1
Sejarah Islam

Inilah Bukti Bahwa Islam Memperhatikan Orang Tua

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Islam memberi pedoman hidup bagi seluruh manusia. Segala aspek diatur agar hidup kita berkualitas. Salah satunya adalah hubungan orang tua dan anak. Al Quran dan Hadis sering memaparkan pentingnya berbakti kepada orang tua. Islam sangat memperhatikan posisi orang tua.

Pentingnya Berbakti kepada Orang Tua

1. Berlaku Santun kepada Orang Tua 

Umroh.com merangkum, islam mengajarkan kita agar senantiasa berperilaku santun kepada orang tua. Kita dilarang berkata kasar, bahkan mengatakan ‘Ah’ tidak dibolehkan. Perintah ini tercantum dalam Surat Al Isra ayat 23-24. Allah berfirman, “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia”.

Baca juga: Perhatikan Baik-baik! Ini Adab Orang Tua kepada Anaknya

2. Berbuat Baik kepada Ibu dan Bapak 

Allah memerintahkan kita agar berbuat baik kepada ibu dan bapak. Terutama kepada ibu yang telah bersusah payah selama mengandung hingga melahirkan. Selain itu, keberadaan orang tua juga hendaknya disyukuri oleh setiap muslim.

Perintah ini tercantum dalam Surat Luqman ayat 13-14. Allah berfirman, “Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar”. Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu”.

3. Berbuat Baik kepada Orang Tua adalah Amalan Paling Utama 

Begitu banyak amalan bagi umat muslim untuk menggapai ridha Allah. Di antaranya ada tiga amalan utama, dan berbuat baik kepada orang tua adalah salah satunya. Suatu ketika Rasulullah ditanya tentang amal yang paling utama. Dan Rasulullah menjawab, “Shalat tepat pada waktunya, berbuat baik kepada kedua orang tua, jihad di jalan Allah” (HR. Bukhari dan Muslim).

Mau dapat tabungan umroh? Yuk download aplikasinya di sini sekarang dan dapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah!

4. Berbuat Baik kepada Ibu 

Di kesempatan lain, Rasulullah pernah menjelaskan tentang pentingnya berperilaku baik kepada orang tua. Saat itu seorang Sahabat bertanya, “Yaa Rasulullah, siapakah orang yang paling berhak mendapatkan perlakuan baik dariku?”. Rasulullah berkata, “Ibumu”. Sahabat kemudian kembali bertanya, “Lalu siapa?”. Rasulullah menjawab, “Ibumu”. Sahabat bertanya lagi, “Kemudian siapa?”. “Ibumu”, jawab Rasulullah. “Lalu siapa lagi, Yaa Rasulullah?”, tanyanya lagi. Rasulullah kemudian menjawab, “Ayahmu”. 

5. Berbuat Baik kepada Orang Tua akan Mendatangkan Ridha Allah 

Orang yang berbuat baik kepada orang tua akan memperoleh ridha Allah. Dengan itu, Allah akan mengampuni dosa dan menghadiahkan balasan surga. Sebaliknya, orang yang berbuat kasar dan tidak mematuhi orang tua akan mendapat balasan adzab dan termasuk orang yang merugi. 

webinar umroh.com
berbakti kepada orang tua

Dalam Surat Al Ahqaf ayat 15-18 Allah berfirman, “Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri”.

Mereka itulah orang-orang yang Kami terima dari mereka amal baik yang telah mereka kerjakan dan Kami ampuni kesalahan-kesalahan mereka, bersama penghuni-penghuni surga, sebagai janji yang benar yang telah dijanjikan kepada mereka. 

Mau berangkat umroh bersama keluarga tapi kendala biaya? Yuk wujudkan impian Anda cuma di umroh.com!

Dan orang yang berkata kepada dua orang ibu bapaknya: “Cis bagi kamu keduanya, apakah kamu keduanya memperingatkan kepadaku bahwa aku akan dibangkitkan, padahal sungguh telah berlalu beberapa umat sebelumku? lalu kedua ibu bapaknya itu memohon pertolongan kepada Allah seraya mengatakan: “Celaka kamu, berimanlah! Sesungguhnya janji Allah adalah benar”. Lalu dia berkata: “Ini tidak lain hanyalah dongengan orang-orang dahulu belaka”. 

Mereka itulah orang-orang yang telah pasti ketetapan (azab) atas mereka bersama umat-umat yang telah berlalu sebelum mereka dari jin dan manusia. Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang merugi”. 

Harga pas di kantong, yuk pilih paket umroh Anda sekarang juga!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Berbakti kepada Orang Tua 

Ketika orang tua masih hidup, tunjukkan sikap hormat dan sayang kepada mereka. Imam Al Ghazali menyebutkan 12 hal yang bisa dilakukan sebagai bentuk bakti.

  1. Mendengarkan ucapannnya
  2. Berdiri ketika keduanya berdiri 
  3. Mematuhi perintahnya
  4. Tidak berjalan di depannya
  5. Tidak mengeraskan suara 
  6. Menjawab panggilan orang tua 
  7. Mengejar ridha keduanya 
  8. Bersikap rendah hati 
  9. Tidak mengungkit bakti dan perbuatan baik 
  10. Tidak memandang dengan pandangan murka 
  11. Tidak bermuka masam di depan mereka 
  12. Tidak melakukan perjalanan tanpa seizin mereka

Apabila orang tua telah wafat, kita bisa melakukan ini.

  1. Berdoa dan memohonkan ampun untuk mereka
  2. Menghadiahkan amal sholeh untuk orang tua
  3. Melaksanakan janji yang belum terlaksana ketika orang tua masih hidup
  4. Menyambung silaturahmi dengan kerabat orang tua
  5. Menghormati orang-orang yang menjadi teman orang tua semasa hidup
Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.