1
Muslim Lifestyle

Pengertian Qonaah Serta Contohnya dalam Kehidupan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Berkembang pesatnya zaman saat ini telah merubah pandangan dan tata nilai hidup manusia termasuk dalam hal konsumsi. Karena perilaku konsumtif dan daya beli yang terus menerus meningkat membuat manusia lama kelamaan berubah menjadi pribadi yang memiliki sifat berlebihan terhadap suatu hal. Anda harus memahami pengertian qonaah serta contohnya untuk diterapkan dalam kehidupan sehari – hari.

Sungguh ironis sekali bahwasanya kemajuan teknologi tersebut yang seharusnya menghantarkan manusia bertambah dekat kepada Allah Swt dan menjadikan manusia lebih bersyukur atas nikmat yang diberikannya, malah menjadikan manusia menjauh dari Allah swt. Untuk membentuk akhlakul karimah yang baik, mengontrol diri untuk tidak berlebihan dalam menginginkan sesuatu serta mengendalikan hawa nafsu bisa menjadi cara yang paling tepat, salah satunya berawal dari hidup dengan sifat qonaah.

Baca juga : Ciri – Ciri Riya dan Berbagai Macam Bentuknya

Pengertian Qonaah

Menurut bahasa qanaah berarti merasa cukup, sedangkan menurut istilah qonaah berarti merasa cukup dan menerima atas apa yang telah diberikan Allah swt kepada kita, sehingga mampu menjauhkan diri dari sikap tamak, dan sikap tidak puas yang berlebihan. Islam mengajarkan pemeluknya untuk selalu berperilaku qonaahdalam kehidupan. Qonaah adalah suatu sikap yang dengan penuh kerelaan menerima anugerah rezeki dari Allah serta merasa cukup dengan anugerah tersebut setelah melakukan ikhtiar yang optimal.

Orang yang bersifat qonaah akan selalu menerima apa adanya, sesuai dengan takdir Allah terhadapnya. Orang yang qonaah tidak pernah menyalahkan Allah dan menyalahkan orang lain yang mungkin dianggap penyebab keberadaannya. Dengan menerima apa adanya, berarti orang yang qonaah akan selalu bersyukur kepada Allah atas apa yang diberikan Allah SWT kepadanya.

Orang yang qonaah inilah yang paling beruntung dalam hidupnya. Dia selalu merasa cukup dengan pemberian Allah dan tidak pernah merasa kurang, sehingga dia akan pandai mensyukuri nikmat Allah. Terkait dengan ini Nabi Muhammad Saw. bersabda:

“Berbahagialah orang yang mendapat petunjuk untuk masuk Islam, sedang keadaan hidupnya sederhana dan selalu menerima apa adanya”. (HR. Ahmad dan at-Tirmidzi).

Temukan ratusan paket umroh dari >50 travel umroh terpercaya izin Kemenag dan tersedia keberangkatan di >50 kota hanya di marketplace Umroh.com. Transaksi Aman, Ibadah Nyaman di Umroh.com.

pengertian qonaah serta contohnya

Orang yang qonaah akan selalu ridho atau rela dengan semua keputusan Allah terhadapnya. Perlu diketahui bahwa sifat qanaah bukan berarti meninggalkan ikhtiar, ikhtiar harus tetap dilaksanakan dalam menegakkan sendi-sendi kehidupan. Kalau orang sudah berikhtiar, tetapi ikhtiarnya tidak berhasil maka tidak usah kecewa atau ber-kecil hati.

webinar umroh.com

Malah sebaliknya harus menerima dengan sepenuh hati, dan yakin bahwa Allah akan memudahkan urusan hambanya, karena sifat qana‟ah ialah tidak pernah patah semangat atas apa yang telah diterima dan tak lupa untuk mengucap syukur.

Contoh Qonaah Dalam Hidup

Umroh.com merangkum, Banyak sekali perilaku dalam kehidupan yang mencerminkan qonaah, dan perilaku-perilaku itu harus kita kembangkan dalam kehidupan sehari-hari, diantara contoh perilaku yang mencerminkan qonaah adalah :

1. Rajin bekerja dan berusaha untuk mencapai hasil terbaik

Pengertian qonaah serta contohnya dalam islam disini bukan memerintahkan manusia untuk berdiam diri saja dan pasrah akan keadaan. Melainkan untuk senantiasa tetap berusaha semaksimal mungkin, rajin bekerja agar mendapatkan hasil terbaik. Tak lupa tentu iringi dengan doa agar senantiasa mendapat ridho dari Allah SWT.

2. Tidak mudah kecewa dan berputus asa

Nah, setelah Anda merasa sudah cukup keras berusaha namun hasilnya belum maksimal, Anda tak perlu kecewa dan putus asa. Teruslah berpasrah pada Allah SWT untuk terus diberikan jalan terbaik dalam hidup.

3. Hidupnya sederhana dan tidak tamak

Ketahuilah sejatinya Allah SWT dan Rasulullah saw sangat menyukai hambanya yang hidup dengan kesederhanaan dan bisa selalu menyesuaikan diri dengan keadaan di setiap perjalanan hidupnya.

Tak hanya menjadi tamu Allah, umroh juga melancarkan rezeki Anda. Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

4. Selalu bersyukur atas apa karunia yang didapatkan oleh Allah SWT

Bersyukur adalah obat paling indah dalam kehidupan. Dengan bersyukur manusia akan senantiasa ikhlas menerima segala sesuatu yang telah diberikan oleh Allah SWT untuknya.

5. Tidak merasa iri serta dengki atas apa yang didapatkan oleh orang lain

Saat orang lain meraih kesuksesan atau mendapatkan sesuatu yang mungkin juga kita idamkan selama ini, Anda tak perlu iri dan dengki. Sebab percayalah Allah SWT sudah mengatur masing – masing rezeki dari setiap umatnya dengan adil.

6. Meyakini pemberian Allah SWT ialah sebuah anugerah terbaik

Sejatinya, apa yang Allah SWT berikan kepada setiap hambanya adalah anugerah yang patut kita yakini. Allah SWT tahu betul apa yang harus ia berikan kepada setiap hambanya. Jadi percayalah dengan berqonaah hiduppun akan jauh lebih tenang dan indah.

pengertian qonaah serta contohnya

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

7. Tidak tertarik oleh tipu daya dunia

Dunia hanyalah panggung sandiwara. Merupakan kenikmatan sesaat yang tidak abadi dan suatu saat nanti akan hancur atas izin Allah SWT. Sebagai manusia beriman alangkah lebih baik jika kita mawas diri untuk tetap terjaga dalam iman islam kita agar tak terlena dengan surga dunia.