1
Muslim Lifestyle

Tenang! Ini Bunyi 15 Ayat tentang Jodoh di Al Quran

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Allah telah menentukan pasangan kepada setiap makhluk ciptaanNya. Karena itu, Allah memberikan penjelasannya melalui ayat tentang jodoh di dalam Al Quran. 

Dengan kasih sayangNya, Allah memberi panduan kepada hambaNya untuk memahami salah satu misteri, yaitu jodoh. Ayat-ayat tentang jodoh di Al Quran membantu kita untuk memahami hakikat jodoh, serta memilih jodoh yang baik sebagai pasangan.

15 Ayat tentang Jodoh di Al Quran

1. Orang Baik untuk Orang Baik

Umroh.com merangkum, Allah telah berjanji untuk mempertemukan wanita yang baik dengan laki-laki yang baik. Begitu pun sebaliknya. Allah berfirman, “Wanita wanita yang keji adalah untuk laki laki yang keji, dan laki laki yang keji adalah untuk wanita wanita yang keji pula. Dan wanita wanita yang baik adalah untuk laki laki yang baik dan laki laki yang baik adalah untuk wanita wanita yang baik pula”. (QS.An Nur: 26).

Baca juga: Ini Tujuan Taaruf yang Perlu Anda Ketahui

2. Orang yang Buruk akan Berjodoh dengan Orang yang Buruk

Mereka yang berakhlaq buruk juga akan dipertemukan dengan jodoh yang buruk. Sebagaimana firman Allah, “Laki-laki yang berzina tidak mengawini melainkan perempuan yang berzina atau perempuan yang musyrik, dan perempuan yang berzina tidak dikawini melainkan oleh laki-laki yang berzina atau laki-laki musyrik, dan yang demikian itu diharamkan atas orang orang yang mukmin”. (QS.An Nur: 3)

ayat tentang jodoh

3. Dihalalkan Menikah dengan Wanita yang Menjaga Kehormatan

Allah menganjurkan atau membolehkan kita menikahi wanita yang menjaga kehormatan dirinya. Allah berfirman, “Dan dihalalkan mengawini wanita yang menjaga kehormatan diantara wanita wanita yang beriman dan wanita wanita yang menjaga kehormatan di antara orang orang yang diberi Al Kitab sebelum kamu, bila kamu telah membayar mas kawin mereka dengan maksud menikahinya tidak dengan maksud berzina”. (QS.Al Maidah: 5).

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

4. Larangan Menikah dengan Wanita Musyrik

Menikah sejatinya adalah ibadah. Karena itu, Allah melarang hambaNya untuk menikah dengan wanita musyrik.

“Dan janganlah kamu menikahi wanita wanita musyrik sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik walaupun dia lebih menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan ijinNya”. (QS.Al Baqarah: 221).

webinar umroh.com

5. Allah Akan Memberi Kemampuan Bagi yang Ingin Menikah

Sebagian orang ragu untuk menikah karena menghitung kemampuan diri sendiri. Padahal Allah akan memampukan (memberi rizki) mereka yang berniat untuk menikah. Sebagaimana janjiNya dalam Al Quran.

“Dan nikahilah orang yang masih membujang di antara kamu dan juga orang orang yang layak menikah dari hamba hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Allah akan memberikan kemampuan pada mereka dengan karunia Nya dan Allah maha luas pemberian Nya”. (QS.An Nur: 32).

6. Jodoh atau Pasangan adalah Penentram Hati

Allah menciptakan jodoh atau pasangan sebagai penentram hati. Inilah salah satu tanda kekuasaan Allah.

“Dan di antara tanda tanda kekuasaanNya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan dijadikanNya diantaramu rasa kasih dan sayang”. (QS.Ar Rum: 21).

7. Doa Agar Dikaruniai Pasangan dan Keturunan

Tim Umroh.com memaparkan, jodoh dan keturunan adalah misteri yang ada dalam genggaman Allah. Sebagai makhluk, kita dianjurkan untuk berdoa dan memohon. Allah memberi petunjuk cara berdoa agar dikaruniai pasangan dan keturunan.

“Dan orang-orang yang berkata: Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati kami dan jadikanlah kami imam bagi orang orang yang bertaqwa”. (QS.Al Furqan: 74).

Tak hanya menjadi tamu Allah, umroh juga melancarkan rezeki Anda. Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

8. Allah Memberikan Istri dan Keturunan kepada Para Rasul

Para Rasul juga diberikan istri dan keturunan oleh Allah. Jadi, anjuran menikah diberlakukan bagi semua manusia.

“Dan sesungguhnya Kami telah mengutus rasul rasul sebelum kamu dan Kami memberikan kepada mereka istri-istri dan keturunan”. (QS.Ar Rad: 38).

9. Semua Diciptakan Berpasangan

Allah menciptakan makhluk berpasangan. Allah berfirman, “Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah”. (QS.Az Dzariyat: 49). 

10. Anjuran untuk Bertaqwa dan Mencintai karena Allah

Allah memerintah manusia untuk bertaqwa. Dia yang telah menciptakan makhluk beserta pasangannya. Karena itu kita diperintahkan untuk mencintai karena Allah.

“Hai sekalian manusia bertaqwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri dan dari padanya Allah menciptakan istrinya, dan dari pada keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertaqwalah kepada Allah yang dengan mempergunakan nama Nya kamu saling mencinta satu sama lain”. (QS.An Nisa: 1).

ayat tentang jodoh

11. Kasih Sayang Berasal dari Allah

Kasih sayang yang ada di dalam hati setiap manusia sejatinya berasal dari Allah. Alah berfirman, “Dan Aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dari-Ku, dan supaya kamu diasuh di bawah pengawasan-Ku”. (QS.At Thaahaa: 39).

12. Rasa Suka kepada Lawan Jenis Merupakan Fitrah Manusia

Manusia adalah makhluk yang diciptakan dengan perasaan kagum kepada lawan jenisnya. “Dijadikan indah bagi manusia kesukaan kepada benda benda yang diingini, yaitu perempuan-perempuan”. (QS.Ali Imran: 14).

13. Doa Jodoh Segera Datang

Salah satu doa jodoh agar cepat hadir tercantum dalam surat Al Anbiya ayat 89. “Ya Tuhanku, janganlah Engkau membiarkan aku seorang diri, Engkaulah ahli waris yang paling baik”. 

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

14. Allah Menciptakan Makhluk secara Berpasangan

Semua makhluk di bumi diciptakan berpasangan. Allah berfirman, “Maha suci Tuhan yang telah menciptakan makhluk makhluk semuanya berpasangan baik apa yang ditumbuhkan oleh bumi, atau dari diri mereka, ataupun dari apa yang mereka mengetahuinya”. (QS.Yasin: 36).

15. Allah Menciptakan Pria dan Wanita sebagai Pasangan

Pria dan wanita bisa berpasangan karena kehendakNya. Allah berfirman, “Dan bahwasanya Dialah yang menciptakan berpasang pasangan pria dan wanita”. (QS.An Najm: 45).

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.