play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Sejarah Islam

Kisah Malaikat Mikail Menahan Matahari dengan Sayapnya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com– Malaikat merupakan salah satu makhluk ciptaan Allah SWT, sepanjang hidupnya mereka senantiasa hanya bertasbih, mensucikan nama Allah SWT serta menjalankan segala perintah-Nya. 

Nah, sebagai umat muslim tentunya kita sudah tahu bahwa malaikat itu jumlahnya tidaklah sedikit, salah satu diantaranya yaitu malaikat Mikail. Siapa yang tidak kenal dengan malaikat Mikail? Beliau merupakan  malaikat yang bertugas menurunkan hujan, petir dan membagikan rezeki kepada manusia, hewan dan tumbuhan yang ada di muka bumi ini, bisa berupa harta, kesehatan ataupun yang lainnya. Malaikat mikail menjadi salah satu malaikat utama Allah SWT setelah malaikat Jibril.

Baca juga: Ini Isi Permintaan Malaikat saat Terciptanya Adam

Mengenal Sosok Malaikat Mikail

Malaikat Mikail merupakan salah satu pembantu beliau (Allah SWT) dari langit, sebagaimana hadist yang berbunyi : “sesungguhnya Allah menguatkanku dengan empat pembantu, dua dari penduduk langit yaitu jibril dan mikail. Dan da dari penduduk bumi yaitu abu bakar dan umar”. (HR. Ibnu Abbas). Dalam tradisi islam Mikail dikatakan memakai jubbah berwarna hijau jamrud, memenuhi bentangan langit. Tiap helai rambutnya berisi ribuan wajah yang mengagungkan nama Allah SWT. Dari kepala malaikat Mikail hingga kedua telapak kakinya berbulu Za’faron, yang jika seluruh air di lautan dan sungai disiramkan di atas kepalanya, niscaya tidak akan setitikpun akan jatuh melimpah.

Seluruh anggota tubuhnya terbuat dari nuur (cahaya) dan berbulu Za’faron. Yang unik dan istimewa yaitu ada satu juta wajah di atas setiap bulu-bulu yang di milikinya, dan setiap wajah mempunyai sejuta mata yang senantiasa menangis untuk memohon rahmat bagi orang-orang mukmin yang berdosa. Tak hanya itu setiap wajah memiliki satu juta mulut yang mana mulut tersebut memiliki lidah dengan jumlah yang sama dan menguasai satu juta macam bahasa. Dan juga setiap lisan yang dimiliki membaca istighfar untuk orang-orang mukmin yang berdosa.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Kisah Matahari Dan Sayap

Umroh.com merangkum, suatu hari Allah SWT telah memerintahkan malaikat Mikail untuk menahan matahari hal ini membuat waktu subuh menjadi lebih lama di bandingkan dengan biasanya. Namun taukah Anda kisah ini awalnya bermula di saat pelaksanaan sholat subuh. Kala itu Rasulullah SAW sedang memimpin sholat berjamaah. Ternyata pada saat rukuk punggung sang Rasul di tahan oleh malaikat jibril sehingga Rasul tak sanggup bangkit. Tak hanya itu ternyata ada hal lain yang membuat Nabi dan makmumnya bingung, karena ada kejadian yang lebih besar selain hal tersebut yaitu saat malaikat Mikail menahan matahari dengan sayapnya agar waktu subuh menjadi melambat. Bagaimana itu bisa terjadi? Berikut penulis jelaskan kisahnya.

Harga pas di kantong, yuk pilih paket umroh Anda cuma di umroh.com!

Kisah ini bermula ketika Ali tergesa-gesa untuk mengikuti sholat berjamaah, tetapi di depannya ada seorang laki-laki bau tanah nashrani yang berjalan sangat pelan. Ali tidak ingin mendahuluinya dengan alasan sangat memuliakan lelaki bau tanah itu, karena hal itu Allah SWT memerintahkan malaikat jibril untuk menahan Rasulullah SAW dalam rukuk, agar Ali sanggup mengikuti sholat jamaah. Rasul pun sangat kagum dengan apa yang di lakukan malaikat Jibril, namun tak hanya Jibril saja yang berperan tetapi malaikat Mikail pun ikut berperan membantu dengan menahan perputaran matahari menggunakan sayapnya, sehingga waktu subuh tidak habis sampai Ali hadir untuk jamaah.

Hal ini membuat Rasul tambah terkagum-kagum dengan apa yang dilakukan, namun Rasul pun tetap memanggil dan mengkonfirmasi hal tersebut kepada Ali. Ali pun menjawabnya : “ Benar ya Rasulullah, lelaki bau tanah itu sangat pelan jalannya dan saya tidak suka untuk mendahuluinya dengan alasannya memuliakannya. Tetapi ternyata ia tidak tiba untuk sholat, untungnya engkau masih dalam keadaan rukuk, sehingga saya tidak tertinggal sholat berjamaah denganmu”.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Jawaban Ali pun membuat Rasulullah SAW tersenyum, dan kemudian bersabda  “Inilah derajat orang yang memuliakan lanjut usia, walau ia bukan seorang muslim”. Membaca cerita tersebut, tentunya kita menjadi lebih mengenal sosok Mikail bukan? Malaikat yang menjadi salah satu kepercayaan Allah SWT, yang memiliki tugas yang sangat mulia dan bermanfaat bagi umat manusia di dunia. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua yang membacanya.

Facebook Comments