1
Travel

Apa Bedanya Hotel dan Motel?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Bagi para pelancong, tempat menginap merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Tempat menginap membuat kita tahu ke mana harus berteduh dan beristirahat. Inilah yang membuat banyak hotel menjamur di sekitar lokasi wisata.

Saat mencari-cari tempat menginap, tentu kita sering menemukan hotel dan motel di daftar referensi. Keduanya terdengar sama, dan memang sama-sama memiliki fungsi sebagai tempat menginap. Namun ada perbedaan yang membuat keduanya menawarkan pengalaman berbeda dalam perjalanan kita.

‘Hotel’ Berasal dari Kata dalam Bahasa Perancis

Bicara soal hotel dan motel, keduanya merupakan tempat bagi orang yang datang ke suatu tempat untuk bermalam. Namun keduanya memiliki perbedaan, terutama di fitur-fitur yang dimilikinya.

Penyebutan ‘hotel’ dimulai sekitar tahun 1600-an. Kata tersebut berasal dari bahasa Perancis, ‘hôtel’, yang artinya adalah tempat yang menyediakan tempat menginap, makanan, hiburan, serta servis lainnya bagi para pelancong.

‘Motel’ = ‘Motor’+ ‘Hotel’

Sementara itu, ‘motel’ adalah istilah yang terbilang baru digunakan. Kata ini awalnya digunakan secara eksklusif oleh orang-orang di Amerika. Berasal dari tahun 1920-an, ‘motel’ merupakan gabungan dari ‘motor’ dan ‘hotel’.

Jalan raya atau highway di Amerika saat itu sudah sangat berkembang. Jalan tersebut menghubungkan negara-negara bagian yang ada di sana.

Banyaknya orang yang melakukan perjalanan darat membuat mereka membutuhkan tempat istirahat, mengingat jarak antar negara bagian terbilang jauh. Inilah yang menyebabkan di beberapa tempat muncul motel sebagai tempat persinggahan para pengemudi yang melakukan jalan darat.

Perbedaan dalam Hal Fasilitas

Selain perbedaan dalam arti, ‘hotel’ dan ‘motel’ juga memiliki perbedaan dalam nuansa yang dihadirkan. Hotel biasanya dibangun untuk para pelancong yang menginap dalam waktu lama.

webinar umroh.com

Sementara motel dibangun untuk orang-orang yang menginap dalam waktu singkat, sekitar 1 atau 2 malam. Karena memang fungsi awal motel adalah untuk para pengendara yang beristirahat saat melakukan perjalanan.

Karenanya, fasilitas di dalam hotel juga biasanya lebih lengkap. Banyak hotel-hotel yang menghadirkan lounge, arena olahraga atau gym, dan sarana hiburan lainnya. Sementara motel lebih sederhana, yang penting bisa digunakan untuk beristirahat dan membersihkan diri.

Perbedaan Bentuk Bangunan

Hotel biasanya memiliki lobi untuk para pengunjung yang akan menginap. Pelancong disambut di lobi untuk melakukan reservasi, atau sekedar menikmati suasana. Sementara di motel, pengunjung bisa langsung menuju ke kamar dari tempat parkir.

Perbedaan Lokasi dan Harga

Hotel juga biasanya terletak di dekat daerah-daerah wisata. sementara itu, motel lebih sering tampak di tepi-tepi jalan besar atau Jalan lintas daerah.

Dari segi harga, hotel juga biasanya lebih mahal. Namun harga yang mahal biasanya setimpal dengan kelebihan dan fasilitasnya. Hotel memberikan banyak keuntungan bagi misalnya dari segi ukuran kamar yang ditawarkan, popularitas hotel, serta lokasi yang dekat dengan daerah tujuan.

Pilih Hotel atau Motel?

Dari perbedaan tersebut, kita bisa menentukan jenis penginapan mana yang akan kita gunakan saat melakukan perjalanan. Hotel sangat disarankan jika kamu ingin merasakan suasana tempat menginap yang sama serunya dengan tempat tujuan wisata. Sedangkan jika kamu hanya membutuhkan tempat untuk mandi dan tidur, motel bisa menjadi pilihan yang tepat.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.