1
Muslim Lifestyle

Hijrahlah Karena Allah, Ini Hikmah yang Didapat!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Dewasa ini dikalangan muslim, hijrah lebih populer sebagai kata untuk menggambarkan perubahan kearah yang lebih baik bagi seorang manusia. Perubahan tersebut yaitu kembalinya kepada kehidupan beragama, taat pada Allah SWT, ikhlas menjalani kehidupan, serta istiqomah dalam menjalankannya. Berikut akan dijelaskan hikmah dari hijrah itu sendiri yang wajib diketahui.

Berdasarkan pemaparan tim umroh.com, hijrah memang memiliki makna dan hikmah yang luar biasa di dalamnya. Akan tetapi cukupkah berhijrah hanya dengan memeluk agama islam? atau hanya sekedar menutup aurat? Karena sejatinya masih banyak pula umat islam yang salah atau kurang paham memaknai arti hijrah yang sesungguhnya dalam islam.

Baca juga: Tips Agar Tetap Istiqomah Setelah Hijrah

Makna Hijrah

Tim umroh.com memaparkan, kata ‘Hijrah’ berasal dari Bahasa Arab, yaitu meninggalkan, menjauhkan dan berpindah tempat. Pada sejarahnya, hijrah adalah kegiatan perpindahan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW bersama sahabat beliau untuk mempertahankan dan menegakan risalah Allah. 

Seseorang dikatakan hijrah jika telah memenuhi 2 syarat, yang pertama ada sesuatu yang ditinggalkan dan kedua ada sesuatu yang dituju (tujuan). Kedua-duanya harus dipenuhi oleh seorang yang berhijrah. Meninggalkan segala hal yang buruk, negatif, maksiat, kondisi yang tidak kondisif, menuju keadaan yang lebih baik untuk menegakkan ajaran Islam.

Dalam sebuah hadits yang shahih, yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam shahihnya, Rasulullah saw pernah bersabda:

 “Orang-orang yang berhijrah dengan sesungguhnya adalah orang yang meninggalkan apa yang dilarang oleh Allah subhanahu wa ta’ala” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ketika seseorang mau meninggalkan sesuatu karena takut akan kemurkaan Allah, dia berhijrah untuk mencari sebab-sebab keridhaan Allah. Itulah hijrah yang hakiki. Oleh karena itulah perkara menguatkan iman harus didahulukan. Karena ini berhubungan dengan meluruskan iman di hati yang akan menjadi sebab anggota badan berbuat sesuai dengan yang dikehendaki didalam hati. Jadi benar-benar asalnya hijrah adalah kembali cinta kepada Allah, cinta karena Allah, mencintai segala sesuatu yang dicintai oleh Allah untuk dikejar dan diusahakan sekaligus menjauhi, membenci, menghindari segala sesuatu yang tidak disukai dan tidak diridhoi oleh Allah SWT.

webinar umroh.com

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Hikmah Hijrah

Umroh.com merangkum, terdapat banyak sekali hikmah yang bisa dipetik untuk diterapkan dalam kehidupan masyarakat zaman sekarang demi mencapai perubahan ke arah yang lebih baik. Diantaranya ialah :

1. Diberikan keluasan rezeki.

Barang siapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rezeki yang banyak. Barang siapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), maka sungguh telah tetap pahalanya di sisi Allah. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS an-Nisa’ [4]: 100).

 2. Dihapuskan kesalahan-kesalahannya. 

Maka, orang-orang yang berhijrah, yang diusir dari kampung halamannya, yang disakiti pada jalan-Ku, yang berperang dan yang dibunuh, pastilah akan Ku-hapuskan kesalahan-kesalahan mereka dan pastilah Aku masukkan mereka ke dalam surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, sebagai pahala di sisi Allah. Pada sisi-Nya pahala yang baik.” (QS Ali Imran [3]: 195).

3. Ditinggikan derajatnya di sisi Allah dan mendapatkan jaminan surga-Nya. 

Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta, benda dan diri mereka, adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah; dan itulah orang-orang yang mendapat kemenangan. Tuhan mereka menggembirakan mereka dengan memberikan rahmat dari padanya, keridhaan dan surga, mereka memperoleh di dalamnya kesenangan yang kekal. Mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar.” (QS at-Taubah [9]: 20-22).

Harga pas di kantong, yuk pilih paket umroh Anda cuma di umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

4. Diberikan kemenangan dan meraih keridhaan-Nya.

Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan Muhajirin dan Anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar.” (QS at-Taubah [9]: 100).

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Hijrah harus kita lakukan demi menuju perubahan yang dicita-citakan bersama. Karena hanya dengan hijrah-lah kita dapat mencapai tujuan sosial dari kehidupan beragama dan berbangsa yaitu menciptakan kehidupan yang beradab dengan memuliakan seluruh manusia berdasarkan prestasi yang dilakukannya.