1
Muslim Lifestyle

Hindari Gangguan Jin dengan Cara Meruqyah Diri Sendiri

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Pada dasarnya, ruqyah termasuk ke dalam bagian dari doa. Namun memang umumnya dalam bentuk permohonan dan perlindungan dari gangguan suatu hal seperti penyakit batin atau fisik. Lula bagaimana sih cara meruqyah diri sendiri? Begini lho caranya!

Ibnul Atsir mengatakan,

والرقية : العوذة التي يرقى بها صاحب الآفة كالحمى والصرع وغير ذلك من الآفات

“Ruqyah adalah doa memohon perlindungan, yang dibacakan untuk orang yang sedang sakit, seperti demam, kerasukan, atau penyakit lainnya.” (an-Nihayah fi Gharib al-Atsar, 2/254)

Karena itulah prinsip dasar dari ruqyah adalah membaca ayat Al Qur’an dan doa-doa dari hadits dengan niat melindungi diri dari penyakit.

Baca juga: Ini Dalil Tentang Ruqyah yang Wajib Diketahui Umat Muslim

Cara Meruqyah diri Sendiri

Sementara itu ternyata kita juga bisa meruqyah diri sendiri sesuai dengan Sunnah. Simak di sini!

1. Mulai dengan Kemantapan Hati

Awali dengan kemantapan hati bahwa segala kesembuhan hanya datang dari Allah SWT semata. Apabila kita menjalaninya dengan kemantapan hati maka Allah akan mengambulkan doa kita sesuai dengan prasangka hamba Nya.

webinar umroh.com

2. Berwudhu

Ruqyah harus dilakukan dalam keadaan suci, maka dari itu hendaknya melakukan wudhu terlebih dahulu. Dalam kondisi suci maka akan mempermudah proses ruqyah.

3. Dalam kondisi bersih

Yakni dengan memakai pakaian yang bersih, bebas dari najis, menutup aurat sehingga jiwa menjadi tenang dan tentram.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

4. Sholat taubat dan sholat hajat 2 rakaat

Umroh.com merangkum, sebelum melakukan ruqyah ada baiknya memohon ampun terlebih dahulu atas dosa yang kita lakukan. Sholat hajat juga diniatkan untuk berdoa kepada Allah agar doa yang kita panjatkan dikabulkan serta mendapat ridho Nya. Sholat hajat pun mampu mendorong setiap insan untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

5. Membaca ayat tertentu

Selanjutnya ruqyah dilakukan dengan membacakan doa secara langsung dengan membaca ayat-ayat tertentu seperti bismillah 3x, Al Fatihah, Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas. Kemudian dilanjutkan dengan membaca doa berikut, “aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan”. Lalu usapkan dengan kedua tangan ke seluruh tubuh atau anggota tubuh yang sakit.

6. Tambahan doa untuk menyembuhkan penyakit

Apabila kamu melakukan ruqyah untuk menyembuhkan penyakit, tambahkan doa ini,

“Hilangkan penyakit ini wahai penguasa manusia. Sembuhkanlah, Engkau maha penyembuh, tidak ada kesmebuhan kecuali penyembuhan Mu, obat yang tidak meninggalkan penyakit”. Hal ini pernah dilakukan oleh Rasulullah ketika mengobati seseorang yang terkena bejana pada tangannya, beliau membacakan doa tersebut (Al Fathu Ar Rabbani 17/182)

7. Usap dengan tangan kanan

Setelah itu, lakukan ruqyah dengan mengusap memakai tangan kanan karena lebih dianjurkan berdasarkan hadits dari Aisyah,

“Rasulullah, tatkala dihadapkan pada orang yang mengeluh kesakitan beliau mengusapnya dengan tangan kanan”. (HR Muslim Syarah An Nawawi (14/180)

Sayang untuk dilewatkan! Yuk temukan paket umroh terbaik di Umroh.com dengan penawaran harga umroh terbaik.

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

8. Ruqyah dengan meniup

Yakni dengan membaca doa yang telah disebutkan lalu ditiup dengan lembut tanpa keluar air ludah. Ditiupnya pun di anggota tubuh yang sakit sebagaimana diceritakan oleh Aisyah ketika ditanya tentang tiupan Nabi Muhammad SAW,

“seperti tiupan orang yang makan kismis, tidak ada air ludahya yag keluar”. (HR Muslim kitab As Salam 14/182)

9. Ruqyah dengan media air

Salah satu cara adalah doa dan dibaca dengan didekatkan pada segelas air putih bersih lalu minum airnya hingga habis. Adapun manfaatnya yakni membersihkan diri dari hal-hal yang buruk. Selain itu juga menjauhkan diri dari godaan syaitan yang terkutuk.

10. Ruqyah dengan minyak zaitun

Menurut Rasulullah, media yang paling baik adalah minyak zaitun, “mak’anlah minyak zaitun dan olesi tubuh dengan nya, sebab ia berasal dari tumbuhan yang penuh berkah (Hadist Hasan Shahihul Jami’ 2/4498)

Adapun caranya yakni dengan membaca doa di atas sambil didekatkan pada minyak zaitun lalu usapkan minyak zaitun tersebut ke tubuh anda atau diminum.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

11. Ruqyah sebelum tidur

Adapun caranya yakni gabungkan kedua telapak seperti hendak berdoa, lalul baca surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas, kemudian tiupkan keduanya ke telapak tangan dan usap ke seluruh tubuh dari wajah dan tubuh bagian depan, ulangi sebanyak 3x.

Hal ini berdasarkan Hadist Muslim dari A’isyah Radhiyallahu ‘anha yang menceritakan kebiasaan Rasulullah sebelum tidur.

Itulah cara meruqyah diri sendiri. Semoga bisa kita praktikkan di rumah ya!