1
Muslim Lifestyle

6 Doa yang Dipanjatkan Saat Hujan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Indonesia memiliki dua musim yakni musim kemarau dan musim penghujan. Tahukah Anda, bila hujan turun, ada doa-doa yang dituntunkan oleh Rasulullah mulai dari ketika melihat mendung, sampai ketika hujan berhenti.

Baca Juga: Anda Bisa Membaca Al Quran di Aplikasi Umroh.com

Nah, berikut ini merupakan doa-doa yang bisa Anda baca ketika hujan

1. Doa ketika Melihat Langit yang Mendung dan Diselimuti Awan Hitam

Dalam hadist yang diriwayatkan Bukhari, Rasulullah pernah berdoa ketika melihat awan yang sedang diselimuti mendung.

Beliau berdoa, “Ya Allah , sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari keburukan yang terkandung di dalam awan ini”.

Doa tersebut juga bisa kita praktekan saat melihat langit yang mulai mendung, agar Allah tidak menurunkan bencana yang merugikan kita.

2. Doa saat Hujan Turun

Saat tetesan air hujan turun, kita dianjurkan mengucapkan doa-doa. Doa yang bisa kita panjatkan adalah doa yang juga dipanjatkan oleh Rasulullah ketika melihat hujan.

Sebagaimana diriwayatkan oleh Bukhari, Rasulullah berdoa ketika hujan dengan doa berikut,

“Ya Allah, turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat”.

webinar umroh.com

Baca Juga: Inilah Waktu Terbaik Untuk Umroh

3. Doa ketika Hujan Sangat Lebat

Hujan adalah rahmat dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Akan tetapi, hujan yang lebat juga terkadang bisa menghambat aktifitas kita. Hujan deras yang terlalu lama juga seringkali menyebabkan banjir, yang membuat kita ditimpa kesusahan.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, ketika melihat hujan yang sangat lebat, Rasulullah berdoa,

“Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, namun jangan menghancurkan dan merusak kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit baru, di lembah, dan tempat tumbuhnya pepohonan”.

4. Do’a saat Mendengar Petir

Petir adalah fenomena alam yang sering kita lihat dan dengar ketika hujan. Kilatan cahaya disertai dengan suara halilintar yang menggelegar, membuat kita merasa takut dan cemas.

Petir yang menyambar sangat berbahaya bagi manusia, karena mematikan dan merusak. Ketika mendengar petir, Rasulullah juga memanjatkan doa agar diselamatkan oleh Allah SWT.

Dalam kitab Al Muwattho, ada doa yang dipanjatkan Rasulullah ketika mendengar petir, yaitu “Maha Suci Allah yang halilintar atau petir bertasbih dengan memujinNya, begitu pula para malaikat karena takut kepadaNya”.

Baca Juga: Kumpulan Doa-doa Umroh

5. Doa saat Hujan Telah Berhenti

Ketika akhirnya hujan berhenti, kita juga dianjurkan untuk berdoa. Saat melihat hujan yang telah berhenti,

Rasulullah memanjatkan doa, sebagaimana diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, yaitu

“Kita diberi hujan karena hujan mengandung karunia dan rahmat Allah”. Doa ini bisa menjadi ungkapan rasa syukur kita karena Allah telah berbaik hati menurunkan air untuk bumi.

6. Memanjatkan Doa dan Hajad

Selain doa-doa tersebut, kita juga bisa berdoa menyampaikan hajad-hajad kita. Saat hujan turun, doa kita lebih cepat diijabah oleh Allah SWT.

Diriwayatkan oleh Imam Syafi’i, Rasulullah bersabda bahwa “Carilah doa yang mustajab pada tiga keadaan; yang pertama, bertemunya dua pasukan; dua, menjelang salat dilaksanakan; dan tiga, saat hujan turun. Sampaikan doa ketika hujan turun agar Allah memudahkan pengabulannya.

Baca Juga: Lihat Berbagai Doa di Umroh.com