1
Serba-serbi Ramadhan

9 Menu Lebaran Lezat untuk Kumpul Keluarga

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Menu lebaran menjadi hal yang ditunggu-tunggu saat berkumpul bersama keluarga. Saat Lebaran tiba, meja makan rumah pasti penuh kan dengan hidangan lebaran? Nah, salah satu hidangan yang enggak pernah absen saat Hari Raya Idul Fitri adalah opor ayam.

Memang, masakan khas ini sudah menjadi salah satu tradisi Lebaran yang wajib. Namun, tidak ada salahnya mengganti hidangan ini dengan menu lezat lainnya loh! Meski tak ingin diganti juga tidak apa-apa, kamu bisa menambahkan menu lainnya untuk menemani opor ayam ini. Berikut ulasannya!

9 Menu Lebaran

Umroh.com merangkum, berikut 9 Menu lebaran agar hidangan lebih banyak dan bervariasi!

1. Sate Kambing/Sapi/Ayam

Sate-satean memang hamper tak bisa dikalahkan kelezatannya. Hidangan satu ini pas banget dimakan bareng ketupat karena tekstur daging yang kenyal akan luluh langsung dengan ketupat lebaran yang padat.

Siraman bumbu kacang yang sudah dicampur kecap di atas ketupat dan sate daging ala Lebaran pun pasti juara enaknya!

2. Rawon

Menu kedua yang mungkin bisa kamu coba adalah rawon, si sup hitam yang rasa pedas manisnya nendang di lidah. Rawon dimasak menggunakan banyak rempah-rempah dan salah satunya adalah bumbu keluak.

Bumbu spesial tersebut membuat rasanya lebih legit, ditambah irisan daun bawang, daging sapi empuk, dan taoge mentah, satu sendok kuah rawon saja sudah bisa mengantarmu ke surga!

Baca juga: 20 Kue Lebaran yang Selalu Jadi Favorit!

webinar umroh.com

3. Semur Daging Sapi/Ayam

Semur sapi dan ayam merupakan hidangan pas untuk dimakan bersama ketupat Lebaran, karena tidak hanya daging, masih banyak lagi protein yang  bisa kamu temukan. Kuah semur terbuat dari campuran kecap manis, pala, bawang merah, cengkeh, dan bawang bombay, membuat rasanya gurih, manis, dan hangat di tenggorokan!

4. Bakso

Bosan dengan masakan rumah dan enggak sempat masak ketika lebaran? Coba bakso! Hidangan ini memang terdengar aneh apabila disandingan dengan menu Lebaran lainnya, tapi bakso pedas dengan potongan ketupat gurih itu enggak ada tandingannya!

5. Tongseng

Tongseng biasanya menggunakan daging iga yang masih menempel pada tulangnya yang dimasak bareng dengan semua bumbu-bumbu lainnya, sehingga kaldunya terasa lebih gurih dan wangi. Agar lebih sehat dan kolesterol terjaga, kamu bisa menambahkan sayur mayur seperti tomat, kol, dan acar!

Hanya di umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

6. Soto

Soto juga beragam tergantung daerah pembuatnya, ada soto Madura, Betawi, Bandung, Palembang, Menado, Kudus, dan masih banyak lagi. Maka soto tak akan salah untuk dijadikan hidangan saat lebaran!

7. Rendang

Wah, rendang memang sangat cocok dipadukan dengan ketupat ya! Menu asal Padang ini pernah dinominasikan sebagai makanan paling enak sedunia, lho! Cita rasanya yang enak sangat pantas mendunia karena proses pembuatannya yang memang membutuhkan waktu dan dedikasi.

8. Bebek Gulai Kurma

Hidangan lebaran yang tak kalah beken dari Aceh adalah bebek gulai kurma, berupa potongan daging bebek dengan rempah daun beraroma, seperti daun pandan, daun temurui dan serai dengan kuah santan yang nyemek. 

Meski ada embel-embel kurma di penamaannya, lauk ini sama sekali tidak menggunakan kurma. Bumbu-bumbu yang dipakai, terdiri dari bawang merah, bawang putih, cengkih, kayu manis, pekak, biji pala, jahe, kapulaga, merica, dan ketumbar. 

 9. Soto Banjar

Soto Banjar jadi menu andalannya orang Banjar untuk memeriahkan lebaran. Kuahnya yang ringan plus cita rasa asam segar memberi sensasi lain, di tengah hidangan lebaran yang umumnya ‘berat’. 

Soto Banjar berisi suwiran daging ayam ras yang sudah direbus dan digoreng. Bumbu halus penyedap kuahnya berupa bawang putih, bawang merah, merica, jahe, kunyit dan garam. Soto Banjar disajikan bersama suun, telur ayam rebus, perkedel kentang, irisan bawang merah dan bawang putih goreng dan seledri. 

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Tak ketinggalan, sambal rawit dan perasan air jeruk nipis, melengkapi kelezatan soto yang umumnya disajikan bersama ketupat kandangan atau lontong. 

Selain makanan-makanan tersebut, masih ada gulai nangka, gulai ayam, sambal goreng, gulai daging, dan masih banyak lagi yang bisa memeriahkan suasana lebaran di rumah. Jadi, jangan lupa dibuat bervariasi ya agar saudara-saudara betah dan ingin bungkus bawa pulang!

Selamat mencoba!