play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Muslim Lifestyle

Yuk Cobain! Hikmah Berpakaian Sesuai Syariat Islam

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Pakaian yang dikenakan oleh seorang muslim dan juga muslimah sebagai bentuk dari balasan ketaatan dan ketundukan kepada Allah SWT, karena itu menuntut para muslim yang memiliki nilai ibadah, contohnya berpakaian. Terdapat cara berpakaian sesuai syariat islam yang mungkin belum banyak umat muslim ketahui

Manusia dengan segala peradabannya memiliki naluri untuk selalu mengembangkan apa yang ada, termasuk dalam pengembangan model pakaian. Tidak bisa di pungkiri lagi model pakaian yang ada di era globalisasi ini lebih meyandur dari dunia barat. Tetapi yang perlu diketahui adalah umat islam haruslah bercermin terhadap syariat islam yang Rasulullah SAW lah yang menjadi suri tauladannya.

Baca juga : Jangan Dilakukan, Begini Bunyi Hadits tentang Ghibah!

Hikmah Berpakaian Sesuai Syariat Islam

Berikut merupakan hikmah dari berpakaian yang sesuai dengan syariat islam :

1. Terjaga kehormatannya

Umroh.com merangkum, seseorang yang memakai pakaian yang sesuai dengan syariat islam tentunya akan terjaga kehormatannya. Bagi kaum wanita yang menjaga dirinya dengan menggunakan pakaian kerudung maka akan terhindari dari para laki-laki yang tidak bertanggung jawab. Allah SWT berfirman :

“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri – isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri – isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab : 59)

2. Terjaga dari perilaku menyimpang

Ketika kita menggunakan pakaian yang sesuai dengan syariat islam tentunya kita akan dijauhi oleh perilaku menyimpang seperti tidak dipandang rendah oleh orang lain, dan malu ketika hendak melakukan hal yang tidak sesuai dengan ajaran islam. Allah SWT berfirman :

“Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya, yang demikian itu adalah lebih suci dari mereka, Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.” (QS. An-Nur : 30)

“Katakanlah kepada wanita yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya.” (QS. An-Nur : 31)

3. Terhindar dari penyakit tertentu

Ketika seseorang muslim sudah menggunakan pakaian yang sesuai dengan syariat islam, maka pakaian yang menutupi tubuhnya tersebut akan secara otomatis berfungsi sebagai pelindung dari sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kanker kulit.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

4. Terhindar dari azab Allah

Pernah ada kejadian, seseorang wanita yang sedang hamil muda pergi ke suatu tempat untuk melaksanakan tugas dari perusahaan tempat ia bekerja. Jaraknya cukup jauh dari tempat tinggalnya. Tiba-tiba dalam perjalanan, mobilnya bertabrakan dengan mobil yang lain. Setelah diselidiki, tidak ada satu korbanpun yang selamat dari kecelakaan itu.

Dan setelah diselidiki lebih jauh, tidak ada satupun identitas yang ada pada korban yang diketahui. Makanya mayat para korban dimakamkan oleh penduduk setempat termasuk wanita yang hamil muda itu. Setelah beberapa hari ternyata sang suami dan keluarga korban menerima berita tersebut dan langsung menuju ke pemakaman sang istri.

Kemudian mayatnya dipindahkan ke dekat tempat tinggalnya. Tapi ketika makamnya digali, mereka melihat maya wanita itu langsung pingsan karena tidak kuat melihat mayatnya. Ketika dimakamkan, mayat tersebut diletakkan dalam kondisi membujur sementara setelah digali kembali posisi mayat sudah berubah menjadi jongkok.

Tak hanya melancarkan rezeki Anda, umroh juga menjadikan Anda tamu Allah. Yuk temukan paketnya di Umroh.com!

Kedua tangan diletakkan diatas kepala seperti menahan siksaan sementara kepalanya ditumbuhi paku-paku besi yang sangat banyak hampir memenuhi semua bagian kepalanya. Setelah diselidiki, ternyata wanita tersebut belum berhijab semasa hidupnya. Itulah siksaan di dalam kubur belum lagi siksaan nanti di akhirat.

Manfaat Berpakaian Sesuai Syariat Islam

Capsule Wardrobe Membantumu Tak Lagi Bingung Memilih Pakaian. Ini 5 Caranya

1. Mencegah rasa cemburu pada pasangan hidup kita

Manfaat berpakaian kali ini adalah khusus untuk yang sudah berumah tangga. Dalam berumah tangga, yang berhak untuk melihat aurat istri adalah suami, dan sebaliknya. Oleh karena itu dengan menutup aurat maka hanya suami sajalah yang dapat mengetahuinya dan suamipun tidak cemburu karena aurat istrinya telah tertutup sehingga orang lain tidak dapat melihat aurat istrinya.

2. Menunjukkan diri sebagai seorang muslim

Menutup aurat adalah salah satu identitas bagi setiap orang muslim yang baik. Ditambah lagi dengan berperilaku yang sopan dan baik, maka tidak mungkin ada yang mengatakan kita sebagai perempuan murahan atau laki-laki murahan.

3. Mencegah timbulnya hawa nafsu lawan jenis

Laki-laki yang normal pada umumnya akan terangsang bila melihat wanita yang memakai pakaian yang ketat, modis terutama yang menggunakan rok mini. Banyak laki-laki yang ingin berinteraksi dengan wanita yang seperti itu, lalu menggodanya.

4. Menutupi aib

Jika ada cacat pada tubuh kita maupun kulit, maka kita bisa menutupi kekurangan tersebut dengan memakai pakaian yang sesuai dengan syariat islam, sehingga tidak ada satu orangpun yang tahu tentang kekurangan yang terjadi pada diri kita.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

5. Memberikan sesuatu yang spesial bagi pasangan

Aurat hanya diperbolehkan untuk dilihat oleh pasangan kita yang sudah berumah tangga. Karena hal tersebut merupakan hal yang istimewa bagi pasangan kita. jangan sampai kita mengumbar aurat di hadapan semua orang yang bukan pasangan kita.

Facebook Comments