play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Motivasi

Hikmah Investasi Akhirat dengan Pembangunan Masjid

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Bagi setiap muslim, tentu sudah tidak asing lagi mendengar kata masjid, masjid adalah bentuk dari sebuah bangunan yang dibangun untuk dijadikan tempat beribadah bagi para umat muslim di dunia ini, masjid juga menjadi tempat yang suci. Kehidupan di dunia ini hanyalah sementara, oleh sebab itu kita semua diharapkan dapat melakukan hal yang baik selama masa hidup di bumi ini. Berikut akan dijelaskan soal investasi akhirat dengan pembangunan masjid, apa hikmah dan manfaatnya?

Umroh.com merangkum, bagi seorang muslim tentu sepatutnya beriman kepada surga dan neraka, mempersiapkan bekal untuk memberatkan timbangan mengenai amal kebaikan selama ada di bumi, demi meraih kebahagian hakiki dan abadi.

Nabi Muhammad SAW juga telah mengingatkan hal tersebut melalui hadits nya “Orang yang pandai itu ialah, orang yang mampu mengevaluasi dirinya dan beramal (mencurahkan semua potensi) untuk kepentingan setelah mati. Sedangkan orang yang lemah ialah, orang yang mengikuti hawa nafsunya kemudian berangan-angan kosong kepada Allah.” (HR. Tirmidzi).

Baca juga: Masjid Istiqlal, Masjid Terbesar se-Asia Tenggara

Pengertian Masjid 

Umroh.com merangkum, masjid secara Bahasa adalah tempat untuk bersujud, adapun secara syar’i masjid adalah tempat yang dipersiapkan untuk digunakan shalat lima waktu secara berjamaah oleh kaum muslimin. Masjid pun memiliki arti yang lebih luas dari itu. Karenanya, tempat yang dijadikan oleh seseorang di rumahnya untuk melaksanakan shalat sunnah atau shalat wajib karena orang tersebut tidak mampu untuk shalat di masjid, yang orang-orang mendirikan shalat berjamaah di dalamnya, dinamakan masjid pula.

Manfaat investasi akhirat dengan membantu pembangunan masjid

1. Investasi pahala dengan membangun masjid

Bagi seorang muslim, diharapkan dapat membangun sebuah masjid, karena hal tersebut merupakan sebaik-baiknya perbekalan dia kelak diakhirat. Tempat dimana terpancarnya syiar Islam dan iman, tempat dimana berkumpulnya bagi kaum muslimin yang sedang melakukan shalat berjama’ah, tempat yang suci dan mengagungkkan nama Allah dalam sujud dan ruku’, masjid juga merupakan madrasah bagi kaum muslimin; dengan berisikan sebuah majelis-majelis yang mempelajari ilmunya lebih dalam kepada masyarakat. 

Membangun masjid bukan hanya bagi orang yang mampu dalam materi saja, tetapi orang yang tidak mampu pun dapat membantu membangun masjid dengan cara memberikan tenaganya untuk membangun masjid, alangkah besar pahala orang-orang yang turut andil dalam membangun masjid tersebut. Orang tersebut akan dicatat oleh Allah SWT sebagai bentuk dari sedekah jariyah, yang pahalanya akan terus mengalir, meski orang tersebut telah meninggal dunia atau sudah di alam kubur.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Nabi Muhammad SAW pun memberikan sebuah kabar yang gembira kepada para investasi masjid “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya keculi tiga perkara (yaitu) sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan do’a anak sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) Dalam hadits lain juga disinggung lebih spesifik lagi. Dimana Nabi Muhammad SAW mengatakan “Sesungguhnya di antara amalan dan kebaikan seorang mukmin yang akan menemuinya setelah kematiannya adalah ; ilmu yang diajarkan dan disebarkannya, anak shalih yang ditinggalkannya, mush-haf Al-Quran yang diwariskannya, masjid yang dibangunnya, rumah untuk ibnu sabil yang dibangunnya, sungai (air) yang dialirkannya untuk umum, atau shadaqah yang dikeluarkannya dari hartanya diwaktu sehat dan semasa hidupnya, semua ini akan menemuinya setelah dia meninggal dunia.” (HR. Ibnu Majah dan Baihaqi)

2. Amalan yang dicintai Allah

Masjid merupakan tempat yang paling dicintai oleh Allah SWT, karena masjid merupakan tempat yang suci. hal tersebut disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW melalui sabdanya “Tempat yang paling dicintai oleh Allah adalah masjid, dan tempat paling dibenci Allah adalah pasar.” (HR. Muslim)

3. Tanda iman dan khosyah

Allah SWT juga menjadikan perbuatan membangun masjid sebagai bentuk dari sebuah tanda keimananya kepada-Nya. Allah SWT berfirman “Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. At Taubah:18).

Harga pas di kantong, yuk pilih paket umroh Anda cuma di umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

4. Dibangunkan untuknya Surga

Barang siapa yang membangun masjid dengan penuh keikhlasan pada dirinya maka Allah SWT telah menjamin bahwa orang tersebut akan dibangunkan surga untuknya nanti di akhirat, Nabi Muhammad SAW bersabda “Barangsiapa yang membangun masjid (karena mengharapkan wajah Allah) maka Allah akan membangunkan bangunan yang semisalnya surga.” (HR. Bukhari dan Muslim). 

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Bila membangun rumah saja di dunia ini butuh dana ratusan juga bahkan milyaran juta. Memakan waktu berbulan-bulan dan itu hanya digunakan untuk waktu yang sementara karena kita di dunia ini hanyalah sementara. Maka mendapatkan rumah di surga, yang tak terbayangkan mewahnya dan nikmat didalamnya, maka anda hanya cukup ikut andil dalam membangun masjid di dunia ini.

Begitulah manfaat investasi diakhirat kelak dengan membangun sebuah masjid, semoga kita semua dapat membangun investasi akhirat melalui pembangunan masjid.

Facebook Comments