1
Doa Muslim Lifestyle Tips

Menakjubkan, Inilah Manfaat Luar Biasa Membaca Al Quran

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Al Quran merupakan kitab suci bagi umat muslim di seluruh dunia, yang di dalamnya berisi firman-firman Allah SWT yang di turunkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantara malaikat jibril untuk di baca, di pahami dan juga di amalkan sebagai pedoman hidup manusia, agar dapat memperoleh kebahagian baik di dunia maupun di akhirat. 

Baca juga: Ayat tentang Haji dan Umroh dalam Al Quran

Al Quran sendiri berasal dari kata “Quran” yang artinya bacaan, hal ini pun sudah terdapat dalam Al Quran surat Al Qiyamah ayat 17-18 yang memiliki arti : “sesungguhnya mengumpulkan Al Quran (di dalam dadamu) dan (menetapkan) bacaannya (pada lidahmu) itu adalah tanggungan kami. Karena itu, jika kami telah membacakannya, hendaklah kamu ikuti bacaanya”.

manfaat membaca al quran
source: shutterstock

Umroh.com merangkum, namun tak sedikit pula dari kita yang kurang meluangkan waktu untuk membaca Al Quran. Setidaknya minimal kita dapat membaca satu ayat Al Quran setiap harinya, karena di dalam kitab suci Al Quran terdapat banyak pelajaran dan juga ilmu pengetahuan yang dapat kita petik baik itu tentang perilaku, kejujuran, kebaikan, moral dan lain-lain. Dengan Al Quran kita memiliki pedoman hidup agar kehidupan kita di dunia lebih terarah dan juga di jalan yang benar. Al Quran dapat memberikan kebaikan dan manfaat bagi siapa saja yang rutin membacanya, mau tahu apa saja manfaat yang dapat kita peroleh dengan membaca Al Quran?

Manfaat Membaca Al Quran

1. Memberikan ketenangan hati

Apabila kita memiliki masalah atau cobaan yang terasa sulit untuk di lalui. Kuncinya hanya satu bacalah kitab suci Al Quran karena dengan membaca Al Quran sama saja dengan mengingat Allah SWT yang maha pengasih dan juga maha penyayang, karena dengan kita mengingat Allah SWT hati kita akan terasa jauh lebih tenang dan juga damai, akhirnya kita pun dapat berfikir lebih jernih lagi dalam melalui masalah yang di hadapi.

2. Setiap hurufnya mengandung banyak kebaikan

Hanya dengan membaca satu huruf Al Quran kita sudah mendapatkan berlipat-lipat kebaikan, hal ini telah di jelaskan dalam hadist yang berbunyi : “siapa yang membaca satu huruf dari kitabullah maka baginya satu kebaikan dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif laam miin itu satu huruf, tetapi alif itu satu huruf laam satu huruf dan miim satu huruf” (HR. At Tirmidzi/2327). Rugi banget bukan? jika kita tidak rutin atau tidak sempat membaca Al Quran, mengingat kebaikan yang begitu melimpah yang bisa kita dapatkan hanya dengan membaca satu huruf Al Quran.

Baca juga: Baca Al Quran dan terjemahannya dengan Mudah di Sini

3. Menjadi kemuliaan bagi orang tua di surga nanti

Memiliki anak yang sholeh dan juga sholehah pasti menjadi dambaan bagi setiap orang tua di seluruh dunia, karena mereka berharap dengan ke sholehan anaknya dapat memberikan kebaikan bagi orang tua di akhirat nantinya. Karena seorang anak yang membaca, belajar dan juga menghafal ayat suci Al Quran mempunyai tempat yang special di sisi Allah SWT, tak hanya anaknya orang tua mereka pun akan di berikan juga pakaian kemuliaan di surga nanti. Nah, luar biasa bukan? Melalui anak yang sholeh dan sholehah pun dapat mengantarkan orang tua ke surga Allah SWT.

webinar umroh.com

4. Meningkatkan daya ingat dan mempertajam fokus

Membaca Al Quran juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan salah satunya dapat meningkatkan daya ingat dan juga latihan focus. Karena orang yang rajin membaca Al Quran minimal 10 sampai 15 menit terbukti memiliki daya ingat yang lebih baik, selain itu mampu membuat otak lebih focus sehingga lebih mudah untuk berkonsentrasi. Hal ini sangat baik jika di terapkan untuk pekerja kantoran agar lebih focus dalam bekerja.

5. Agar selamat dunia dan akhirat

Jika kita rajin membaca kitab suci Al Quran dengan hati yang ikhlas dapat menyelamatkan diri kita dari kejahatan baik itu yang tidak terlihat maupun yang terlihat dan juga menjauhkan kita dari kesengsaraan baik di dunia maupun akhirat. Semua itu karena Allah SWT yang melindungi.

manfaat membaca al quran
source: shutterstock

6. Dapat mempercantik wajah

Tidak bisa kita pungkiri bahwa setiap wanita pasti ingin memiliki wajah yang cantik dan bersih. Jadi banyak sekali wanita yang memilih berbagai perawatan di klinik kecantikan untuk mempercantik wajahnya dan juga menggunakan peralatan make up mahal. Namun ternyata dalam islam kita dapat mempercantik wajah dengan mudah salah satunya yaitu membaca kitab suci Al Quran, kita dapat memulai dengan membaca surat Al Waqiyah ayat 35-38, surat yusuf ayat 4, dan yang terakhir surat Thaahaa ayat 39. Hanya dengan membaca ketiga ayat tersebut anda dapat memiliki wajah yang cantik dan berseri dari dalam diri, serta mendapatkan banyak pahala. 

Baca juga: Aturan Membaca Al Quran Bagi Wanita Haid

Nah itu dia beberapa manfaat membaca Al Quran yang sudah penulis rangkum, Semoga kita dapat lebih rajin membacanya dan juga mempelajarinya serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.