1
Serba-serbi Ramadhan

Agar Perjalanan Mudik Selamat, Ini Doa-doa Perjalanan Jauh

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Lebaran sebentar lagi! Tradisi masyarakat Indonesia setiap akhir Ramadhan akan melakukan perjalanan mudik ke kampong halaman. Masyarakat berbondong-bondong bersilaturhami mengunjungi para kerabat. Tak heran bila di momen ini jalanan akan ramai bahkan bisa menyebabkan macet di beberapa titik tertentu. Agar perjalanan mudik lancar dan selamat sampai tujuan. Tak ada salahnya jika para muslim meminta keselamatan kepada Allah dengan membaca doa. Simak doa perjalanan jauh menjamin keselamatan Anda.

Baca juga: Ternyata Begini Sejarah Halal Bi Halal di Indonesia

Doa Saat Akan Keluar Rumah

Sebelum doa perjalanan jauh, yang pertama kali harus kamu lafalkan adalah doa saat akan keluar rumah. Mengucapkan salah satu doa perjalanan jauh ini dilakukan sebelum kamu melakukan perjalanan. Doa saat akan keluar rumah ini adalah sebagai berikut:

 “Bismilaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi”

Artinya, “Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja”.

Dengan membaca doa saat akan keluar rumah ini, kamu telah berserah diri kepada Allah SWT untuk dilancarkan selama perjalanan yang akan kamu lakukan. Salah satu doa perjalanan jauh ini sangat penting diucapkan, seperti yang dijelaskan oleh hadits berikut:

“Barang siapa yang ketika keluar dari rumahnya membaca doa “Bismillahi tawakkaltu ‘alallah laa haula wa laa quwwata illaa billah” (Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tiada daya dan upaya kecuali dari Allah), maka dikatakan kepadanya: kamu telah tercukup dan terlindungi, dan syetan pun akan menjauh darinya.”(HR. Tirmidzi; hasan shahih. Hadits senada diriwayatkan juga oleh Abu Daud).

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Doa Sebelum Melakukan Perjalanan

نَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ اَللَّهُ اَكْبَرُ اَللَّهُ اَكْبَرُ اَللَّهُ اَكْبَرُ سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِ

webinar umroh.com

“Allahu akbar Allahu akbar Allahu akbar, shubhaanalladzi sakhkhara lanaa hadzaa wamaa kunnaa lahuu muqriniin, wainnaa ilaa rabbinaa lamunqalibuun.”

Artinya: “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Mahasuci Dzat yang telah menundukkan semua ini bagi kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Rabb kami.”

Doa Naik Kendaraan

Umroh.com merangkum, saat mudik jangan lupa berdoa ketika naik kendaraan, baik kendaraan umum maupun milik pribadi, baik kendaraan darat, laut, dan udara. Doa yang diajarkan oleh Rasulullah ‘alahi wa sallam:

بِاسْمِ اللَّهِ

 الْحَمْدُ لِلَّهِ

{ سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ } { وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنقَلِبُونَ }

(3x) الْحَمْدُ لِلَّهِ 

(3x) اللَّهُ أَكْبَرُ

 سُبْحَانَكَ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي، فَاغْفِرْ لِي، فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ. 

Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah, Maha Suci Rabb yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Robb kami (di hari kiamat). Segala puji bagi Allah (3x), Allah Maha Besar (3x), Maha Suci Engkau Ya Allah, sesungguhnya aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.” (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

Doa Perjalanan Jauh

Setelah membaca doa-doa di atas, Anda bisa melanjutkannya dengan membaca doa perjalanan jauh. Berikut adalah doa perjalanan jauh:

“Allohumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli”

Artinya, “Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga”.

Dengan melafalkan doa perjalan jauh ini, maka Allah SWT akan senantiasa melindungi kamu dan keluarga dalam melakukan perjalanan. Jangan lupa untuk melakukan persiapan yang matang sebelum perjalanan, karena yang bisa kamu lakukan adalah berusaha dan bersiap-siap sebaik mungkin. Apa yang akan terjadi nantinya hanya Allah SWT yang tahu.

Yuk jadi tamu istimewa Allah di Tanah Suci dengan temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

Doa Mohon Perlindungan Saat Mudik

Selama perjalanan, tentu tidak ada yang bisa menjamin keselamatan. Hanya Allah yang dapat memberikan jaminan itu. Setiap muslim sangat dianjurkan mengucapkan doa di bawah ini. Dia tersebut tercantum dalam hadis riwayat Muslim.

“Allahumma antas shaahibu fis safari wal khaliifata fil ahli, allahumma ashbahnaa bi nushhika waqbilnaa bi dzimmatin, allahumma azwilnal ardha wa hawwin ‘alainas safara, allahumma inni a’uudzu bika min wa’tsaa-i wa ka-aabatil munqalabi”

Artinya, “Ya Allah, Engkaulah pendampingku dalam bepergian dan pengurus keluarga. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari lelahnya perjalanan sedihnya pemandangan dan kepulangan buruknya dalam harta dan keluarga.”

Manfaat Membaca Doa Berpergian

Melakukan perjalanan dengan kendaraan perlu kondisi fisik dan psikis yang sehat. Agar hal tersebut bisa tercapai, banyak cara yang dapat dilakukan. Salah satu yang paling utama untuk mempersiapkan perjalanan jauh ialah kekuatan doa. Cukup banyak manfaat yang didapat dengan berdoa, terutama membuat kita menjadi pribadi yang senantiasa berfikir positif dan lebih tenang.

Berikut ini manfaat membaca doa saat berpergian, diantaranya.

1. Mencegah dan mengatasi stress

Sebuah studi yang dilakukan para ahli kejiwaan pada 2014 menyebutkan bahwa berdoa bermanfaat mencegah dan mengatasi stres. Kekuatan doa bahkan bisa membuat seseorang terhindar dari risiko depresi serta masalah psikis lainnya. Kekuatan doa bisa membuat seseorang jadi makin tenang, tak mudah putus asa, dan berpikir positif.

2. Berdoa bikin bahagia

Selain mencegah dan mengatasi stres, berdoa juga bermanfaat bikin perasaan lebih bahagia. Para ilmuwan yang mempublikasikan temuannya di JAMA Networks Journal mengemukakan orang yang gemar menghadiri ibadah keagamaan dan memiliki bekal agama yang kuat atau religius lebih bahagia dibanding orang-orang lainnya. Tak hanya dirinya yang bahagia, keluarganya juga bahagia, sejahtera dan lebih sabar.

3. Panjang Umur

Sebuah studi yang dilakukan para ilmuwan di Harvard School of Public Health menyebutkan bahwa orang-orang yang religius dan gemar berdoa sesuai kepercayaan masing-masing umumnya memiliki umur yang panjang. Mereka yang beribadah dengan tulus, sungguh-sungguh dan mengharap ridha Tuhan, umumnya akan hidup lebih sehat, tenang dan bahagia.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Orang-orang yang rajin berdoa meyakini bisa memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Pikiran yang senantiasa positif, hati yang tenang dan bahagia adalah salah satu alasan kenapa orang-orang yang rajin berdoa memiliki sistem kekebalan tubuh kuat. Orang-orang yang gemar berdoa, sabar serta ikhlas juga bisa terhindar dari risiko jantung dan tekanan darah tinggi.

Demikian beberapa doa untuk kesalamatan saat berpergian jauh. Adapun manfaat-manfaat yang dapat kita peroleh dari kekuatan doa. Semoga kita selalu mengamalkan ajaran Islam.