1
Motivasi Muslim Lifestyle Parenting

Bagaimana Mengajari Anak Cara Menghormati Orang Tua?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Hal yang paling penting adalah bagi orang tua untuk berupaya mengembangkan hubungan dengan anak yang didasarkan pada cinta, rasa hormat, harapan yang jelas, dan kesenangan.

Semua ini harus ditenun dengan cinta kepada Allah (SWT). Bantu anak untuk memahami melalui tindakan Anda dan suami Anda bahwa Allah (SWT) adalah pusat terpenting bagi kita dalam kehidupan kita. Dia memberi kita hidup dan pada akhirnya kita akan kembali kepada-Nya.

Namun, bagaimana Anda melakukannya?. Yang perlu orang tua hindari adalah berkhotbah dan memberi kuliah karena ini akan membuatnya ingin “melarikan diri” ke opsi yang lebih mudah. Yang perlu Anda lakukan adalah menjadikan segala sesuatu menjadi bagian alami dari kehidupan sehari-hari Anda. Jadi Anda bangun di pagi hari, ucapkan do’a (permohonan) untuk bangun tidur.

Pergi dan sarapan, buat menyenangkan untuk melihat siapa yang akan mengingatkan yang lain untuk mengatakan do’a mereka. Sertakan dia dalam membantu merapikan. Dengan hanya menambahkan do’a ke aktivitas sehari-hari, Anda akan membantunya memahami hubungan yang ia butuhkan dengan Allah.

Habiskan waktu bermain dengannya dan nikmati waktu bersama Anda. Belajar melalui mata dan imajinasinya dengan cara yang sama seperti dia akan belajar dari bimbingan penuh kasih Anda. Namun, ketika tiba waktunya untuk sholat, berhentilah dan sholat, “karena kita harus selalu mengutamakan Allah”.

Jika pada awalnya, dia tidak mau, maka biarkan dia duduk dan menonton dengan Anda, dan perlahan-lahan dorong dia untuk bergabung. Lakukan zikir, dan biarkan dia menghitung di tangan Anda atau gunakan tasbi’h Anda untuk membantu menghitung. Buat do’a bersama untuk hal-hal yang Anda inginkan. Dengan melakukan itu, Anda terus memupuk hubungan cinta dengan dia tetapi satu berpusat pada Allah.

Selama bulan Ramadhan, bawalah dia ke masjid bersamamu, bacakan Al-Quran kepadanya sebelum dia tidur, bawalah dia untuk pergi dan berikan amal atau bantuan denganmu di pusat atau tempat penampungan setempat. Semua kegiatan ini akan membantu memusatkan dirinya dan identitasnya. Saat dia melihat interaksi Anda dengan orang yang lebih tua dari Anda, dia akan mengetahui bahwa orang tua adalah harta, dan kami memperlakukan mereka dengan hormat bahkan jika kami tidak selalu setuju dengan apa yang mereka katakan atau lakukan.

Buatlah beberapa kisah yang Anda baca tentang Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya. Bahkan jika mereka tidak ditujukan untuk anak-anak, Anda dapat membaca dan mengubah bahasa saat Anda membaca untuk membantunya memahami dan belajar.

webinar umroh.com

Akan ada banyak percakapan alami yang akan terjadi dan akan membantunya untuk melihat dan memahami apa yang Anda ingin dia lakukan.

Pantau apa yang dia tonton, dan permainan yang dia mainkan. Banyak orang tua hanya membiarkan anak-anak mereka menonton apa yang dipasarkan sebagai “pertunjukan anak-anak”, bahkan beberapa program di saluran seperti Disney bertentangan dengan sistem kepercayaan yang kita miliki- penggambaran mereka tentang perempuan, sikap laki-laki terhadap perempuan, apa yang dilakukan anak / remaja harus atau tidak boleh melakukan dll. Mudah-mudahan Anda tidak memiliki TV di kamarnya, dan jadi jika dia menonton TV di ruang tamu Anda, dan Anda akan tahu kontennya.

Media memainkan peran penting dalam menumbuhkan sikap pada anak-anak kita. Pada saat yang sama, jika Anda memilikinya tidak mengambil semuanya, temukan beberapa hal yang baik-baik saja, dan tontonlah dengannya. Dengan cara itu, ketika Anda tidak bisa berada di sana bersamanya, ia akan tahu acara / situs Internet mana yang ia bisa atau tidak bisa kunjungi.

Bantu dia untuk menemukan suaranya, dan ajarkan dia beberapa cara yang dia bisa dengan penuh respek mempertanyakan dan menemukan suaranya sendiri karena ini akan memberdayakan dia dalam percakapan dengan orang tua. Jika dia mengizinkan kebebasan total, dan tidak ada pedoman yang bertentangan dengan apa yang mungkin dia miliki di rumah, jangan merasa seperti Anda menjadi sandera terhadap hal itu. Terus memiliki panduan dan harapan yang jelas, tindakan memiliki konsekuensi, selalu mengutamakan Allah tetapi menyeimbangkannya dengan kesenangan dan banyak cinta.

Anak-anak secara intuitif membutuhkan dan menginginkan pedoman dan batas yang jelas itu bahkan ketika mereka memberontak terhadapnya. Jelaskan kepadanya bahwa hanya ketika seseorang mencintai mereka maka mereka akan memperbaikinya, dan mencoba membantu mereka menjadi lebih baik karena Anda tidak akan selalu ada dan kadang-kadang dia perlu membuat pilihan. Anda ingin dia membuat pilihan terbaik yang dia bisa sehingga dia bisa sukses.