1
Serba-serbi Ramadhan

Selain Banyak Nutrisi, Ini Dia 5 Menu Sahur Untuk Diet

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com– Bagi sebagian orang puasa tidak menjadi halangan untuk tetap menjalankan diet. Justru sebagian orang memanfaatkan momen ini untuk menurunkan berat badan lebih banyak dengan cara mengatur pola makan dan memilih jenis makanan yang di konsumsi. Waktu sahur menjadi momen yang paling tepat untuk menabung energi untuk digunakan sepanjang hari nanti, sampai tiba saatnya waktu berbuka puasa, dan di pembahasan ini akan membahas mengenai 5 menu sahur untuk diet.

Menu yang akan di konsumsi saat sahur sebaiknya dapat memenuhi kebutuhan energy dan juga nutrisi untuk tubuh beraktivitas selama berpuasa. Tak hanya itu, jenis makanan yang di konsumsi pun sebaiknya tidak banyak mengandung karbohidrat dan lemak yang dapat terjadinya kenaikan berat badan, sehingga diet yang Anda jalani tidak gagal. Lantas timbul pertanyaan, jika menjalankan diet saat puasa, apa saja menu sahur yang baik untuk di konsumsi saat sahur? Berikut penulis kasih beberapa menunya.

Baca juga : 11 Perbuatan Riya yang Belum Banyak Orang Tahu

Makanan Yang Paling Baik Di Konsumsi Saat Sahur

1.      Karbohidrat kompleks

Hal ini penting bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan saat puasa untuk mengkonsumsi jenis karbohidrat kompleks saat sahur. Karbohidrat kompleks mengandung serat tinggi yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan juga dapat menyediakan energi lebih lama. Serat dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yaitu nasi merah, roti gandum, oat, dan kentang.

2.      Protein

menu sahur untuk diet

Protein juga dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan, sehingga Anda perlu mengkonsumsi makanan berprotein saat sahur. Selain itu, protein juga diperlukan tubuh untuk mengganti atau memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jika ingin menurunkan berat badan, pilihlah makanan sumber protein dengan kandungan lemak rendah, seperti ikan, daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, dan telur. Anda juga bisa mengkonsumsi makanan sumber protein nabati, seperti tahu, tempe, kacang merah, kacang hijau, kacang kedelai, dan lainnya.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Kuncinya adalah pada metode memasak yang Anda gunakan. Pilihlah metode masak dengan cara direbus, di kukus, dan dipanggang dibandingkan dengan digoreng. Menggoreng makanan hanya akan menambah kandungan lemak dan kalori pada makanan tersebut, walaupun memang rasanya terasa lebih lezat. Anda bisa mengkonsumsi makanan sumber protein ini sebanyak 1-2 porsi saat sahur.

3.      Sayuran dan buah-buahan

Ini merupakan makanan wajib di konsumsi untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan saat puasa. Sayuran dan buah-buahan mengandung banyak serat dan juga berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Tentu, asupan ini sangat diperlukan selama Anda berpuasa. Setidaknya, sayuran dan buah-buahan yang harus Anda konsumsi saat sahur adalah sebanyak 2-3 porsi.

webinar umroh.com

5 Menu Sahur Untuk Diet Selama Puasa

Umroh.com merangkum, saat sahur setidaknya cukupi kebutuhan kalori Anda sebanyak 500-600 kalori. Berikut beberapa contoh menu sahur saat Anda sedangkan menjalankan program diet, yuk simak ulasannya berikut ini :

Mau jadi tamu istimewa Allah di Tanah Suci? Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Menu pertama yang bisa Anda coba yaitu: ayam panggang, scrambled egg, pepes tahu, bayam, brokoli, dan jagung kukus, salad buah. Menu kedua : kentang rebus dengan kulitnya, daging bistik, tumis buncis, wortel dan jagung, sop buah. Selanjutnya menu ketiga : oatmeal, daging panggang, kacang merah, dadar telur campur bayam merah panggang, buah pisang dan apel.

Menu keempat Anda bisa konsumsi : nasi merah; ayam rebus; tahu dan tempe bacem; sayur bening isi oyong wortel, kol, jagung, tomat; buah semangka dan yang terakhir menu kelima Anda bisa memakan roti gandum isi daging ham, telur, selada, wortel, dan timun, salad buah dengan Greek yogu

Menjalani program diet untuk menurunkan berat badan bukan hal yang mustahil dilakukan selama berpuasa. Anda bisa menyajikan menu sahur yang menggugah selera namun dengan tetap sehat. Pastikan untuk memilih menu sahur puasa yang tepat dan sehat sehingga kebutuhan energi dan nutrisi bagi tubuh bisa tetap terpenuhi dan program diet yang Anda jalani pun bisa berjalan dengan lancar.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Semoga beberapa menu diet diatas dapat menjadi referensi Anda dalam menjalankan ibadah puasa tetapi tetap menerapkan pola makan sehat. Dan semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda yang menjalankannya.