play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Muslim Lifestyle

Cara Menghadapi Ujian Jika Ingin Hijrah Menjadi Lebih Baik

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Setiap manusia pasti menginginkan yang terbaik untuk dirinya. Tak jarang banyak yang lebih memilih hijrah untuk memperbaiki diri. Berhijrah sebagai proses kembalinya manusia ke jalan Allah SWT setelah lama berada di jalan yang salah. Melakukan hijrah pasti naik turun, tergantung kita menyikapinya dengan istiqomah. Nah berikut ini ada cara ampuh menghadapi ujian saat sedang hijrah menjadi lebih baik.

Hijrah Menjadi Lebih Baik

Umroh.com merangkum, berbicara tentang hijrah tak pernah lepas dari masa lalu, ketika dimana kita melihat seseorang di masa lalu tidak baik, kemudian dia menjadi baik untuk saat ini dan selanjutnya. Sehingga kalau berbicara hijrah maka ini menjadi kewajiban dan syariat sampai nanti berpisah nyawa dan raga (meninggal) karena tidak ada manusia yang tidak ada kesahalan dalam kehidupannya. Oleh karena itu, memperbaiki dan bertaubat atas setiap kesalahan yang pernah kita lakukan adalah bagian dari hijrah.

Setiap orang memiliki masa lalu yang berbeda. Ada yang masa lalunya suram, pahit, susah, hancur, da nada juga yang masa lalunya begitu indah. Namun apapun masa lalu kita itu sudah berlalu dan tak boleh terlena. Perlu yang kita lakukan adalah menjadikan perjalanan masa lalu menjadi acuan menjalani hidup di hari ini dan masa depan menjadi lebih baik. 

Baca juga: Inilah Alasan Wanita Disebut Sebagai Tiang Negara

Cara Menghadapi Ujian Saat Hijrah

Ketika telah memutuskan berhijrah ke jalan Allah, maka jangan pernah sekali-kali berbalik arah. Apa yag telah dilakukan itu berada di jalan yang benar dan lurus. Dalam berhijrah kadang tak mudah untuk dilaluinya. Pasti ada beberapa kesulitan dan cobaan yang harus dihadapi. Mulai dari hinaan dari lingkungannya, dijauhi orang terdekatnya, dan bahkan kehilangan pekerjaan. Sehingga yang namanya hijrah itu sulit ketika mempertahankan hijrah itu. Seseorang yang memutuskan hijrah pasti membutuhkan motivasi dan arahan dari orang-orang yang benar mendukungnya.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Kita sudah banyak mendengar dan melihat kisah-kisah hijrah yang begitu menyentuh hati kita, dimana ada orang yang dulunya tidak pernah shalat kemudian dia memutuskan berhijrah dan menjalankan shalat dengan baik. Ada perempuan yang dulunya belum berhijab, belum menutup aurat dengan benar kemudian dia berhijrah dan memutuskan untuk berhijab dan menutup aurat dengan benar. Ada laki-laki yang dulunya sering mencuri dan sebagainya, kemudian dia berhijrah dan berkomitmen untuk meninggalkan perbuatan mencuri dengan mencari pekerjaan yang halal. Dan seterusnya, begitu banyak kisah hijrah yang pernah kita saksikan dalam kehidupan kita. Semua itu bukan semata-mata Allah tak sayang dengan kita. Tetapi karena Allah hanya ingin menguji seberapa bertahannya kita tetap istiqomah menjalani hijrah.

Dalam keadaan ujian tersebut, kita harus memohon dimudahkan segala urusan hijrah kita. Meminta kepada Alllah agar hijrah kita bertahan di jalan yang benar. Segeralah beriman kepaada Allah agar mengetahui bahwa apa yang menimpanya tidak luput darinya dan apa yang luput darinya tidak akan menimpanya. Kemudian meminta pertolongan kepada Allah dengan sabar dan sholat. Sebagaimana Allah SWT berfirman:

”Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu., sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar “. (QS: Al-Baqarah: 153 ).

Agar melancarkan rezeki Anda, yuk cek paket umrohnya cuma di umroh.com!

Jadi dalam hijrah harus ikhlas dan sabar dalam menghadapi ujian dan yakin dengan bersabar maka pertolongan Allah amatlah dekat. Allah SWT berfirman:

“Dan sesungguhnya telah didustakan (pula) rasul-rasul sebelum kamu, akan tetapi mereka sabar terhadap pendustaan dan penganiayaan (yang dilakukan) terhadap mereka, sampai datang pertolongan Allah kepada mereka. Tak ada seorangpun yang dapat merubah kalimat-kalimat (janji-janji) Allah. Dan sesungguhnya telah datang kepadamu sebahagian dari berita rasul-rasul itu.”(QS: Al-An’am Ayat: 34)

Berbahagialah selalu denngan hidayah yang Allah berikann kepadamu. Jangan biarkan hidayah itu berlalu darimu. Mintalah selalu kekokohan dan keistiqomahan di atas iman kepada Zat Yang Maha Mengabulkan doa. Bergaulah dengan orang-orang yang soleh dan jauhi orang-orang buruk yang membuatmu kembal ke masa lalu, yang membuatmu hanya terpikat oleh dunia.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Bagi kamu yang sedang dalam perjalanan hirjah, nikmatilah setiap prosesnya karena itu adalah nikmat yang Allah berikan untuk menguji dan mengangkat derajat keimanan kita. Tidak ada sebuah kenikmatan, kemudahan tanpa proses yang melelahkan sebelumnya, itulah janji Allah. Apapun masa lalu kamu, seburuk apapun itu tidak penting karena yang menentukan adalah amal akhirmu. Oleh karena itu, semoga melalui hirjah yang kamu lakukan kamu bisa mengakhiri amalmu sebelum kamu meninggalkan dunia dengan amal yang baik, amal yang Allah ridhai.

Facebook Comments