Tips

Berlibur Sambil Barbeque-an di Pantai? Perhatikan Hal Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Musim panas telah tiba, hujan tidak lagi sering melanda. Salah satu pilihan liburan terbaik adalah mengunjungi pantai. Pantai adalah tempat yang paling cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Di pantai, kita bisa menikmati pemandangan, dan anak-anak bisa bermain air.

Agar berkunjung ke pantai tidak berkesan ‘itu-itu’ saja, ada baiknya kita melakukan kegiatan yang seru dengan keluarga. Misalnya memasak barbeque bersama keluarga.

Memasak barbeque di pantai juga membutuhkan persiapan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kegiatan barbeque di pantai bersama keluarga dan teman tetap menyenangkan.

Pilihlah Tempat yang Teduh dan Terlindung

Saat tiba di pantai, pilihlah tempat yang terlindung dan cukup teduh. Tempat yang terlindung bertujuan agar makanan yang sedang kita masak tidak akan terkena angin pantai yang membawa serta pasir-pasir. Tempat yang teduh juga sangat penting agar setiap anggota keluarga bisa menikmati makanan dengan santai dan tidak kepanasan.

Lindungi Makanan

Selalu pastikan untuk menutup makanan dengan baik. Ini untuk mencegah makanan terkena pasir pantai yang beterbangn. Kita bisa menggunakan penutup makanan yang dibawa dari rumah, atau menggunakan lap yang dibasahi untuk menahan pasir-pasir yang beterbangan.

Masak Barbeque dengan Tusuk Sate

Menggunakan tusuk sate dalam acara barbeque berguna agar suasana makan tetap menyenangkan. Tusuk sate sangat praktis, baik saat memasak maupun saat menyantapnya. Tusuk sate bisa digunakan untuk memasak agar makanan tetap rapi di atas panggangan, serta tidak membutuhkan alat makan yang terlalu banyak. Saat menikmati barbeque dengan tusuk sate, kita bisa menikmatinya tanpa harus menggunakan sendok atau garpu.

Olah Makanan dari Rumah

Jika ingin memasak barbeque di pantai, akan lebih mudah jika bahan makanan terlebih dahulu diolah di rumah. Misalnya, ikan atau daging telah terlebih dahulu dibersihkan atau dipotong-potong di rumah. Demikian juga dengan sayuran, seperti paprika atau terong, lebih baik sudah disiapkan di rumah.

Mempersiapkan bahan sebelumnya penting untuk meminimalisir sampah, serta agar kita bisa menyajikan makanan dengan cepat. Karena ketika sampai di pantai, kita akan sibuk bermain dengan anak-anak atau keluarga lainnya, dan tidak lagi sempat untuk mengolah makanan sebelum dipanggang.

Letakkan daging dan sayuran yang telah diolah dalam kontainer-kontainer plastik yang tertutup, sehingga lebih mudah dibawa dan makanan tidak mudah berubah warna. Jika ingin membumbui barbeque, ada baiknya meracik bumbu terlebih dahulu di rumah, agar kita hanya perlu membawa bumbu yang telah disiapkan, bukan membawa banyak botol saus saat menuju ke pantai.

Sediakan Makanan Penutup yang Mudah Dimakan

Jika ingin menghidangkan makanan penutup, pilihlah makanan penutup yang mudah dinikmati, seperti buah potong atau brownies yang telah dipotong kecil-kecil. Makanan ini relatif mudah dinikmati, dan tidak perlu repot menggunakan banyak peralatan untuk menikmatinya.