1
Muslim Lifestyle

Wajib Tahu! Ini Bedanya Astagfirullah dan Astagfirullahadim

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Masih sedikit otang yang tahu mengenai bedanya Astagfirullah dan Astagfirullahadim. Bagi setiap umat muslim mengucapkan istighfar sangatlah penting bagi kehidupan sehari-hari, selain sebagai penyejuk mengucapkan istighfar juga bisa membuat kita semakin dekat dengan Allah SWT dan selalu mengingat Allah SWT. Tetapi banyak dari kita yang tidak mengetahui apa saja perbedaan yang terjadi pada pengucapan astagfirullah dengan astagfirullahadzim, mungkin bagi kita kalimat tesebut sama, tetapi dalam artinya tentu berbeda. Berikut ini bedanya astagfirullah dan astagfirullahadzim yang belum banyak orang tahu.

Baca juga : Keistimewaan Aqidah Islam Ini Tak Terbantahkan

Perbedaan Astagfirullah dan Astagfirullahadzim

Dalam kalimat latin astagfirullah dan astagfirulladzim tentunya berbeda hal tersebut terletak dari kalimat “Al-Adzim” kalimat Al-adzim adalah na’at atau sifat dari kalimat Allah yang memiliki arti yang maha agung. Perbedaan yang paling signifikan adalah Astagfirullah langusng menyebut nama Allah sedangkan untuk Astagfirullahadzim menyebut Allah dengan sifat yang Maha Agung.

berikut merupakan perbedaan arti dari kalimat Astagfirullah ini artinya “Aku mohon ampun kepada Allah” sedangkan untuk Astagfirullahadzim ini artinya “Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung”

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang di sini!

Hadits perintah memperbanyak istighfar

1. Hadist Pertama

dari Abu Hurairah R.A ia mendengar Nabi Muhammad SAW bersabda : “Demi Allah, aku sangat beristighfar pada Allah dan bertaubat pada-Nya dalam sehari lebih dari 70 kali.” (HR. Bukhari)

2. Hadist Kedua

Dari Al Aghorr Al Muzanni yang merupakan sahabat Nabi Muhammad SAW bersabda “Ketika hatiku malas, aku beristighfar pada Allah dalam sehari selama setiap kali.” (HR. Muslim)

3. Hadist Ketiga

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Setiap penyakit itu ada obatnya dan obat-obatnya dosa adalah istighfar atau meminta ampunan.” (HR. Imam Ad-Dailami)

macam-macam hidayah

4. Hadits Keempat

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Setiap sesuatu itu ada perhiasannya dan perhiasan dosa-dosa adalah istighfar atau meminta ampunan.”

webinar umroh.com

5. Hadist Kelima

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Tidak ada dosa yang menumpuk bagi orang yang meminta ampunan meskipun ia mengulanginya dalam sehari tujuh kali.” (HR. Imam Abu Daud)

Tak hanya lancarkan rezeki, umroh juga menjadikan Anda tamu istimewa Allah. Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

Manfaat istighfar

1. Ketika Sedang Lemah, maka akan Dikuatkan

Sebagai manusia biasa tentunya kita tidak akan pernah sempurna, dan selalu saja berbuat dosa, manusia juga makhluk tempat salah, lupa bahkan memiliki nafsu yang bisa membawa manusia tersebut menjadi senang, sedih dan sebagainya. Setiap manusia juga tentunya memiliki kisah hidupnya masing-masing, tergantung bagaimana manusia tersebut menyikapi suatu masalah dan ujian yang datang kepadanya.

Ketika masalah datang menghampirinya tentu manusia tersebut akan merasakan lemah dan lelah dengan kondisi yang dianggap kurang berpihak kepadanya. tetapi yang perlu kita ketahui bahwa setiap masalah yang datang tentunya akan sesuai dengan kemampuan kita masing-masing. Saat berbagai masalah atau ujian terasa berat, maka perbanyaklah meminta ampun kepada Allah SWT dan perbanyaklah mengucap istighfar, karena setiap masalah itu bisa menjadikan kita lebih dewasa dan mengantarkan kita pada kenaikan derajat dihadapan Allah SWT, oleh sebab itu kita harus ikhlas dan sabar dalam menghadapi segala cobaan di dunia ini.

Umroh.com merangkum, dengan memperbanyak istighfar, maka segala kelemahan kita akan terangkat dan segala beban yang kita hadapi akan ringan, dan semuanya akan tergantikan dengan rasa kuat. Serta kita akan selalu berpikir positif bahwa Allah SWT selalu dekat dengan hamba-Nya, karena Allah tidak akan pernah memberi suatu beban pada hambaNya melebihi kemampuan hambaNya tersebut. Bedanya Astagfirullah dan Astagfirullahadim masih belum banyak orang tahu akan hal ini.

2. Ketika Sakit, maka akan Disembuhkan

Segala sesuatunya yanga ada di dunia ini baik di langit atau di bumi adalah mutlak kuasa Allah SWT. Tidak ada yang bisa menandingi segala sesuatu yang Allah miliki. Baik itu hidup, mati, rejeki, jodoh seseorang ada dalam gengamanNya Allah SWT. Begitu pula dengan kesehatan dan sakit bagi seseorang. Ketika seseorang hamba merasakan sakit yang luar biasa, maka mintalah kesembuhan kepada Allah SWT, tentunya dengan memohon dan berikhtiar dengan kesembuhannya seperti pergi kedokter atau keahlinya. Saat seseorang sedang dalam kondisi sakit, maka perbanyaklah mengucapkan kalimat istighfar agar Allah SWT segera mengangkat segala penyakitnya sekaligus dosa yang ada pada dirinya tersebut. Bedanya astagfirullah dan astagfirullahadzim bisa memnyebuhkan rasa sakit secara tidak langsung.

3. Diberi Kenikmatan yang Baik Terus Menerus

hukum sujud sahwi

Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertobat kepada – Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus-menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutaaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat”. (QS Hud 3).

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

4. Penyebab Turunnya Rahmat Allah SWT.

“Hendaklah kamu meminta ampun kepada Allah, agar kamu mendapat rahmat.” (QS. An-Naml 46)

5. Dihapuskan Kejelekannya dan Diangkat Derajatnya.

“Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya kemudia ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha  Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS An-Nisaa’110). Itu bedanya Astagfirullah dan Astagfirullahadim yang terakhir dan tentunya belum banyak orang tahu