1
Muslim Lifestyle

Inilah Ayat Perintah Membaca Al-Quran Dan Manfaatnya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Setiap kaum muslim, sangat dianjurkan untuk senantiasa membaca Al-Quran, baik di waktu siang, maupun malam hari. Jika seorang muslim mampu membaca Al-Quran hingga khatam atau tamat, maka hal tersebut sangatlah baik sekali. Namun jika tidak mampu melakukannya, maka dianjurkan untuk membaca Al-Quran setiap harinya sepuluh ayat Al-Quran. Berikut merupakan ayat perintah yang langsung diturunkan oleh Allah SWT untuk umatNya agar selalu membaca Al-Quran serta manfaat yang didapatkan ketika membaca Al-Quran.

Baca juga : Penting! Inilah Sederet Ayat Al Quran tentang Usia

Ayat Perintah Membaca Al-Quran

  • Allah SWT berfirman : “Orang-orang yang telah kami berikan Al Kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya, mereka itu beriman kepadanya, dan barangsiapa yang ingkar kepadanya, maka mereka itulah orang-orang yang rugi.” (QS. Al-Baqarah : 212)
  • Allah SWT berfirman : “Hai orang-orang yang berselimut (Muhammad), bangunlah (untuk sembahyang) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya), (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit, atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Al-Quran itu dengan perlahan-lahan.” (QS. Al-Muzzammil : 1-4)
  • Allah SWT berfirman : “Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari keji dan mungkar. Dan sungguh mengingat Allah lebih besar. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Ankabut : 45)
  • Allah SWT berfirman : “Karena itu bacalah apa yang mudah dari Al-Quran.” (QS. Al-Muzzammil : 200
  • Allah SWT berfirman : “Sesungguhnya atas tanggungan Kamilah mengumpulkannya dan membacanya. Jika kami telah selesai membaca maka ikutilah bacaannya itu.” (Al Qiyamah : 17-18)
  • Allah SWT berfirman : “Sesungguhnya orang-orang yang diberi pengetahuan sebelumnya apabila Al-Quran dibacakan kepada mereka, niscaya mereka tersungkut atas muka sambil bersujud.” (QS. Al Isra’ : 107)
  • Allah SWT berfirman : “Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al-Quran. Kalua sekiranya itu bukan dari sisi llah, tentulah mereka mendapati pertentangan yang banyak di dalamnya.” (QS. An Nisa’ ; 82)

Temukan ratusan paket umroh dari >30 travel umroh terpercaya izin Kemenag dan tersedia keberangkatan di >50 kota hanya di marketplace Umroh.com. Transaksi Aman, Ibadah Nyaman di Umroh.com.

Manfaat Membaca Al-Quran

Inilah manfaat yang didapatkan ketika membaca Al-Quran setiap harinya serta keajaiban Al-Quran.

1. Mendapatkan pahala dan kebaikan

Ketika seorang muslim membaca Al-Quran maka orang tersebut akan menjadikan suasana sekitarnya menjadi lebih damai, tenang dan penuh keberkahan. Maka dari itu seorang muslim yang membaca Al-Quran maka akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dan kebaikan dari Allah SWT sebagai umat yang shalih.

2. Menaikkan derajat

Umroh.com merangkum, ketika seorang muslim membaca Al-Quran maka hal tersebut dapat membuat orang yang membaca Al-Quran semakin bercahaya dan penuh dengan kewibawaan. Kondisi inilah yang dapat membuat seorang menjadi lebih disayangi, dihormati dan dihargai banyak orang.

3. Memperoleh rahmat dan lindungan oleh malaikat

Membaca Al-Quran dengan menggunakan hati yang tenang dan sabar tetnu akan mendatangkan rahmat dari Allah SWT serta mendapatkan perlindungan dari para malaikat agar terhindar dari segala kejahatan yang terlihat maupun tidak terlihat.

4. Memberikan syafaat pada hari kiamat

Membaca Al-Quran juga dapat mendatangkan kebaikan dan kemulian yang seorang muslim itu sendiri tidak dapat membayangkannya, bahkan juga dapat memberikan syafaat pada hari kiamat nanti dengan kemuliaan yang sangat besar.

5. Memiliki perilaku yang mulia

Ketika seorang muslim membaca Al-Quran dan memahaminya, lalu membacanya dengan kondisi tenang dan rasa bahagia, maka dapat merubah seorang yang semulanya tidak berperilaku dengan baik maka akan menjadi lebih baik, karena orang tersebut mengetahui bahwa apa saja yang tidak boleh dilakukan oleh seorang muslim.

webinar umroh.com

Tak hanya menjadi tamu Allah, umroh juga melancarkan rezeki Anda. Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

6. Membuat hati lebih tenang dan tentram

pengertian aqidah

Membaca Al-Quran juga dapat menenangkan pikiran dan batin serta dapat pula menjadikan rasa cinta terhadap Allah SWT, terhadap semua nabi dan rasul serta para malaikat, dan cinta tersebut akan semakin kuat setiap harinya, jika orang tersebut membaca Al-Quran dan memahami isi dari Al-Quran.

7. Agar selamat dunia dan akhirat

Rajin membaca Al-Quran dengan hati yang tenang dan ikhals dapat menyelamatkan diri dari kejahatan yang terlihat dan tidak terlihat serta dijauhkan dari kesengsaraan selama hidup di dunia dan di akhirat nanti. Semua itu sebagai bentuk dari wujud perlindungan yang Allah SWT berikan kepada umatNya, karena telah memenuhi segala perintahNya salah satunya dengan membaca Al-Quran.

8. Obat penyembuh dari berbagai penyakit

Seorang muslim yang rajin dalam kehidupan sehari-harinya dan orang tersebut rajin juga rajin dalam membaca Al-Quran, maka Allah SWT akan melindunginya dari segala penyakit yang ada.

9. Dapat menyembuhkan penyakit hati

Membaca Al-Quran dengan penuh keikhlasan dan dengan hati yang tenang pula, maka dapat menghalau dan menyembuhkan penyakit hati seperti iri hati, dengkim dan senang membicarakn keburukan orang lain, serta dendam.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

10. Memberikan kenikmatan pada kedua orangtua dihari kiamat

Setiap seorang anak muslim yang taat kepada perintah Allah SWT dengan membiasakan diri membaca Al-Quran semata-mata karena kecintaannya terhadap Allah SWT dan kedua orang tuanya maka Allah SWT akan melindungi kedua orang tuanya dan memberikan kenikmatan berupa mahkota pada kepada mereka sebagai tanda keberkahan karena telah memiliki anak yang shalih dan shalihah.