1
Serba-serbi Ramadhan

10 Menu Buka Puasa Irit yang Tak Menguras Kantong

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Buka puasa sesuatu hal yang dinanti-nanti setelah seharian penuh menahan nafsu, lapar, dan dahaga. Tak perlu mahal-mahal menyediakan makanan untuk buka puasa. Makanan murah meriah saja sudah membuat hati senang. Apalagi bagi kalian anak rantauan yang jauh dari orang tua. Kebutuhan banyak tak mengharuskan kita jadi orang yang boros. Kalian tak usah khawatir, ada 10 menu buka puasa irit tanpa menguras kantong. Marilah simak pembahasan berikut ini.

Menu Makanan Buka Puasa

Biar momen buka puasa semakin sempurna, kamu bisa menyiapkan menu spesial yang lezat dan mengenyangkan pastinya. Berikut ini menu makanan buka puasa yang iris tanpa menguras kantong, diantaranya.

1. Kurma

Rasanya kurang afdol jika bulan suci Ramadhan sedang berlangsung namun Anda sama sekali belum mencicipi kurma. Anda bisa menyantap 3 atau 4 butir kurma ketika buka puasa datang. Kurma dijual di seluruh penjuru Indonesia dengan harga terjangkau. Sehingga Anda bisa membelinya dengan mudah dan dengan harga yang murah juga.

Selain menghemat pengeluaran Anda, mengkonsumsi kurma juga mampu mengembalikan energi pada tubuh Anda. Kurma juga mampu menggantikan kadar gula dalam darah ketika sedang berpuasa. Anda bisa mengkonsumsi kurma terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi makanan berat. Kurma akan semakin nikmat ketika Anda menikmatinya bersama segelas teh hangat.

Kurma menjadi makanan yang disunahkan ketika bulan suci datang menyambut kita. Hal tersebut tidak lepas dari kandungan kurma yang ada di dalamnya. Kandungan serat yang tinggi pada kurma ternyata mampu membantu mengontrol nafsu makan yang berlebihan. Kurma juga cukup menyegarkan ketika dihidangkan sebagai menu takjil buka puasa.

2. Gorengan

Jika Anda senang dengan menu makan gorengan, tidak ada salahnya memilih gorengan sebagai menu makan berbuka. Gorengan tidak selalu identik dengan tempe mendoan atau tahu goreng saja. Masih banyak pilihan gorengan yang bisa Anda dapatkan di pinggir jalan dengan harga terjangkau, seperti bakwan jagung, pisang goreng, lumpia, dan makanan lainnya. Harga gorengan yang tidak terlalu mahal (500 rupiah – 1000 rupiah per biji) akan membuat kantong  tetap aman. Anda bisa memasak gorengan sendiri dengan menggunakan bahan-bahan sederhana.

3. Kolak

Buka puasa anda terasa masih kurang jika belum mencicipi makanan yang manis-manis. Nah, kolak pisang bisa menjadi teman berbuka puasa yang manis dan lezat. Kolak pisang akan mudah sekali Anda temukan menjelang bulan ramadhan datang. Cita rasa khas yang tercipta dari kolak pisang membuat makanan yang satu ini tidak pernah lepas dari masyarakat Indonesia.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

4. Nasi Goreng

Nasi goreng adalah menu makanan yang fleksibel. Mengapa fleksibel? Karena nasi goreng bisa dinikmati kapan saja, baik pagi maupun malam hari. Nasi goreng juga dapat menjadi menu buka puasa yang sangat praktis.

webinar umroh.com

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat nasi goreng hanya nasi putih, bawang merah, bawang putih, garam, merica, kecap manis, telur, dan minyak goreng. Namun, Anda juga menambahkan lauk berupa potongan ayam atau baso sapi. Perkiraan dana untuk membuat nasi goreng telur adalah sekitar 7 ribu rupiah saja.

5. Roti Bakar

Salah satu menu buka puasa yang irit yaitu roti bakar. Anda bisa menggunakan roti gandum yang masih tersisa saat dimakan ketika sahur. Roti bakar menjadi menu makanan yang mampu menambah energi tubuh yang seharian digunakan untuk berpuasa. Roti bakar sendiri bisa dibuat sesuai dengan keinginan yaitu dengan menambahkan rasa anggur, coklat, vanila, atau yang lainnya.

Cara membuat roti bakar pun cukup praktis yaitu dengan mengoles kedua bagian roti menggunakan mentega. Bakar hingga setengah mengering kemudian oleskan selai rasa sesuai selera. Tunggu beberapa menit saja, roti bakar sudah jadi san siap dimakan.

Menu Minuman Buka Puasa

Selain 10 makanan yang irit, ada juga menu minuman buka puasa yang pas dikantong. Berikut ini menu minuman buka puasa yang irit, diantaranya.

1. Es Kelapa

Es Kelapa tidak hanya sebagai menu buka puasa yang irit saja, tetapi juga kaya akan kandungan yang berguna bagi tubuh kita. Kandungan elektrolit yang terdapat pada buah kelapa mampu mengganti cairan tubuh yang hilang ketika beraktifitas. Tidak hanya itu, air kelapa juga mudah diserap oleh tubuh sehingga mampu menghindari terjadinya dehidrasi pada tubuh.

Jika tenaga Anda terkuras habis, Anda bisa mencampurkan es kelapa dengan madu. Hal tersebut akan membantu menambah tenaga pada tubuh dalam waktu yang singkat. Es kelapa tidak hanya minuman yang kaya akan elektrolitnya saja, tetapi minuman yang satu ini cukup menyegarkan. Sehingga banyak orang yang memilih es kelapa sebagai teman berbuka puasa.

Baca juga : Berikut 7 Manfaat Sari Kurma yang Baik untuk Kesehatan

2. Es Kopyor

Menu takjil yang tidak kalah enaknya yaitu es kopyor yang tidak membutuhkan modal besar. Tetapi rasa dari es kopyor ini tidak kalah dengan minuman takjil yang lainnya. Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu sirup, es batu, agar-agar, vanila, gula, santan, dan sedikit garam.

Cara membuat es kopyor sangat mudah yaitu dengan memasukkan seluruh bahan tersebut hingga mendidih dan matang. Kemudian dinginkan sebentar, selanjutnya guyur pelan-pelan diatas es batu. Biarkan kopyor tersebut menggumpal-gumpal kemudian aduk sedikit hingga benar-benar keras. Nah, es kopyor siap disajikan dan disantap bersama keluarga.

3. Es Bubur Sagu Mutiara          

Bubur Sagu Mutiara yang dingin menjadi teman takjil Anda bersama keluarga. Menu takjil yang satu ini akan membuat tenggorokan Anda menjadi segar. Apalagi ketika Anda menyantapnya ketika dingin, tentu es bubur sagu mutiara semakin nikmat.

Cara membuat es bubur sagu mutiara cukup mudah yaitu dengan memasak air hingga mendidih, kemudian masukan butir mutiara yang sudah dibersihkan. Masukkan juga gula dan aduk-aduk agar panci tidak lengket. Setelah sagu mutiara matang, Anda bisa membuat santan secara terpisah. Kemudian siapkan sagu mutiara dan tuangkan santan dan di atasnya, es bubur sagu mutiara siap disantap.

4. Es Campur

Umroh.com merangkum, masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan menu takjil yang satu ini bukan? Es campur bisa menjadi pilihan tepat untuk menemani buka puasa Anda. Es campur dikenal sebagai minuman sehari-hari yang mampu melepas dahaga. Apalagi ketika bulan puasa datang, es campur menjadi menu takjil andalan di seluruh penjuru Indonesia.

Bahan-bahan es campur yang mudah ditemukan membuat es campur menjadi pilihan tepat. Anda bisa menambahkan berbagai buah campuran sesuai dengan selera anda. Kemudian, tambahkan susu kental manis, sirup dan nutrijel sebagai teman es campur Anda.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

5. Es Sop Buah

10 menu buka puasa irit

10 menu buka puasa irit adalah sop buah sebenarnya hampir mirip seperti es campur yaitu kedua menu takjil ini berasal dari berbagai buah sesuai dengan selera. Perbedaannya hanya dalam penyajian dan buah dimasukkan jauh lebih banyak. Anda juga bisa menambahkan yogurt agar es sop buah semakin enak dan lezat.