1
Muslim Lifestyle

Berikut Ini Waktu Membaca Ayat Kursi yang Tepat

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Sebagai manusia, hendaknya kita selalu berdzikir dan mendekatkan diri kepada Allah. Ada lafal-lafal thoyyibah untuk dijadikan dzikir. Ada juga ayat Al Quran yang bisa digunakan sebagai dzikir. Salah satunya adalah ayat kursi. Tidak hanya memahami makna di dalamnya, terdapat pula waktu membaca ayat kursi yang mungkin belum diketahui banyak orang khususnya umat muslim.

Para ulama bersepakat bahwa tidak ada larangan mengutamakan sebagian dari isi Al Quran. Maksud dari keagungan ayat kursi adalah ketika membacanya, maka seseorang akan memperoleh pahala yang sangat besar.

Baca juga : 6 Cara Tidur Nabi Muhammad yang Patut Ditiru

Peristiwa Turunnya Ayat Kursi

Ayat kursi tercantum pada surat Al Baqarah ayat 255.

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar“

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah!Yuk download sekarang juga!

tata cara sholat jenazah (source shutterstock)

Keistimewaan ayat kursi tampak dari kisah turunnya. Para ulama menjelaskan, ayat kursi turun dengan perantara malaikat Jibril dan diiringi oleh 70 ribu malaikat. Saat itu langit, bumi, dan semesta alam menyambutnya dengan penuh hormat. Bahkan riwayat lain menyebutkan bahwa saat itu sempat terjadi gempa di penjuru bumi, serta bunyi gemuruh yang dahsyat. Setan dan iblis pun lari ketakutan.

Rasulullah menyebut ayat kursi sebagai ayat paling agung. Dari Ubay bin Ka’ab, ia berkata bahwa Rasulullah pernah bertanya, “Wahai Abul Mundzir, ayat apa dari kitab Allah yang ada bersamamu yang paling agung?”

webinar umroh.com

Ia menjawab, “Allahu laa ilaha illa huwal hayyul qayyum.” Lalu beliau memukul dada Ubay dan berkata, “Semoga engkau mudah memperoleh ilmu, wahai Abu Mundzir.” (HR.Muslim).

Melebihi Langit dan Bumi

Umroh.com merangkum, keagungan ayat kursi bahkan melebihi langit dan bumi. Rasulullah bersabda, “Tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya Ayat Kursi (karena di dalam ayat tersebut telah mencakup Nama dan Sifat Allah)”. Sufyan ats-Tsauri berkata, “Sebab ayat kursi merupakan (salah satu) kalamullah (perkataan Allah), sedangkan kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah yang berupa langit dan bumi” (HR.Tirmidzi).

Imam Nawawi menjelaskan alasan ayat kursi menjadi ayat yang agung. Di dalam ayat kursi, terdapat nama-nama dan sifat Allah yang penting. Di ayat kursi tercantum sifat ilahiyah, keesaan, sifat hidup, sifat ilmu, sifat kerajaan, kekuasaan, dan kehendak dari Allah. Sifat dan nama yang disebut di dalam ayat kursi merupakan sifat dasar Allah yang mulia.

Tak hanya jadi tamu Allah, Umroh juga mempermudah rezeki Anda. Yuk temukan paket umroh di umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

Waktu Tepat Membaca Ayat Kursi

Pada dasarnya, kita boleh melantunkan ayat kursi kapanpun. Mengingat ayat tersebut memiliki nama dan sifat Allah yang agung. Banyak orang melantunkannya dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah, atau memohon pertolongan Allah. Rasulullah mengajarkan tiga waktu tepat membaca ayat kursi. Berikut adalah waktu yang disarankan untuk membaca ayat kursi yang agung itu.

1. Di Pagi dan Petang

Allah akan melindungi siapa saja yang membaca surat ayat kursi di pagi dan petang. dari Ubay bin Ka’ab, Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga pagi. Siapa yang membacanya ketika pagi, maka ia akan dilindungi hingga petang.” (HR.Al Hakim).

2. Sebelum Tidur

Rasulullah bersabda, “Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi” (HR.Bukhari).

Melihat keutamaan membaca ayat kursi sebelum tidur tersebut, hendaknya kita selalu mengamalkannya. Kebiasaan membaca ayat kursi sebelum tidur sejatinya tidak sulit dilaksanakan. Kebiasaan sederhana ini akan membuat Allah melindungi kita dari gangguan setan saat tidur.

niat sholat jamak

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

3. Setelah Sholat Fardhu

Jika ingin mendapatkan surga, sebaiknya kita tidak melewatkan membaca ayat kursi setelah sholat wajib lima waktu. Dari Abu Umamah ra, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Siapa membaca ayat Kursi setiap selesai sholat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian” (HR.An Nasai).

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.