1
Serba-serbi Ramadhan

Amalan Di Bulan Jumadil Akhir dan Peristiwa Penting di Dalamnya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com– Taukah Anda bahwa dalam kalender hijriyah, bulan jumadil akhir adalah bulan ke enam. Jumadi Berasal Dari Akar Kata Jamada, Yang Berarti Beku, Dingin Yang Menggigil Dan Menges. Dinamakan Bulan Ini Dengan Jumadi Karena Diwaktu Penamaannya, Air Pada Bulan Ini Membeku Seperti Es. terdapat amalan di bulan jumadil akhir yang bisa bisa Anda lakukan untuk menambah pahala dan kebaikan – kebaikan lainnya.

Bulan jumadil akhir memiliki beberapa keutamaan sebab dalam bulan itu ada beberapa kejadian yang sangat bersejarah dalam islam, kita selaku umat islam hendaknya mengingat dan mengenang kejadian kejadian itu sebagai bentu kecintaan kita kepada agama islam. Lantas apa saja amalan yang dapat kita lakukan pada bulan jumadil akhir? Berikut ini ulasannya untuk Anda

Amalan-Amalan Bulan Jumadil Akhir

Berikut ini beberapa amalan-amalan ibadah yang telah umroh.com rangkum dan dapat Anda lakukan pada bulan jumadil akhir.

Baca juga : Ini Hikmah Puasa Ramadhan yang Akan Dirasakan!

1. Sholat Sunnah Malam

Sholat sunnah malam pada tanggal 1 jumadil akhir sangat dianjurkan. Sholat sunnah tersebut dilakukan sebanyak dua rakaat dengan membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek lain pada setiap rakaatnya. Yang kemudian setelah salam, daianjurkan untuk memperbanyak membaca istighfar

2. Sholat Sunnah Tanggal 10 Jumadil Akhir

Sholat sunnah tanggal 10 jumadil akhir ini dapat dilakukan dengan cara seperti berikut : pertama, dilakukan sebanyak 12 rakaat dengan enam kali salam. Kedua, pada setiap rakaat, setelah membaca surat Al-Fatihah, membaca surat Al-Quraisy. Ketiga, setelah salam dilanjutkan membaca surat yusuf.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

3. Berpuasa Ayyamul Baidh

Puasa ayyamul baidh yaitu puasa pertengahan bulan yaitu dilaksanakan tanggal 13,14, dan 15 dibulan hijriah, kecuali hari tasyrik pada 13 dzulhijjah. Orang yang senantiasa melakukan amalan berpuasa ayyamul baidh maka pahalanya sama seperti berpuasa satu tahun penuh, jika dilaksanakan setiap bulan dan akan mendapatkan pintu khusus untuk masuk surge data diakhirat nanti.

4. Sholat Sunnah Pada Hari Akhir Bulan

Pada akhir bulan jumadil akhir, Anda disunnahkan melakukan sholat sunnah sebanyak empat rakaat dengan dua salam atau juga bisa dengan satu salam. Sholat sunnah dilakukan setelah sholat maghrib, kemudian setelah salam membaca tasbih sebanyak-banyaknya.

webinar umroh.com

Peristiwa Penting Di Bulan Jumadil Akhir

amalan di bulan jumadil akhir

Selain amalan-amalan yang dapat kita lakukan di bulan jumadil akhir, terdapat beberapa peristiwa penting dalam bulan jumadil akhir, diantaranya yaitu sebagai berikut. Pertama, wafatnya abu bakar A-Shidiq. Pada tanggal 22 jumadal akhir tahun 13 hijriah. Bersamaan dengan 12 agustus 634 M, pada malam hari, sahabat abu bakar as-shidiq meninggal dunia di usianya yang ke 63 tahun.

Beliau dimakamkan bersebelahan dengan makam Rasulullah SAW. Semasa hidupnya abu bakar merupakan salah satu orang yang pertama masuk islam sekaligus menerima dakwah dan membenarkan ke Rasulan Nabi Muhammad SAW. Beliau merupakan sosok yang sabar dan juga memiliki akhlak yang luhur.

Kedua,terjadinya perang yarmuk pada bulan jumadil akhir tahun ke 13 Hijriah. Peperangan ini dipimpin oleh Khalid bin Al-Walid dengan jumlah pasukan muslimin sebanyak 45.000 orang dan menghadapi tentara Rum sebanyak 240.000 orang. Dalam peperangan ini, separuh tentara Rum hilang. Sedangkan dari pihak kaum muslimin mencapai sekitar 3.000 orang syahid. Dan akhirnya tentara yang di pimpin Khalid bin Al-Walid ini memenangi peperangan.

Umroh.com merangkum, selain amalan-amalan penting dan beberapa peristiwa yang terjadi di bulan jumadil akhir, bulan ini memiliki keistimewaan yang luar biasa diantaranya yaitu keyakinan bahwa pada bulan ini, malaikat jibril turun menemani Rasulullah SAW. Bulan ini diyakini juga sebagai bulan kelahiran putrid Rasulullah SAW, Sayyidah Fatimah. Selain itu bulan jumadil akhir menjadi bukti islam meraih kemenangan dalam menundukkan kekuasaan Byzantium atau roma.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Luar biasa bukan? Amalan-amalan yang dapat kita lakukan dalam bulan jumadil akhir. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua dan dapat di lakukan dalam kehidupan sehari-hari.