1
Umroh & Haji

10 Fakta Unik Ka’bah Ini Harus Kamu Ketahui

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Ka’bah adalah tempat suci bagi umat Islam di seluruh dunia. Ia terletak di pusat Masjidil Haram, di Mekkah, Arab Saudi. Ka’bah juga merupakan pusat kiblat umat Islam, dimana umat Islam di seluruh dunia, harus menghadap Ka’bah ketika mereka menunaikan ibadah shalat. Jika tidak, maka shalatnya tidak sah. Terkait Ka’bah, ada beberapa fakta unik yang perlu anda ketahui.

Baca Juga: Ingin Secara Langsung Melihat Ka’bah?  Gampang Kamu Bisa Langsung Pesan Saja Paket Umrohnya!

10 Fakta Unik Ka’bah

1. Ka’bah telah direkonstruksi beberapa kali

Ka’bah telah rusak beberapa kali karena bencana alam seperti banjir ataupun mendapat serangan. Karena mengalami kerusakan, Ka’bah dibangung kembali beberapa kali. Mayoritas sejarawan mengklaim bahwa Ka’bah telah direkonstruksi sekitar 12 kali. Renovasi terbaru terjadi pada tahun 1996, dengan menggunakan teknologi mutakhir agar kuat menahan bencana. Di sisi lain, apakah Anda tahu bahwa Nabi Adam, Nabi Ibrahim, Nabi Ismail dan Nabi Muhammad pernah berpartisipasi dalam pembangunan Ka’bah?

2. Warna Kiswah telah berubah

Kiswah adalah kain yang menutupi Ka’bah. Tapi apakah Anda tahu, warna Kiswah tidak selalu hitam seperti yang Anda pikirkan? Tradisi menutupi Ka’bah dengan Kiswah dimulai selama pemerintahan suku Jurhum. Kemudian, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam membungkus Ka’bah dengan kain Yaman warna putih. Merah, hijau dan putih adalah beberapa warna yang digunakan oleh khalifah yang berbeda. Abbasiyah akhirnya memutuskan untuk menggunakan warna hitam untuk mengakhiri berubah-ubahnya warna Kiswah. Sejak saat itu, warna Kiswah tetap hingga saat ini.

Baca Juga: Fakta-fakta tentang Kiswah atau Penutup Ka’bah

3. Bentuk Ka’bah telah diubah

Ka’bah awalnya berbentuk sesuai dengan dasar-dasar yang dibangun oleh Nabi Ibrahim. Ia berbentuk kubus saat direkonstruksi oleh Quraisy sebelum dakwah Islam muncul di sana. Namun, Quraisy tidak bisa membangun kembali seluruh struktur karena kurangnya dana. Bagian yang ditinggalkan saat ini disebut Hatim, yang ditandai dengan dinding kecil.

4. Ka’bah memiliki lebih dari satu pintu

Ka’bah aslinya memiliki dua pintu, satu untuk masuk dan satu lagi untuk keluar. Ka’bah juga memiliki jendela di salah satu dinding. Saat ini, Ka’bah hanya memiliki satu pintu dan tidak ada jendela, meskipun ada pintu tengah yang digunakan untuk mendapatkan akses ke atap.

5. Apa yang ada di dalam Ka’bah?

Bagian dalam Ka’bah ditopang oleh tiga pilar, dengan lentera tergantung di antara mereka. Sebuah meja kecil untuk parfum dapat ditemukan antara pilar-pilar tersebut. Sebuah piagam dapat dilihat tergantung di dinding, untuk memperingati penguasa yang memperbaharuinya. Sebuah kain hijau dengan bordiran ayat-ayat Al-Quran menutupi bagian atas dinding. Dinding kanan memiliki pintu emas yang disebut Bab At-Taubah, yang membuka akses ke tangga menuju ke atap.

webinar umroh.com

Baca Juga: Ini Syarat-syarat Thjawaf Anda Sah!

6. Hajar Aswad dalam kondisi rusak

Hajar Aswad sebenarnya sebuah batu yang besar, tetapi saat ini kondisinya agak rusak, yang membuatnya menjadi terdiri dari sekitar delapan buah dengan berbagai ukuran yang tertutup bingkai perak. Kerusakan itu disebabkan karena banyak kejadian naas termasuk banjir, banyak pengepungan dan pencurian. Bingkai perak pertama dibuat oleh Abdullah bin Zubair.

7. Keluarga Al-Sheibi selalu menjadi penjaga Ka’bah

Hanya satu keluarga yang telah menjadi penjaga kunci Ka’bah sejak periode pra-Islam. Mereka telah menjadi penjaga selama 15 abad terakhir. Kuncinya diwariskan oleh anggota tertua dari keluarga.

8. Ka’bah dibersihkan dua kali dalam setahun

Upacara pembersihan diadakan selama bulan Sya’ban dan Dzul Qa’adah oleh keluarga Al-Sheibi. Campuran pembersih khusus dibuat dari air ZamZam, air mawar Taif dan minyak Oud yang mahal. Gubernur Mekkah mengundang beberapa pejabat untuk berpartisipasi dalam acara pembersihan ini.

9. Pintu Ka’bah sebenarnya dapat dimasuki setiap orang

Awalnya, Ka’bah terbuka untuk semua orang dan dapat berdoa di dalamnya. Karena jumlah jamaah yang ingin masuk meningkat, Ka’bah tidak bisa lagi diakses untuk semua orang. Hanya kadang-kadang dibuka untuk tamu istimewa.

10. Thawaf di sekitar Ka’bah tidak pernah berhenti

Salah satu hal yang paling luar biasa tentang Ka’bah adalah bahwa tawaf di sekitar Ka’bah tidak pernah berhenti kecuali ketika waktu-waktu shalat. Bahkan selama insiden banjir, orang melakukan Tawaf dengan berenang.

Baca Juga: Untuk Mengetahui Waktu Sholat Saat Berada di Mekkah, Bisa Gunakan Aplikasi Umroh.com