1
Muslim Lifestyle

Yuk Amalkan! Ini Manfaat Ayat Kursi

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Ada satu ayat di Al – Quran merupakan ayat yang agung. Terkenalnya dengan nama ayat kursi. Masyarakat sering membacanya agar diberi perlindungan dan solusi masalah karena terdapat manfaat ayat kursi yang belum banyak diketahui umat muslim. Benarkah demikian? Manfaat ayat kursi telah dirangkum umroh.com pada artikel kali ini :

Baca juga : Inilah Hadist Sholat Berjamaah, Rugi Jika Ditinggalkan!

Keistimewaan Ayat Kursi

Rasulullah menjelaskan bahwa ayat kursi menjadi bagian penting di dalam Al Quran. Beliau bersabda, “Sesungguhnya segala sesuatu pasti memiliki punuk, dan punuknya Al Quran adalah surat Al Baqarah yang di dalamnya terdapat penghulu dari ayat-ayat suci al quran. Ayat tersebut adalah ayat kursi.” (HR.Tirmidzi)

Bacaan Ayat Kursi adalah:

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Allaahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardl, man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardl walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak atau boleh disembah), melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Yang tidak mengantuk dan tidak juga tertidur. Kepunyaan-Nya adalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya. Sesungguhnya Allah maha mengetahui apa yang ada di hadapan mereka dan di belakang mereka. Dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha tinggi lagi Maha Besar.”

Alasan Diberi Nama Ayat Kursi

ayat al quran tentang usia

Surat Al Baqarah ayat 255 disebut ayat kursi karena di dalamnya terdapat kata “kursiyyuhu” (كُرْسِيُّهُ). Menurut para ulama, maknanya adalah Al ‘Ilmu (ilmu Allah yang Maha Mengetahui), atau bisa jadi bermakna keagungan Allah, kerajaan dan kekuasaan Allah, atau arsy. Hal tersebut menunjukkan bahwa ayat kursi memang melukiskan kekuasaan Allah yang Maha Besar.

webinar umroh.com

Allah Dzat yang kekal, yang selalu mengurus makhluk-Nya tanpa mengantuk dan tanpa tidur. Allah juga yang memiliki langit dan bumi, memberi syafaat pada makhluk-Nya, serta Maha Mengetahui.

Manfaat Ayat Kursi

1. Mendapat Penjagaan dari Allah

Jika seseorang membaca ayat kursi sebelum tidur, ia akan dijaga Allah dari gangguan hingga pagi tiba. Rasulullah bersabda, “Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi” (HR.Bukhari).

Umroh.com merangkum, tidur adalah kondisi dimana manusia tidak lagi memiliki kendali terhadap kesadaran dan tubuhnya. Setan bisa saja mengganggu dengan berbagai cara. Karena itu membiasakan diri membacanya sebelum tidur akan membuat kita mendapat manfaat ayat kursi.

Selain menjadi tamu Allah, umroh juga melancarkan rezeki Anda. Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

Bukan hanya sebelum tidur, banyak orang yang membaca ayat kursi agar mendapat penjagaan Allah di manapun ia berada. Baik ketika di rumah, maupun saat dalam perjalanan. Dengan membaca ayat kursi, Allah akan menurunkan malaikat-Nya untuk menjaga kita dari berbagai gangguan. Mulai dari menjaga kita dari gangguan setan, musibah, dan keburukan lainnya.

2. Dimudahkan Masuk Surga

Orang beriman mana yang tidak ingin masuk surga? Rasulullah pun mengajarkan kepada kita salah satu langkah sederhana agar mampu meraih surga. Beliau bersabda, “Barangsiapa yang membaca ayat kursi setelah selesai shalat, maka tidak akan ada yang menghalanginya masuk ke surga kecuali kematian.” (HR.An Nasai).

Dengan demikian, kebiasaan sederhana yakni membaca ayat kursi setelah shalat fardhu akan membuat kita mendapat jaminan surga dari Allah. Tidak ada ruginya mengamalkan kebiasaan ini.

3. Membuka Kesulitan dan Menghilangkan Kesedihan

Jika dibaca dengan penuh penghayatan, kita akan mendapat manfaat ayat kursi berupa hilangnya kesulitan dan kesedihan. Rasulullah bersabda, “Ayat kursi merupakan ayat yang diberkahi, tidak ada yang membukakan kesulitan, menyingkirkan bencana dan menghilangkan kesedihan lebih cepat daripada ayat kursi.“ (HR.Imam Abu hamid Bin Muhammad Al Gozhali).

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

4. Mendapat Pemahaman Ilmu

Seseorang yang sering membaca ayat kursi, menghayati, dan mengamalkannya akan Allah mudahkan untuk paham terhadap ilmu, terutama agama. Para ulama menjelaskan bahwa dengan amalan tersebut, seseorang akan dekat kepada Allah, sehingga Allah akan membantunya melihat hal-hal yang tidak dilihat oleh orang lain. Dalam hal ini, maksudnya adalah pemahaman terhadap ilmu agama, maupun kemampuan untuk memecahkan suatu permasalahan. Baik yang sesuai logika, maupun di luar nalar.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.