1
Sejarah Islam

Lakukan Amalan Ini, Maka 70 Ribu Malaikat Mendoakanmu

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Iman kepada malaikat adalah salah satu rukun iman yang harus dimiliki setiap mukmin. Malaikat merupakan makhluk Allah yang senantiasa patuh dan taat kepada Allah. Mereka tidak pernah berbuat dosa. Berikut ini akan dijelaskan sebuah amalan yang harus dilakukan agar 70 ribu malaikat ikut mendoakan diri kita.

Keberadaan malaikat memang tidak bisa dirasakan dan disaksikan oleh manusia biasa. Namun sebenarnya para malaikat sangat dekat dengan kita. Setiap hari, para malaikat berada di sekeliling manusia untuk melakukan tugas-tugasnya. Seperti mencatat amal manusia, memberikan rahmat, memberikan rizki, dan sebagainya. 

Baca juga: Gak Nyangka, Begini Kisah Nabi Ibrahim dan Malaikat Maut

Wujud Malaikat​ 

Di dalam Al Qur’an, malaikat digambarkan memiliki sayap. Allah berfirman, “Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi. Yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga, dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS.Fathir: 1) 

Malaikat Selalu Bertasbih kepada Allah 

Umroh.com merangkum, keseharian malaikat diisi dengan bertasbih dan menjalankan perintah Allah. Selain itu, para malaikat juga mendoakan setiap manusia yang beramal sholeh. Allah berfirman, “Hampir saja langit itu pecah dari sebelah atasnya (karena kebesaran Tuhan) dan malaikat-malaikat bertasbih serta memuji Tuhannya dan memohonkan ampun bagi orang-orang yang ada di bumi. Ingatlah, bahwa sesungguhnya Allah Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS.Asy Syura: 5). 

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Doa seorang manusia sholeh saja akan lebih mudah dikabulkan. Bagaimana dengan doa para malaikat yang tidak pernah berbuat dosa kepada Allah? Bahkan ada satu amalan yang bisa membuat seorang manusia mendapat doa dari 70 ribu malaikat.

Menjenguk Orang Sakit 

Amalan ini bisa membuat 70 ribu malaikat beristighfar dan mendoakan kita. Rupanya tindakan sederhana tersebut bernilai sangat besar, sehingga para malaikat mendoakan kita. Rasulullah bersabda, “Tidaklah seorang muslim yang menjenguk muslim lainnya di pagi hari kecuali ada 70 ribu malaikat yang mendoakannya hingga sore hari. Dan jika menjenguknya di sore hari, ada 70 ribu malaikat yang mendoakannya hingga pagi, dan baginya satu kebun di surga.” (HR.Tirmidzi). 

Amalan menjenguk orang sakit memang tidaklah mudah. Untuk menjenguk orang sakit, seseorang harus menyisihkan waktu dan mengesampingkan kepentingan pribadinya. Semua dilakukan agar bisa mengunjungi saudara atau teman yang sedang sakit. Walaupun hanya sekadar memberi dukungan. 

webinar umroh.com

Bukankah kita juga bisa merasakan bahwa kunjungan kerabat saat sakit terasa sangat berarti? Kedatangan kita untuk menjenguk orang sakit bisa membuat mereka merasa lebih bahagia. Sehingga akan berpengaruh positif terhadap perkembangan kesehatan mereka. Apalagi jika kita memberikan kalimat-kalimat dukungan yang positif serta menyampaikan doa yang tulus.

Abu Darda’ menuturkan bahwa Rasulullah pernah bersabda, “Doa seorang muslim untuk saudaranya (muslim lainnya) yang tidak berada di hadapannya akan dikabulkan oleh Allah. Di atas kepala orang muslim yang berdoa tersebut terdapat seorang malaikat yang ditugasi menjaganya. Setiap kali orang muslim itu mendoakan kebaikan bagi saudaranya, niscaya malaikat yang menjaganya berkata, ‘Amin (semoga Allah mengabulkan) dan bagimu hal yang serupa’.” (HR.Muslim). 

Mereka yang menyempatkan diri untuk menjenguk orang sakit juga akan mendapat curahan rahmat dari Allah. Salah seorang sahabat Rasulullah, Jabir bin Abdillah, menuturkan bahwa Rasulullah bersabda: “Siapa yang menjenguk orang sakit, ia terus dalam naungan rahmat sehingga duduk. Maka apabila ia duduk, ia tenggelam ke dalamnya.” (HR.Ahmad) 

Menjenguk orang sakit merupakan cerminan dari sifat kasih sayang terhadap sesama. Mengasihi orang lain merupakan salah satu cara untuk mendapatkan rahmat dari Allah. Rasulullah bersabda, “Orang-orang yang penyayang niscaya akan disayangi pula oleh Ar-Rahman (Allah). Maka sayangilah penduduk bumi niscaya penghuni langit pun akan menyayangi kalian.” (HR.Ahmad). 

Harga pas di kantong, yuk pilih paket umroh Anda cuma di umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Hadir Dalam Majelis Dzikir 

Amalan lain yang bisa membuat kita didoakan para malaikat adalah hadir dalam Majelis Dzikir. Setiap hari para malaikat berkeliling mencari majelis-majelis dzikir, dan hadir di dalamnya. Di sana, para Malaikat akan merahmati dan mendoakan manusia, serta memohonkan ampun untuk peserta majelis.

Abu Hurairah menuturkan bahwa Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya Allah memiliki malaikat yang berkeliling jalan-jalan mencari ahli dzikir. Jika mereka menemukan satu kaum yang sedang mengingat Allah, mereka berseru, ‘Marilah kalian menuju kebutuhan kalian.’ Lalu para malaikat itu mengelilingi mereka dengan sayap-sayapnya sampai langit dunia.” 

“Kemudian Rabb mereka bertanya kepada mereka, dan Dia lebih tahu dari mereka, ‘Apa yang dikatakan hamba-hamba-Ku?’ Mereka berkata, ‘Mereka bertasbih memahasucikan-Mu, bertakbir mengagungkan-Mu, bertahmid memuji-Mu, dan memuliakan-Mu.’

Lalu Allah berkata, ‘Apakah mereka melihat-Ku?’ Mereka menjawab, ‘Tidak, demi Allah, mereka tidak melihat-Mu.’ Allah berkata, ‘Bagaimana seandainya mereka melihat-Ku?’ Mereka menjawab, ‘Seandainya mereka melihat-Mu, pasti mereka sangat bersungguh-sungguh beribadah kepada-Mu, sangat bersungguh-sungguh memuliakan-Mu, dan lebih banyak bertasbih kepada-Mu.’”

Allah berkata, ‘Lalu apa yang mereka minta kepada-Ku?’ Mereka menjawab, ‘Mereka meminta surga kepada-Mu.’ Allah berkata, ‘Apakah mereka melihat surga?’ Mereka menjawab, “Tidak, demi Allah, wahai Rabb, mereka tidak melihatnya.’

Allah berkata, ‘Bagaimana seandainya mereka melihatnya?’ Mereka menjawab, ‘Seandainya mereka melihatnya, mereka pasti sangat bersungguh-sungguh untuk mendapatkannya, sangat bersungguh-sungguh untuk memintanya, dan sangat menginginkannya.’” 

“Allah berkata, ‘Lalu dari apa mereka meminta perlindungan?’ Mereka menjawab, ‘Dari api neraka.’ Allah berkata, ‘Apakah mereka melihatnya?’ Mereka menjawab, ‘Tidak, demi Allah, mereka tidak melihatnya.’  

Allah berkata, ‘Bagaimana seandainya mereka melihatnya?’ Mereka menjawab, ‘Seandainya mereka melihatnya, pasti mereka sangat bersungguh-sungguh lari darinya dan sangat takut kepadanya.’” 

“Allah berkata, ‘Maka Aku persaksikan kepada kalian sesungguhnya Aku telah mengampuni mereka.’  

Salah satu malaikat pun berkata, ‘Namun, di antara mereka ada si fulan dan ia bukan bagian dari mereka. Ia datang hanya karena ada keperluan.’ Allah menjawab, ‘Mereka semua adalah teman duduk, dan tidak ada sengsara orang yang duduk bermajelis bersama dengan mereka.’” (HR.Bukhari dan Muslim) 

Doa Para Malaikat 

Apa yang didoakan oleh para malaikat untuk manusia? Ternyata para malaikat memintakan hal-hal yang sangat mulia dan sangat menyentuh bagi kita, umat manusia. Malaikat berdoa dan memohon ampun untuk manusia. Meminta Allah memelihara kita dari siksa neraka. Para malaikat juga berdoa agar kita dimasukkan ke dalam surga dan dihindarkan dari keburukan.

Allah berfirman dalam surat Ghafir ayat 7-9, “(Malaikat-malaikat) yang memikul Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan): “Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertobat dan mengikuti jalan Engkau dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyala.”

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

“Ya Tuhan kami, masukkanlah mereka ke dalam surga ‘Adn yang telah Engkau janjikan kepada mereka, dan orang yang shalih di antara nenek moyang mereka, istri-istri, dan keturunan mereka. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Perkasa, Maha Bijaksana,”

“dan peliharalah mereka dari (bencana) kejahatan. Dan orang-orang yang Engkau pelihara dari (bencana) kejahatan pada hari itu, maka sungguh, Engkau telah menganugerahkan rahmat kepadanya dan demikian itulah kemenangan yang agung.”