, juniper, dan cedar. Hutan ini terletak di wilayah Fnideq sampai ke Akkar el Atika. Selain itu, di hutan ini terdapat pula 100 variasi bunga liar yang tumbuh, sehingga membuat hutan yang berada di Negara Lebanon ini terlihat makin indah.

11. Pantai Bandar Jissah

Pantai ini terdapat di Kota Bandar Jissah yang terletak di timur laut Oman. Nama Bandar Jissah memang diberikan berdasarkan letak kota tempat pantai ini berada. Airnya yang biru dan pasirnya yang putih di pantai, menjadikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk melakukan aktivitas renang, snorkeling. Selain itu, terdapat juga tempat menginap yang berdiri di tepi pantai.