1
Doa

Begini 6 Cara Allah SWT Mengabulkan Doa Hambanya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Setiap manusia pasti memiliki permasalahan ataupun keinginan dalam hidupnya. Saat itu pula manusia berdoa dan memasrahkan kehidupannya kepada Allah SWT. Namun, pernahkah terbesit dalam benak Anda mengapa terkadang Allah SWT lama dalam mengabulkan doa – doa kita ? Bagi penciptanya, terdapat cara Allah SWT mengabulkan doa para hambanya seperti yang sudah dijelaskan pada Al – Quran.

Ketahuilah bahwa Allah SWT adalah sebaik – baiknya perencana dalam hidup setiap manusia dan mengetahui apa yang terbaik untuk setiap umatnya. Akan tetapi dalam hal ini Allah SWT mempunyai cara tersendiri untuk mengabulkan setiap doa umatnya. Jadi kita tidak boleh berprasangka buruk terhadap-Nya karena cara Allah SWT mengabulkan doa hambanya tidaklah selalu sama.

Baca juga : Pengertian Qonaah Serta Contohnya dalam Kehidupan

Cara Allah SWT Mengabulkan Doa Umatnya

Berikut ini cara Allah SWt mengabulkan doa para hambanya, baik yang taat maupun tidak bagi Allah memiliki nilai lebih dan kurangnya masing – masing sehingg akan terkesan sama saja jika dilihat dari lebih dan kurangnya.

1. Memberi apa yang diminta

Saat kita berdoa, Allah SWT bisa saja mendengarkan dan langsung mengabulkan doa – doa kita. Sehingga kita merasa bahagia doa kita diperkenan Allah SWT. sebagaimana Rasulullah Saw bersabda :

Maka aku beritakan berita gembira tiga hal yang terjadi pada orang yang berdoa ‘segera Allah memberikan apa yang dia minta, Allah menggantikan dengan yang lebih mulia atau Allah memalingkan darinya bencana yang sekiranya bencana itu menimpanya maka dia akan celaka.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

2. Digantikan dengan yang lebih baik

Saat kita merasa doa tak kunjung dikabulkan atau bahkan tidak dikabulkan oleh Allah SWT, ketahuilah bahwasanya bukan berarti Allah SWT tidak mendengar atau tidak sayang pada umatnya melainkan Allah SWT akan berikan apa yang lebih baik dari yang kita minta. Sesuatu yang lebih utama dan lebih sesuai untuk keadaan kita. Terkadang jawaban Allah dalam cara yang seperti ini  tidak kita sadari.

Umroh.com memaparkan, Allah SWT bisa saja menyempurnakan doa yang kita panjatkan, atau menggantikannya dengan suatu hal yang lebih baik. Karena bisa saja doa yang kita panjatkan tidak dikehendaki Allah, dan bisa berdampak buruk bagi diri kita, maka Allah menggantikannya dengan suatu hal yang lebih baik.

webinar umroh.com

3. Allah SWT Tolakan Bencana

Anda merasa Allah SWT tidak berikan apa yang Anda minta, Allah juga tidak menggantikannya menjadi yang lebih baik. namun sadar kah Anda bahwa sejatinya Allah SWT sedang melindungi diri Anda akan bencana dari yang nantinya menimpa kita. Ada suatu kisah tentang seorang musafir yang melewati satu lembah, ia lelah dan istirahat sejenak ia saksikan ada tetes-tetes air mengalir di sela batu, ia ambil tetes air itu dan hendak meneguknya, akan tetapi seekor burung elang menyambar tangannya sehingga air itu lepas.

Tak hanya menjadi tamu Allah, umroh juga melancarkan rezeki Anda. Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

Kedua dan ketiga kali ia ingin mengambil air itu peristiwa yang sama terjadi sampai ia siapkan batu dan tepat ketika burung tersebut menyambar tangannya ia pukul dengan keras hingga burung itu terjatuh dan mati. Sesaat setelah peristiwa itu ia termenung sejenak dan berpikir untuk coba naik mencari sumber air, apa yang ia saksikan di antara batu di atas? Seekor ular yang begitu besar melingkar dan air tadi adalah bisa ular yang menetes.

Dari kisah ini kita bisa ambil pelajaran bahwa segala sesuatu yang menurut kita baik belum tentu baik menurut Allah SWT. kadang kala Allah tak kabulkan apa yang kita inginkan sebab Allah ingin melindungi hambanya dari marabahaya.

4. Memberi Ketenteraman Hati

Ada yang datang kepada Ja’far al-Shadiq dan bertanya “Apa tanda diterimanya doa ?” Ja’far al-Shadiq menjawab “Ketenteraman hati”.

Bukankah itu juga Janji Allah “Ingatlah hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram” (QS 13:28)

5. Allah Bersihkan Keburukan Dan Gantikan Dengan Kebaikan

Cara lain Allah SWT mengabulkan  doa hambanya selain hal di atas ialah dengan membersihkan keburukan hambanya dan digantikan dengan kebaikan. Dalam hadits qudsi Allah berfirman “Ketika hamba-Ku mengangkat tangannya Aku berkata ‘Akulah yang Maha Dermawan’, ketika hamba-Ku memohon kepada-Ku, Aku berkata ‘Hamba-Ku telah Ku-kabulkan doamu sblm engkau meminta’, ketika hamba-Ku mengusapkan tangannya ke wajah Aku berkata ‘Hamba-Ku sungguh engkau telah menang, telah kuhapuskan keburukanmu dan kutaruh namamu di antara hamba yang mendapat rahmat-Ku”.

6. Allah Tunda Hingga Hari Perjumpaan Dengan Allah SWT

Dalam kitab Kalimatullah Hiya Ulya disebutkan bahwa “Seorang hamba datang kepada Allah pada hari perhitungan dan Allah berfirman kepada hamba tersebut. Sungguh Aku memiliki utang kepadamu. Hamba tersebut menjawab Ya Allah, Engkaulah Tuhan alam semesta bagaimana mungkin Engkau memiliki utang? Allah berkata “Dahulu engkau berdoa kepada-Ku dan belum Aku ijabah dan sekarang Aku bayar utang-Ku kepadamu dan masuklah kedalam surga-Ku”

keutamaan membaca doa iftitiah

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Ini artinya Allah SWT memang menunda doa yang kita panjatkan sampai batas waktu yang dikehendaki-Nya. Dimana doa kita ini akan dikabulkan asalkan kita mau bersabar dan mengambil hikmah dari setiap prosesnya.