1
Muslim Lifestyle

Pahami! Ini Hikmah Berbakti Kepada Orang Tua

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com- Sebagai anak, tentunya kita ingin membahagiakan kedua orang tua kita. Entah sudah berapa banyak utang budi kita sebagai anak kepada orang tua kita dari sejak di dalam kandungan hingga umur yang sudah dewasa sampai seperti sekarang ini. Sebesar apapun usaha yang kita lakukan tetap tidak bisa menggantikan pengorbanan yang telah orang tua lakukan kepada kita, jika berbuat kepada mereka bisa saja Anda mendapatkan hikmah berbakti kepada orang tua. Untuk itu berusahalah sebaik mungkin dan manfaatkan waktu yang ada punya untuk membahagiakan mereka walau hanya dengan cara yang sederhana.

Baca juga : 6 Restoran Halal Terenak yang Ada di Malaysia, Apa Saja?

Orang Tua Adalah Harta Paling Berharga

Mungkin bagi banyak orang, harta yang paling berharga dalam hidup adalah uang. Karena dengan uang kita akan dapat membeli apa pun yang kita inginkan, sehingga tercapai kepuasan yang maksimal. Selain uang, jabatan juga sangat diimpikan dan kadang kita juga rela melakukan apa pun demi mendapatkan posisi yang lebih tinggi. Terkadang orang yang mengejar kepuasan adalah orang-orang yang egois, mereka lebih memilih untuk mementingkan diri sendiri dari pada orang lain. Mereka merasa mampu untuk menyelesaikan semuanya dengan uang yang mereka miliki. Namun, saat mereka ada masalah yang tidak bisa diselesaikan dengan uang, maka sengsaralah jiwa mereka.

Saat mereka butuh perhatian kasih sayang, uang tidak dapat memberikan semua itu. Karena uang bukan jaminan untuk kita mendapatkan kebahagiaan. Pada dasarnya, uang boleh melimpah tetapi bagaimanapun orang tua dan keluarga tetap menjadi tempat keluh kesah di saat kita lagi ditimpa musibah. Dan sesungguhnya, harta yang paling berharga dalam hidup kita adalah kedua orang tua dan juga keluarga yang kita miliki, mereka merupakan harta yang tidak ada bandingannya.

Hikmah Berbakti Pada  Orang Tua

Sebagai seorang anak kita harus senantiasa berbakti kepada kedua orang tua, entah itu saat kita belum menikah maupun sudah menikah. Karena berbakti kepada kedua orang tua merupakan kewajiban kita seumur hidup, yang tidak akan pernah luntur sampai kapanpun. Dengan berbakti kepada orang tua selain menjadi ladang pahala, tentunya dapat mendatangkan hikmah bagi kita yang menjalankannya. Berikut beberapa hikmah yang dapat kita rasakan dengan berbakti kepada kedua orang tua.

hikmah berbakti kepada orang tua

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

1.Mendapatkan ridho dan rahmat Allah SWT

Ridho orang tua merupakan ridho Allah SWT juga, jadi jangan sampai Anda berbuat tidak baik kepada kedua orang tua Anda, sayangilah mereka sebaik mungkin karena tanpa mereka Anda tidak akan bisa menjadi seperti sekarang. Karena ridho orang tua adalah ridho Allah SWT juga. Sesuai dengan firman Allah SWT yang berbunyi : “Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang diantara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah engkau membentak keduanya dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, “Wahai Tuhanku! Sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil.” (QS. Al Isra’/17: 23-24)

2. Di mudahkan segala urusan di dunia maupun di akhirat

Rasulullah sallallahualaihi wasallam bersabda “Tidak termasuk golongan kami orang yang tidak memuliakan yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda serta yang tidak mengerti (hak) orang yang berilmu (agar diutamakan pandangannya).” (Riwayat Ahmad). Untuk itu jika kita senantiasa berbakti kepada kedua orang tua, percayalah bahwa segala urusan Anda baik di dunia maupun di akhirat akan di permudah jalannya oleh Allah SWT.

3. Di mudahkan rezekinya di dunia

Umroh.com merangkum,salah satu perbuatan yang akan di lapangkan rezekinya yaitu dengan cara bersilaturrahmi. Sebagian orang menganggap bahwa silaturrahmi itu dilakukan dengan cara mengunjungi saudara, kerabat, sahabat, teman saja, padahal yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum kita berkunjung ke saudara dan sahabat yaitu kita silaturrahmi kepada kedua orang tua kita.

webinar umroh.com

Dapatkan Paket Umroh Menarik Hanya di Umroh.com!

Dengan kita dekat dan sering silaturrahmi kepada kedua orang tua kita maka kita akan di mudahkan rezekinya dan di panjangkan umurnya. Perbuatan ini merupakan salah satu bentuk kita berbakti dan menghormati kedua orang tua. Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang berbunyi : “Ridho Allah terletak pada ridho orang tua, dan murka Allah terletak pada kemurkaan orang tua” (HR. Baihaqi).

4. Mendapatkan janji surga oleh Allah SWT

Mahfum hadits pernah bertanya kepada Nabi SAW, “Amalan apakah yang paling dicintai oleh Allah SWT? Beliau menjawab, “Sholat pada waktunya.” Aku berkata, “kemudian apa?” Beliau menjawab, “Berbakti kepada orang tua.” Aku berkata, “Kemudian apa?” Beliau menjawab, “Kemudian jihad di jalan Allah.” (HR Bukhari). Dari hadits tersebut kita telah mengetahui bahwa janji Allah SWT sangat luar biasa kepada umatnya Anda cukup berbakti kepada kedua orang tua semasa beliau hidup sampai tiba saatnya meninggal, maka Allah SWT menjanjikan surga bagi Anda yang menjalankannya. 

5. Di panjangkan dan di berkahi umurnya

Siapa yang tak ingin  memiliki umur panjang di dunia? Tentu semua pastinya ingin, namun semuanya kembali kepada sang pencipta yaitu Allah SWT. Namun jangan khawatir Allah SWT telah memberikan kita kemudahan jika ingin memiliki umur panjang dan di berkahi kita hanya perlu berbakti kepada kedua orang tua kita dan selalu berusaha membuat mereka bahagia walau hanya dari cara yang sederhana. Mudah bukan?

hikmah berbakti kepada orang tua

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Untuk itu sayangi dan bahagiakan lah kedua orang tua Anda selagi masih hidup, bahagia juga tidak harus dengan harta, cukup dengan cara sederhana seperti berkumpul dan mengobrol bersama hal tersebut dapat mendatangkan kebahagiaan pula bagi kita, karena kebahagiaan datang karena kita ciptakan. Semoga dengan hikmah yang begitu banyak kita dapatkan dengan berbakti kepada kedua orang tua, akan menjadi semangat kita untuk lebih membahagiakan mereka. Karena perlu diingat mereka adalah harta yang paling berharga di hidup kita.