1
Serba-serbi Ramadhan

8 Barang Bawaan Mudik yang Wajib Anda Bawa Selama Perjalanan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Mudik lebaran merupakam suatu momen setahun sekali yang ditunggu-tunggu oleh para perantau. Semua anggota keluarga dapat menghabiskan waktu bersama dan bersilaturahmi di kampung halaman tercinta. Untuk kalian yang baru pertama kali melakukannya, terdapat 8 barang bawaan mudik yang harus dibawa supaya perjalanan Anda tidak terganggu.

Bagi kalian yang menempuh perjalanan arus mudik, sebaiknya cek atau periksa kembali barang bawaan mudik Anda. Jangan sampai ada barang bawaan penting yang tertinggal sehingga akan merepotkan di perjalanan. Apalagi jika pemudik memiliki riwayat penyakit tertentu saat menempuh perjalanan jauh.

Barang Bawaan Mudik

Barang bawaan saat mudik sangat wajib dicek dan dibawa sebelum keberangkatan. Sortir barang-barang yang harus dibawa dan yang tak perlu dibawa. Agar perjalanan aman dan nyaman, kami akan memberi saran dengan 8 barang bawaan mudik yang wajib ada, diantaranya.

1. Barang Keperluan Keluarga

Catat dan siapkan keperluan anggota rombongan. Misalnya orang tua yang memerlukan obat pribadi, balita yang memerlukan makanan khusus dan lainnya. Jangan lupa ditaro ke dalam tempat khusus seperti box P3K yang akan memudahkan ditemui saat dibutuhkan.

2. Air Mineral dan Snack

Membawa air mineral, makanan kecil (snacks, biskuit), makanan berenergi yang mudah dimakan (kurma, sereal) dalam jumlah yang cukup untuk anggota rombongan. Perjalanan di bulan puasa harus sahur dan berbuka dengan makanan yang mudah dicerna (tidak terlalu banyak santan dan lemak).

3. Termos

Membawa air hangat dalam termos (bukan beling). Sehingga akan lebih memudahkan saat menyiapkan makanan kecil dan susu bila membawa bayi.

Baca juga : Bagaimana Hukum Puasa Tanpa Sahur? Ini Penjelasannya!

4. Handuk dan Tisue

Membawa handuk kecil, tisue, tisue basah, pencuci tangan untuk membunuh kuman.

webinar umroh.com

5. Bawa Bekal

Usahakan tidak membeli makanan dari pinggir jalan, tapi berhentilah di restoran / warung yang bersih (jangan lupa cuci tangan sebelum makan). Lebih baik tidak minum es bila daerah yang dilalui dirasa kurang higienis.

6. Obat Anti Mabuk

Mabuk dalam perjalanan bisa terjadi. Jangan lupa obat anti mabuk. Setelah 3-4 jam berkendaraan sebisanya istirahat sejenak. Bila pengemudi mengantuk sebaiknya bergantian, atau tidur dulu sebelum mengemudi.

7. Jaket dan Syal

Umroh.com merangkum, untuk yang berkendaraan motor roda dua selalu memakai helm dan kaca mata pelindung supaya tidak terkena panas dan debu. Untuk yang naik kapal laut selalu menggunakan jaket penahan angin dan syal.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

8. Gadget

Pelajari perjalanan yang akan ditempuh. Lihat peta dari gawai Anda. Berapa jam perjalanan, di mana tempat berisitirahat, tempat makan, tempat shalat, tempat membeli BBM dan toilet. Lebih baik perjalanan dalam situasi yang lebih sejuk dibandingkan siang hari yang panas. Satu kendaraan jangan terlalu penuh karena akan membuat tidak nyaman dan mudah membuat kepanikan.

Itulah 8 Barang Bawaan Mudik yang wajib harus dibawa. Jangan sampai tertinggal agar perjalanan Anda semakin aman dan nyaman.

Doa Perjalanan Jauh

8 barang bawaan mudik

Setelah membaca doa-doa di atas, Anda bisa melanjutkannya dengan membaca doa perjalanan jauh. Berikut adalah doa perjalanan jauh:

“Allohumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli”

Artinya, “Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga”.

Dengan melafalkan doa perjalan jauh ini, maka Allah SWT akan senantiasa melindungi kamu dan keluarga dalam melakukan perjalanan. Jangan lupa untuk melakukan persiapan yang matang sebelum perjalanan, karena yang bisa kamu lakukan adalah berusaha dan bersiap-siap sebaik mungkin. Apa yang akan terjadi nantinya hanya Allah SWT yang tahu.

Doa Mohon Perlindungan Saat Mudik

Selama perjalanan, tentu tidak ada yang bisa menjamin keselamatan. Hanya Allah yang dapat memberikan jaminan itu. Setiap muslim sangat dianjurkan mengucapkan doa di bawah ini. Dia tersebut tercantum dalam hadis riwayat Muslim.

“Allahumma antas shaahibu fis safari wal khaliifata fil ahli, allahumma ashbahnaa bi nushhika waqbilnaa bi dzimmatin, allahumma azwilnal ardha wa hawwin ‘alainas safara, allahumma inni a’uudzu bika min wa’tsaa-i wa ka-aabatil munqalabi”

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Artinya, “Ya Allah, Engkaulah pendampingku dalam bepergian dan pengurus keluarga. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari lelahnya perjalanan sedihnya pemandangan dan kepulangan buruknya dalam harta dan keluarga.”