1
Serba-serbi Ramadhan

Cara Mengatasi Mual Saat Mudik yang Ampuh dan Cepat

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Setelah sebulan penuh lamanya umat islam berpuasa, momen suka cita menyambut lebaran ialah hal yang paling dinanti. Tak hanya tradisi makan ketupat opor dan bersalaman saling memaafkan. Momen mudik pun nyatanya menjadi salah satu tradisi wajib yang tak bisa ditinggalkan bagi masyarakat Indonesia menjelang lebaran tiba, dan ada cara mengatasi mual saat mudik yang ampuh.

Mudik lebaran adalah ajang berkumpul bersama dengan keluarga di kampung halaman, untuk menikmati perayaan hari raya Idul Fitri. Mabuk perjalanan tentu bukan menjadi suatu hal yang menyenangkan. Perjalanan yang seharusnya menyenangkan dengan pemandangan di kanan-kiri jalan jadi tak lagi sedap dipandang.

Cara Mengatasi Mual Saat Mudik

1. Konsumsi obat anti mual

Ingin bebas mual selama perjalanan panjang? Minum saja obat antimabuk. Cara ini terbukti efektif untuk menghilangkan mabuk perjalanan, karena tak lama setelah kamu mengonsumsinya, rasa kantuk akan langsung menyerang, sehingga kamu akan tertidur selama perjalanan. Namun, tetap waspada terhadap barang bawaan ya, karena tindak pencurian marak terjadi saat momen menjelang lebaran. Obat-obatan tersebut perlu dikonsumsi sesuai dengan aturan pakai. Mengingat hampir seluruh obat-obatan ini biasanya menyebabkan rasa kantuk, maka sebaiknya Anda tidak mengemudi setelah minum obat

2. Bernapaslah dengan udara segar

Melakukan perjalanan jauh tentulah membuat badan lelah. Kondisi ini yang terkadang membuat stamina menurun dan membuat mual saat mudik. Jika Anda pergi dengan kendaraan darat, sesekali hiruplah udara segar sebentar. Anda bisa berhenti terlebih dahulu dan beristirahat sejenak untuk merefresh pikiran dan badan Anda.

Baca juga : Begini Adab Berpakaian dalam Islam dan Contohnya

3. Relaksasi

Relaksasi juga ampuh lho sebagai cara menghilangkan mual saat perjalanan. Anda bisa mendengarkan musik selama perjalanan atau mengobrol santai dengan keluarga dan buat momen perjalanan Anda jadi nyaman dan menyenangkan.

4. Hindari Membaca dan Menatap Gadget terlalu lama

Mengisi waktu perjalanan dengan membaca buku dan bermain gadget untuk mengurangi rasa bosan memang menjadi alternatif yang tepat. Meski begitu, sebaiknya kamu tidak melakukannya. Pasalnya, membaca buku dan terus menerus menatap gadget di dalam kendaraan yang sedang berjalan justru akan membuat rasa mual dan ingin muntah menjadi lebih parah.

5. Makan camilan saat buka puasa

Saat Anda harus melakukan perjalanan mudik dalam kondidi berpuasa dan jika Anda harus berbuka puasa di perjalanan, ada baiknya hindari makan makanan berat terlebih dahulu, khususnya jika harus memakannya di dalam kendaraan yang bergerak. Lebih baik mengonsumsi camilan, seperti biskuit, roti, sereal, atau buah-buahan seperti apel dan pisang. Mengonsumsi makanan berat dan mengandung banyak minyak seperti mie goreng atau nasi goreng saat di perjalanan justru akan memperparah kondisi karena jenis makanan tersebut membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

webinar umroh.com

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

6. Pilih Posisi Duduk yang Tepat

Cara Mengatasi Mual Saat Mudik

Posisi duduk memegang peranan yang cukup penting untuk mengatasi mual dan ingin muntah, termasuk pula jenis transportasi yang Anda pilih. Kalau Anda bepergian dengan menggunakan kapal laut, Anda bisa mengambil posisi duduk di bagian tengah untuk meminimalisasi goyangan kapal ketika ombak laut sedang tinggi. Sementara itu, apabila Anda memilih bus sebagai sarana transportasi, hindari memilih tempat duduk yang tepat di atas roda kendaraan. Pilihlah kursi di depan atau di dekat pengemudi. Alternatif lainnya, pilih kursi yang dekat dengan jendela supaya kamu bisa menikmati pemandangan sepanjang perjalanan.

7. Memandang ke kejauhan

Umroh.com merangkum, jika Anda sudah merasakan mual saat masih di dalam perjalanan, coba alihkan pandangan ke luar jendela. Perhatikan dan pandang objek yang jaraknya agak jauh. Cara ini bisa menghilangkan mual dan pusing saat di perjalanan mudik. Meski begitu, Anda mungkin tetap harus mengubah-ubah posisi duduk untuk mencari posisi yang lebih nyaman dan mengurangi rasa pusing dan ingin muntah selama di perjalanan.

8. Tidur selama perjalanan

Dari pada Anda bengong dan meraskan mual berlebihan lebih baik Anda pejamkan mata Anda dan tidur. Ketahuilah tidur ternyata bisa membantu mengurangi rasa mual dan ingin muntah selama dalam perjalanan lho. Inilah mengapa banyak orang yang memilih tidur selama di dalam kendaraan, karena hanya duduk tanpa melakukan apa-apa bisa membuat rasa kantuk cepat datang. Kamu bisa membawa bantal leher untuk mengurangi risiko leher keseleo atau kaku saat tidur.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Itulah beberapa cara mengatasi mual saat mudik yang bisa Anda terapkan saat melakukan perjalanan mudik dengan keluarga. Semoga bermanfaat.