1
Serba-serbi Ramadhan

Kenali Hal – Hal yang Merusak Pahala Puasa Berikut Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com –  Puasa di bulan Ramadhan adalah sebuah kewajiban bagi umat muslim. Dengan melaksanakan amal ibadah mulia ini kita akan senantiasa mendapatkan pahala serta keberkahan dari Allah SWT. Dalam pelaksanaan puasa, kita dituntut untuk menahan segala macam godaan, baik itu lapar dan haus, serta hawa nafsu akan sesuatu hal. Sebaiknya kita sebagai umat islam wajib terlebih dahulu mengetahui ketentuan yang merusak pahala puasa telah ditetapkan oleh Allah SWT.

Dalam hal ini Sepatutnya kita pahami terlebih dahulu prinsip dasar ketika kita ingin mencapai tujuan yang sempurna dalam mendapatkan puasa ramadhan. Berbeda dengan pembatal puasa, ada beberapa perkara yang dapat merusak pahala meski puasanya sah. Berikut beberapa perkara yang merusak pahala puasa.

Baca juga : Keutamaan Istigfar Setiap Saat yang Mudah dan Sederhana

Hal Yang Merusak Pahala Puasa

Dalam hal ini, Rasulullah saw bersabda   

artinya, “ Betapa banyak orang-orang yang berpuasa tidak mendapatkan balasan kecuali lapar dan haus ”

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

“ Puasa itu adalah perisai, jika salah seorang dari kalian sedang berpuasa, maka janganlah mengucapkan ucapan kotor, dan jangan pula bertindak bodoh, jika ada seseorang yang mencelanya atau mengganggunya, hendaklah mengucapkan: sesungguhnya aku sedang berpuasa.”  (HR. Al Bukhari 1904).  

1.      Marah

Hal yang merusak pahala puasa yang pertama adalah marah. Seperti yang kita tahu, marah adalah penanda bahwa seseorang tidak bisa menahan hawa nafsunya. Bahkan Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW sangat tidak menyukai orang yang sering marah-marah. Kecuali bila kamu marah karena adanya maksiat yang terjadi di sekitarmu.

webinar umroh.com

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Marah akan menyebabkan kamu melakukan hal yang mengurangi pahala puasa lainnya seperti mengatakan kata-kata kotor. Jadi bila kamu sudah marah dan mengatakan kata-kata kotor, sama saja dengan mengurangi banyak pahala berpuasamu. Karena salah satu makna berpuasa adalah menahan hawa nafsu yang tentunya marah termasuk ke dalamnya. Balasan untuk orang orang yang dapat menahan marah adalah surga di akhirat kelak.

2.      Berbohong

Ini adalah salah satu hal yang terkadang tak dapat dihilangkan. Jika kita berbohong tentunya sudah sangat jelas akan menjadi salah satu hal yang mengurangi pahala puasa yang kamu jalani. Kebiasaan berbohong saja sudah sangat dilarang dalam kehidupan sehari-hari dan tentunya akan berdosa bila kamu berbohong.

Ingat ya, berbohong diharamkan dalam kondisi apapun. Bahkan berbohong tidak hanya menjadi hal yang mengurangi pahala puasa, tetapi juga bisa membatalkan puasa. Perbuatan-perbuatan seperti sumpah palsu, kesaksian palsu, bahkan korupsi merupakan beberapa contoh berbohong yang levelnya lebih tinggi.

Maka dari itu, kamu tidak boleh berbohong baik ketika sedang berpuasa di bulan Ramadan maupun di hari-hari lainnya. Berbohong sangat merugikan baik itu bagi diri sendiri maupun orang lain. Karena itulah perbuatan berbohong juga akan mendapatkan banyak ganjaran yang setimpal yaitu dosa yang cukup berat.

3.      Tidur Sepanjang Hari

Kamu pasti pernah dengar kan kalau tidur di bulan puasa itu bernilai ibadah bagi yang melaksanakannya ? ya, memang betul. Namun bukan berarti kamu harus tidur sepanjang hari dan kamu pikir hal itu tetap dihitung sebagai ibadah. Bila kamu hanya tidur-tiduran sepanjang hari di bulan Ramadan sejatinya itu merupakan salah satu hal yang dapat mengurangi pahala puasamu.

Apalagi bila kamu tidak menjalankan ibadah wajib karena tidur di bulan puasa. Puasamu malah akan batal karenanya. Tidur yang merupakan ibadah di bulan puasa adalah tidur dengan kurang lebih 5 menit saja untuk menghindari hal yang mengurangi pahala puasa lainnya seperti menggunjing. Maka dari itu, bukan berarti kamu harus tidur-tiduran sepanjang hari dan melupakan ibadah lainnya.

Menjalani ibadah umroh adalah impian orang-orang yang beriman dan wujudkan itu bersama Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

4.      Melihat Lawan Jenis dengan Hawa Nafsu

Umroh.com merangkum, menahan hawa nafsu bukan hanya menahan amarah. Melainkan wajib juga menahan diri dari pandangan mata dengan lawan jenis. Melihat lawan jenis dengan hawa nafsu merupakan salah satu hal yang mengurangi pahala puasa. Tidak hanya langsung, tapi bila kamu memandang lawan jenis dari HP melalui gambar atau video, maka pahala puasamu juga akan berkurang.

Maka dari itulah, kamu harus menjaga mata yang memang berfungsi untuk melihat. Melihatlah hanya pada yang baik baik saja, jangan sampai puasa kamu jadi rusak hanya karena memandang hal hal yang tidak harus dilihat, terutama di bulan puasa ini.

5.      Bergosip

Nah, ini adalah salah satu kegiatan yang paling sulit untuk dihindari baik itu ibu – ibu maupun kalangan lainnya. Bagi kamu yang suka nongkrong dan bergunjing atau bergosip, kamu harus menghindarinya sejak dari sekarang. Bergunjing atau bergosip merupakan salah satu hal yang mengurangi pahala puasa.

Selain itu, bergunjing juga merupakan perbuatan yang sangat dilarang oleh Allah SWT. Bergosip bahkan tidak hanya mengurangi pahala puasa kamu, bahkan bisa membatalkan puasa. Jadi kamu tidak hanya dilarang untuk bergunjing ketika bulan Ramadan saja, namun juga membiasakan untuk mengontrol diri tidak bergosip di bulan bulan lainnya.

6.      Riya

yang merusak pahala puasa

Terdapat dua jenis riya. Riya jenis pertama hukumnya syirik akbar. Hal tersebut terjadi jika seseorang melakukan seluruh amalnya agar dilihat manusia, dan tidak sedikitpun mengharap wajah Allah. Adapun jenis riya kedua, yaitu riya jenis perbuatan syirik asghar. Riya jenis ini kadang tidak disadari dilakukan oleh orang beriman.

Sikap riya jenis ini sering muncul sebagai amal, dimana seseorang beramal karena Allah, namun juga diniatkan untuk selain Allah. Apabila seseorang bershodaqoh, namun sedekah tersebut tercampur dengan riya, maka shodaqoh tersebut batal. Termasuk riya saat berpuasa, maka pahala berpuasa seorang Muslim akan hilang jika dicampur dengan riya.

Menjalani ibadah umroh adalah impian orang-orang yang beriman dan wujudkan itu bersama Umroh.com!

Itulah beberapa hal yang merusak pahala puasa kita. Semoga kita semua bisa mengontrol diri dan menghindari beberapa perbuatan yang sudah dijabarkan di atas agar puasa kita mendapatkan ridha serta pahala dari Allah SWT.