1
Serba-serbi Ramadhan

15 Kegiatan di Bulan Ramadhan yang mendatangkan Pahala

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Ramadhan ialah bulan penuh rahmat. Bulan yang dinanti – nanti setiap umat islam di seluruh dunia, karena setiap amalan baik yang kita lakukan akan senantiasa mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT.  Maka dari itu sudah sepatutnya kita mengisi kegiatan di bulan ramadhan dengan hal – hal positif, seperti 15 kegiatan di bulan ramadhan yang bisa Anda lakukan.

Perlu diketahui bahwa bulan ramadhan ialah bulan dimana seluruh pintu surga dibuka selebar – lebarnya oleh Allah SWt. hal ini seharusnya membuat kita semakin giat berlomba – lomba dengan mengisi kegiatan di bulan ramadhan dengan hal – hal yang bermanfaat. Tujuannya ya tak lain untuk mendapatkan keberkahan, ampunan, serta rahmat yang berlimpah dari Allah SWT.

Baca juga : Larangan Waktu Sholat Tahiyatul Masjid Umat Islam

15 Kegiatan Di Bulan Ramadhan

Nah, agar ramadhan yang Anda jalani lebih bermakna dan berkah. Berikut 15 kegiatan di bulan ramadhan yang bisa Anda lakukan.

1.      Membaca Al Quran

“Bulan Ramadhan, bulan yang mulia yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk yang benar bagi manusia dan penjelasan penjelasan di dalamnya mengenai petunjuk itu dan menjadi pembeda (antara yang hak atau yang benar dan yang batil atau yang salah)” (Al-Baqarah: 185).

Salah satu kegiatan positif yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan sebagai cara menambah pahala di bulan Ramadhan ialah tadarus atau membaca Al Quran. Mungkin akan sangat sulit mengkhatamkan Alquran dalam jangka waktu satu bulan saja. Namun, kamu bisa memecahnya agar bisa lebih mudah. Cobalah membaca 4-5 halaman setelah melakukan setiap salat fardu. Pada akhir Ramadan, kamu pun akan berhasil mengkhatamkan Alquran.

2.      Sedekah

Manfaatkanlah bulan penuh berkah ini dengan memperbanyak beramal dan bersedekah. Jangan menunda untuk bersedekah apabila bisa kamu lakukan setiap saat. Sisihkanlah sedikit dari pengeluaranmu untuk berbagi kepada mereka yang membutuhkan.

Rasulullah Saw. pernah bersabda: “Sebaik baik sebuah sedekah adalah sedekah yang dilakukan pada bulan Ramadhan” (HR. Tirmizi).

webinar umroh.com

3.      Sholat Tarawih Berjamaah

Rasulullah Saw. pernah bersabda: “Barang siapa umatku yang mampu menghidupkan malam bulan Ramadhan karena iman kepada Allah dan ia mengharap pahala indah dari Allah maka ia akan diampuni dosa dosanya atau kesalahannya yang telah lalu.” Menghidupkan malam bulan Ramadhan yang dimaksud ialah dengan melakukan amal baik misalnya sholat sunnah tarawih secara berjamaah.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

4.      Memperbanyak Doa

Sudah selayaknya bulan ramadhan digunakan untuk berdoa, karena hampir sepenuhnya waktu di bulan ramadhan ialah waktu yang mustajab untuk berdoa. Tak menutup kemungkinan jika kita terus berdoa sepanjang bulan ramadhan dengan hati yang bersih dan ikhlas maka Allah SWT akan mengabulkan doa kita.

5.      Memberi Makan pada Yang Tidak Mampu

“Barang siapa umat islam yang memberi ifthar atau makanan minuman (untuk berbuka puasa) orang orang yang sedang berpuasa ramadhan maka baginya akan mendapatkan pahala seperti orang baik yang juga berpuasa tanpa dikurangi atau dihilangkan sedikitpun pahalanya.” ( H.R Bukhari Muslim). .

6.      I’Tikaf

I’tikafartinya ialah berdiam diri di dalam masjid atau musholla atau tempat yang tenang untuk beribadah guna mendekat dan melakukan kebaikan kepada Allah. I’tikaf itu menurut Rasulullah di sunahkan baik bagi lelaki dan perempuan, semasa ramadhan pun Rasulullah Saw selalu beri’tikaf dengan sungguh sungguh,

yaitu terutama pada hari hari 10 malam ramadhan yang terakhir serta para wanita yang menjadi istri Beliau pun menjadi turut ikut beliau, yaitu ikut I’tikaf bersama dengan niat karena Allah.

7.      Zakat Fitrah

Di akhir bulan Ramadhan yang mulia, kita mengetahui bahwa Allah mewajibkan kepada setiap muslim laki laki dan perempuan untuk harus mengeluarkan zakat fitrah sebagai ibadah untuk penyempurna puasa ramadhan yang dilakukannya. Sebagai umat muslim, kita bisa mengingatkan kepada keluarga atau sahabat terdekat, atau lebih baik jika turut aktif membantu dan menjadi panitianya.

8.      Umroh

15 kegiatan di bulan ramadhan

“Umroh yang dilakukan pada bulan Ramadhan ialah memiliki pahala seperti haji bersamaku.”. Begitulah sabda Rasulullah. Barang siapa yang umroh, karena niat karena Allah, bukan karena ingin pamer atau ingin dipuji manusia maka akan mendapatkan pahala yang mulia, sedang yang melakukan karena ingin dipuji dan pamer semata hanya akan mendapat rasa lelah dan kebaikan yang dilakukannya sia sia.

9.      Memperbanyak Kebaikan

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap amalan baik di bulan ramadhan, apapun itu, baik amalan yang berhubungan dengan Allah, dengan diri sendiri, atau yang berhubungan dengan kebaikan untuk orang lain, akan dilipatgandakan pahalanya hingga 70 kali dibanding hari hari di bulan basa. Tentunya jika dilakukan dengan ikhlas. Sebaiknya banyak lakukan kebaikan walaupun hanya minimal seperti tersenyum kepada orang lain.

10.  Pesantren Kilat

Kegiatan pesantren kilat atau yang lebih akrab kita sapa dengan sebutan sanlat ini merupakan kegiatan positif yang senantiasa dilakukan pada bulan ramadhan. sebenarnya kegiatan ini tak hanya ditujukan pada anak – anak saja, melaikan orang dewasapun bisa mengikutinya asalkan panitia pelaksanaan kegiatan tersebut bersedia membagi kegiatan tersebut kedalam beberapa kategori sesuai dengan usia.

Menjalani ibadah umroh adalah impian orang-orang yang beriman dan wujudkan itu bersama Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

11.  Berbuat Baik pada Keluarga

Jangan lupa juga untuk berbuat baik pada keluarga, jangan hanya sibuk berbuka puasa bersama dengan teman teman hingga lupa dan jarang berbuka puasa dengan keluarga sendiri, tentu ada kalanya mengadakan acara buka puasa bersama keluarga terdekat seperti dengan paman dan bibi, neenk kakaek, keponakan, dan saudara terdekat lainnya.

12.  Berdzikir

Umroh.com merangkum, berdzikir bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun. Oleh karena itu, saat bulan Ramadhan, cobalah memperbanyak berdzikir karena menurut hadits, berdzikir di bulan Ramadhan lebih afdhal dari seribu bacaan tasbih di bulan lainnya.

13.  Sholat Malam

Sholat malam atau sahalt tahajud itu itu dua raka’at, dan apabila ada salah seorang darimu merasa khawatir akan masuk shubuh, amka hendaklah ia melakukan sholat satu raka’at yaitu witir sebagai pengganjil dari sholat malam yang dilakukannya.” (HR Bukhari dan Muslim). Di bulan ramadhan, perbanyak untuk melakukan sholat tahajud, lakukan juga aktivitas yang lebih positif seperti mengajak keluarga dan teman teman untuk juga melakukannya sehingga jika menjadi kebiasaan nantinya akan selalu dilaksanakan di tiap malam, tidak hanya di bulan ramadhan saja.

14.  Buka Puasa Bersama

15 kegiatan di bulan ramadhan

Manusia (yakni umat islam) yang senantiasa baik ialah yang selama mereka puasa ramadhan mereka bersegera dalam berbuka puasa.”  (HR Bukhari dan Muslim). Bukan sebuah larangan dalam islam jika ingin menjalankan acara buka puasa bersama terlebih jika ditambah dengan kebaikan seperti mengajak orang orang yang tidak mampu.

Tentunya aktivitas positif ini tetap harus mendahulukan ajaran islam, yakni jangan sampai diisi dengan kegiatan yang tidak bermanfaat seperti menggosip, telat sholat maghrib dan isya’, dan begadang yang tidak penting. Lebih baik isi kegiatan dengan amalan amalan islam yang baik.

15.  Mendengar Ceramah Islam

Apa apa atau sesuatu yang telah aku larang tinggalkanlah, dan juga segala sesuatu yang telah aku perintahkan lakukanlah dengan benar semampu kamu dengan niat karena Allah, karena sesungguhnya hal yang membinasakan orang orang kafir sebelum kamu adalah mereka itu banyak bertanya dan juga banyak menyelisik serta menentang Nabi Nabi mereka.” (HR Bukhari dan Muslim).

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Dari hadist tersebut dapat diambil pelajaran bahwa banyak orang yang masuk neraka karena tidak mengikuti perintah Nabi, sebab itu sebagai umat muslim kita harus memperbanyak wawasan islami seperti mendengarkan ceramah sehingga mengerti apa saja yang benar dan yang salah dan terhindar dari jalan yang sesat.