1
Tips

7 Tips untuk Meningkatkan Hubungan dengan Al Quran

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Al Quran merupakan kitab yang Allah turunkan bagi umat manusia. Di dalamnya, terdapat banyak petunjuk bagi manusia. Mengikuti petunjuk di Al Quran akan membuat kehidupan kita menjadi lebih baik, dan harapannya, kita juga akan mendapatkan kebaikan di akhirat.

Menjalin hubungan yang dekat dengan Al Quran bisa jadi merupakan hal yang sulit bagi setiap orang. Biasanya karena terhalang kewajiban pekerjaan, kesibukan, atau belum terbiasa berdekatan dengan Al Quran. Jika kita mulai ingin menjalin kedekatan dengan Al Quran, ikuti cara berikut ini.

Tips Meningkatkan Hubungan dengan Al Quran

1. Luruskan Niat

Keinginan untuk mendekatkan diri dengan Al Quran tidak akan tercapai tanpa niat yang lurus. Langkah awal untuk mendekatkan diri dengan Al Quran adalah dengan membulatkan niat. Pastikan niat kita lurus dan tulus, yaitu agar bisa lebih dekat dengan Al Quran, sehingga lebih dekat dengan petunjuk Allah dan semakin mencintai Allah. Dengan niat yang lurus dan tekad yang bulat, Insya Allah keinginan untuk mendekatkan diri dengan Al Quran akan diberi kemudahan oleh Allah.

Baca juga: Catat! Ini Hukum Membaca Al Quran dengan Tajwid

2. Tentukan Waktu untuk Membaca Al Quran Setiap Hari

Niat yang baik harus disertai dengan pelaksanaan yang baik pula. Agar keinginan mendekatkan diri dengan Al Quran tidak hanya sebatas niat, tentukan waktu khusus untuk membaca Al Quran.

Pastikan waktu yang kita sediakan adalah yang benar-benar mampu kita penuhi. Hendaknya kita tidak memaksakan diri dalam menyediakan waktu, agar waktu yang ditentukan benar-benar luang dan leluasa untuk membaca Al Quran.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Misalnya dengan menentukan untuk membaca Al Quran setiap shalat Isya, atau membaca dua ayat setiap selesai shalat fardhu, atau membaca Al Quran ketika istirahat siang, dan sebagainya. Tentukan waktu khusus yang benar-benar bisa kita penuhi dengan disiplin, namun tetap nyaman dan tidak terburu-buru. Ketenangan adalah hal yang penting dalam membaca Al Quran. Dengan begitu, kita bisa menghadirkan hati dan meresapi ayat-ayat suci di dalamnya.

3. Pahami Makna dalam Bacaan Al Quran

Umroh.com merangkum, sudah banyak Al Quran yang dilengkapi dengan terjemahan serta penjelasannya. Gunakan terjemahan untuk memahami arti dalam bacaan Al Quran.

webinar umroh.com

Al Quran merupakan petunjuk yang Allah turunkan bagi manusia. Tujuannya agar kita mencapai kehidupan yang baik di dunia dan akhirat. Akan lebih baik jika kita memahami artinya, sehingga kita bisa mendapat pegangan dan petunjuk yang jelas.

4. Ikuti Kajian atau Majelis Ilmu

Selain membaca terjemahan Al Quran, ada baiknya kita melengkapinya dengan menghadiri majelis ilmu. Para ustad atau kyai biasanya memberikan bahasan-bahasan kehidupan yang selalu dikaitkan dengan Al Quran. Menghadiri kajian akan memperluas khazanah pemahaman kita terhadap kitab suci Al Quran.

Menghadiri majelis ilmu dengan melangkahkan kaki adalah hal yang sangat baik. Akan tetapi, jika memang tidak memungkinkan untuk hadir di majelis ilmu, saat ini sudah banyak ulama yang memberikan kajian lewat media sosial. Carilah ulama, ustad, atau kyai yang benar-benar berpatokan pada Al Quran, serta bisa memberi penjelasan yang mencerahkan dan menyejukkan.

Tak hanya menjadikan Anda tamu Allah, umroh juga melancarkan rezeki Anda. Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

5. Berkawan dengan Orang-Orang yang Mencintai Al Quran

Lingkungan pergaulan akan banyak mempengaruhi karakter kita. Jika kita ingin meningkatkan hubungan dengan Al Quran, sebaiknya kita mencari teman-teman yang juga memiliki kecintaan dengan Al Quran. Dengan demikian, kita akan ketularan menjadi pribadi yang cinta dan dekat dengan Al Quran.

Namun bukan berarti kita harus menjauhi teman atau kerabat yang belum dekat dengan Al Quran. Ajaklah mereka dengan lembut, sambil terus meningkatkan hubungan dengan Al Quran bersama orang-orang baru yang bisa mendukung tujuan kita ini.

6. Lakukan Tafakur dan Tadabur

Di dalam Al Quran, ada sangat banyak ayat-ayat yang membahas tentang kehidupan manusia. Mulai dari ayat tentang tanda-tanda kekuasaan Allah di alam yang kita tinggali, hingga pesan tentang cara menjalin hubungan dengan sesama manusia.

Seiring kedekatan dengan Al Quran yang meningkat, kita akan sering melihat fenomena-fenomena dalam kehidupan sehari-hari yang bisa dikaitkan dengan Al Quran. Jika melihat tanda atau fenomena tersebut, renungkanlah secara mendalam.

Lakukan perenungan untuk memahami hikmah atau pesan apa yang hendak disampaikan Allah lewat Al Quran. Mengapa Allah memberikan perintah tersebut? Apa yang akan terjadi jika kita tidak mematuhi perintah yang Allah berikan? Apa hikmah jika kita mematuhinya? Bagaimana cara agar kita lebih mudah untuk menjalankan perintah Allah? Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya, yang akan membantu kita lebih memahami dan mencintai Allah lewat Al Quran. Jika memungkinkan, diskusikan perenungan itu bersama dengan teman yang juga mencintai Al Quran, atau temui ulama atau ustad yang bisa memberikan petunjuk yang mencerahkan.

7. Lengkapi Gadget dengan Al Quran

Di masa sekarang, gadget seperti handphone adalah benda yang paling dekat dengan kita. Saat ini pula, sudah banyak orang-orang berbakat yang menciptakan aplikasi-aplikasi Islami yang mempermudah ibadah, termasuk aplikasi yang berkaitan dengan Al Quran.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Lengkapi gadget kita dengan aplikasi tentang Al Quran. Kita bisa mengunduh aplikasi Al Quran dan terjemahnya, aplikasi belajar tajwid, aplikasi belajar bahasa Arab, dan sebagainya. Dengan demikian, kita akan lebih mudah menjangkau Al Quran di manapun dan kapanpun. Jika kita tengah suntuk, tangan akan lebih mudah membuka aplikasi Al Quran, ketimbang aplikasi lainnya.