1
Kuliner

Jangan Takut! Ini 7 Tips Memastikan Makanan Halal

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Travelling keliling dunia suatu impian setiap manusia. Apalagi berjelajah wisata menarik dan wisata kuliner yang sering dikunjungi sesuai list liburan. Tetapi yang menjadi ganjalan adalah masalah makanan. Karena sebagian tempat yang Anda kunjungi bukan negara muslim akan kesulitan mencari makanan, kecuali jika Anda ke Timur Tengah. Terkadang sudah berkeliling beberapa menit, tetapi sulit menemukan restoran yang berlebel halal. 

Semua orang pada dasarnya membutuhkan makanan terbaik untuk mengisi perut yang lapar. Selain makanan yang memenuhi kebutuhan gizi. Kita membutuhkan keyakinan makanan yang masuk dalam perut adalah  produk halal yang bisa menambah kebaikan dan kesehatan.

Baca juga: Kuliner yang Wajib Anda Coba saat di Jakarta!

Tips Memilih Makanan Halal

Bagaimana cara mengetahui makanan dan minuman yang halal? Umroh.com merangkum, pertanyaan tersebut mungkin kadang terlintas di benak kita. Bagi umat muslim wajib hukumnya agar selalu menkonsumsi makanan dan minuman yang halal dan baik. Di dalam kehidupan sehari-hari banyak dan sangat beragam makanan dan minuman yang kian hari selalu bertambah jenisnya. Agar selalu mendapatkan makanan dan minuman yang halal dan baik, maka harus mengetahui dasar atau kuncinya terlebih dahulu. Berikut ini tips memastikan makanan halal, diantaranya.

1. Pilih Restoran yang Berlebel/ Berlogo Halal

Ketika pergi travelling, maka banyak sekali jenis makanan yang aneh-aneh. Dan setiap makanan yang ada di suatu Negara belum tentu bisa kaum muslim makan karena ada beberapa yang tidak halal. Oleh karena itu supaya kalian semua bisa menyantap makanan yang halal, maka sebaiknya pastikan restaurant atau tempat makan yang Andsa kunjungi itu halal. Salah satu cara untuk memastikan makanan yang akan kamu makan itu halal atau tidak adalah dengan memastikan jika di restaurant itu ada logo halalnya. Karena jika sudah punya logo halal artinya restaurant itu benar-benar menjual makanan yang halal. Sehingga lebih meyakinkan untuk dikonsumsi.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

2. Mencari Rekomendasi Restoran Halal di Internet Sebelum Berangkat

Salah satu kesalahan para traveler ketika sedang berlibur ke luar negeri adalah tidak mempersiapkan tempat mana yang akan dituju. Jika Anda menggunakan jasa travel maka mungkin akan lebih mudah karena sudah ada jadwal yang diatur. Namun jika kamu traveler sendiri tanpa menggunakan jasa, maka biasanya kamu akan bebas kemana-mana sendiri. Supaya lebih efektif dan efisien dalam waktunya Anda harus mencatat tempat yang akan kamu kunjungi sebelum bertolak ke negara tempat liburan.

Jika ingin liburan ke luar negeri, sebaiknya kamu mencari terlebih dahulu rekomendasi tempat makan halal yang ada di internet. Sehingga nantinya ketika sampai Anda tinggal pergi ke alamat yang sudah Anda catat di Indonesia. Tidak perlu kebingungan mencari kesana kemari lagi ya. Akan lebih mempermudah dan mempercepat kalian juga. Untuk rekomendasi toko atau tempat makan yang halal maka Anda bisa mengetahuinya disini, jangan lupa catat nomor telepon dan alamatnya.

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

3. Belajar Membaca Komposisi Makanan dalam Bahasa Asing

Selain mencari produk halal perlu juga tahu sedikit beberapa bahasa asing dalam komposisi makanan dalam produk yang akan kita beli di luar bungkus makanan. Sebab di luar negara jarang sekali ada pembungkus makanan yang bertulisan halal. Contoh nama babi, alkohol, minyak babi dalam bahasa asing Anda bisa pelajari dulu kemudian dicatat. Bisa Anda cari lewat Google Translate.

webinar umroh.com

4. Pastikan Makanan atau Minuman Tidak Mengandung Babi

Yang selanjutnya, pastikan jika makanan atau minuman yang akan Anda konsumsi itu terhindar dari kandungan daging babi ya. Jangan sampai makanan atau minum itu mengandung daging babi. Kebanyakan makanan luar negeri menggunakan daging babi sebagai bahan utamanya atau bahan tambahan. Oleh karena itu kamu juga harus tahu bahasa-bahasa yang digunakan untuk bahasa tentang babi.

tips makanan halal

Jadi Anda harus jeli-jeli ya sebelum masuk ke restaurant atau tempat makan, lihat menunya dan juga jika beli makanan atau minuman kemasan sebisa mungkin perhatikan labelnya dengan teliti. Sehingga bisa terhindar dari makanan yang tidak halal. Kebanyakan makanan ringan seperti snack, makanan manis, dan juga mie instan sudah dibubuhi dengan bumbu atau lemak yang berasal dari daging babi. Jadi sebelum membeli pastikan membaca label komposisinya ya.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

5. Pastikan Makanan atau Minuman Terbebas dari Alkohol

Tips memastikan makanan halal yang ketiga adalah dengan memastikan jika makanan atau minuman yang kamu konsumsi itu tidak mengandung alkohol atau free alcohol. Makanan atau minuman di luar negeri banyak sekali yang menggunakan alkohol atau yang sering disebut dengan shake. Pemberian alkohol itu tidak hanya diberikan secara langsung, namun shake atau alkohol itu juga bisa diberikan ketika proses pemasakan dan juga pembumbuan. Maka perhatikan makanan atau minuman yang akan Anda konsumsi.

tips makanan halal

6. Waspada Produk Mengandung Gelatin

Cek daftar komposisi pada kemasan makanan dan minuman. Waspadai jika menemukan adanya kandungan gelatin dalam daftar komposisi yang tertera pada kemasan makanan dan minuman tersebut. Beberapa produk yang mengandung gelatin contohnya coklat, permen, cake, dan vitamin. Produk obat, resin, kosmetik dan kapsul juga dapat mengandung gelatin.

7. Gunakan Aplikasi Untuk Mengetahui Kehalalan Makanan dan Minuman

Tim umroh.com memaparkan, kini deteksi kehalalan produk dapat dicek melalui aplikasi. LPPOM MUI menyediakan fitur “Pencarian Produk Halal” pada laman websitenya. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga menyediakan aplikasi bernama Cek BPOM yang juga menyediakan informasi seputar makanan dan obat yang terdaftar di BPOM, serta komposisi yang terkandung didalamnya atau dapat telpon halo BPOM ke 1500533. BPOM juga memiliki website atau laman yang memudahkan masyarakat mengecek produk yang telah dicabut izin edarnya, yaitu http://cekbpom.pom.go.id/. Melalui laman itu, masyarakat bisa memastikan produk, nama produk, dan izin edar.

Oleh karena itu, sangatlah penting bagi seorang muslim mengetahui cara-cara untuk mengecek dan memastikan status halal dari makanan dan minuman yang akan dikonsumsinya sebagai bentuk antisipasi terhadap makanan dan minuman yang tidak halal dan bebas dari kandungan babi.