1
Serba-serbi Ramadhan

Tak Sempat Berjamaah? Ini Cara Sholat Tarawih Sendiri

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Bulan ramadhan ialah bulan yang sangat ditunggu oleh setiap umat islam. datangnya bulan ini selalu memberikan keberkahan, kenikmatan, serta pahala yang senantiasa dilipatgandakan oleh Allah SWT jika kita melaksanakan amalan – amalan yang diperintahkan, baik itu wajib maupun sunah. Sangat banyak amalan yang dapat kita lakukan selama bulan ramadhan, dan Salah satu amalan tersebut ialah menjalankan ibadah sholat tarawih. Bagaimana cara sholat tarawih sendiri? Simak jawaban nya untuk Anda.

Terkadang yang menjadikan sholat ini terasa sangat berat ialah karena pada jam – jam tersebut, banyak dari kita yang mungkin masih menjalankan berbagai macam aktivitas di luar. Sehinga sholat tarawih ini sering sekali terabaikan begitu saja. padahal pahala yang di dapat sangatlah luar biasa. Lalu tak sedikit dari umat islam bertanya pasal kentetuan sholat tarawih ini.

Baca juga : 5 Hal yang Bisa Menumbuhkan Sikap Zuhud

Bolehkah Lakukan Sholat Tarawih Sendiri ?

Para ulama menjelaskan, bahwa sholat tarawih termasuk qiyam Ramadhan, mengisi malam Ramadhan dengan ibadah. Saat kita mampu mengerjakan sholat tarawih, sesungguhnya Nabi Saw telah memberikan janji yang besar, berupa ampunan dosa. Karena itulah, sholat tarawih termasuk sholat sunah muakkad (sholat sunah yang sangat ditekankan).

Lalu bagaimana hukumnya jika sholat tarawih dilaksanakan sendiri ? Dalam hal ini para ulama pun menegaskan bahwa sholat tarawih boleh dikerjakan sendirian. Karena bukan syarat sahnya sholat tarawih, harus dikerjakan berjamaah. An-Nawawi mengatakan,

Sholat tarawih adalah sunah dengan sepakat ulama… boleh dikerjakan sendirian atau berjamaah.” (al-Majmu, 4/31).

Akan tetapi, Nabi Saw senantiasa memotivasi agar sholat tarawih dapat dikerjakan secara berjamaah. Kemudian beliau juga menyebutkan keutamaan dari sholat tarawih berjamaah, “Barangsiapa yang sholat tarawih berjamaah bersama imam hingga selesai, maka dia mendapat pahala sholat tahajud semalam suntuk.” (HR. Nasai 1605, Ibn Majah 1327 dan dishahihkan Al-Albani).

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Jumlah Rakaat Sholat Tarawih

Jumlah rakaat sholat tarawih yang umum dikerjakan antara lain 11 rakaat dengan witir dan 23 rakaat dengan witir. Masing-masing dikerjakan setiap 2 rakaat dan diakhiri dengan salam. Karena itu niatnya tetap sholat tarawih 2 rakaat. Salat tarawih idealnya ditutup dengan sholat witir yang jumlah rakaatnya ganjil. Niat sholat witir bervariasi, umumnya 1 rakaat atau 3 rakaat.

webinar umroh.com

Jika ingin melaksanakan sholat tarawih dirumah, Sholat tarawih cukup dilakukan sebanyak 11 rakaat, terdiri atas 8 rakaat salat tarawih dan 3 rakaat salat witir. Idealnya salat tarawih dikerjakan sebanyak 2 rakaat. Jadi bila anda ingin melakukan sholat tarawih 8 rakaat maka sholat yang harus dilakukan adalah sholat 2 rakaat sebanyak 4 kali dengan salam ditiap 2 rakaatnya.

Setelah melakukan 8 rakaat sholat tarawih maka anda dapat melakukan sholat witir  3 rakaat. Sholat witir dapat dilakukan langsung 3 rakaat dengan sekali salam atau 2 rakaat lalu salam dilanjutkan dengan 1 rakaat lagi.

Tata Cara Sholat Tarawih Sendiri

Umroh.com merangkum, untuk melaksanakan sholat tarawih secara sendirian, tata cara sholatnya sama saja dengan ibadah sholat sunah lainnya. misalnya sholat tahajud dan hajat. Dan tata caranya adalah sebagai berikut.

  • Mengucapkan niat Salat Tarawih. Untuk Anda yang berniat menjalankan sholat tarawih sendiri di rumah, silakan membaca niat sholat tarawih di bawah ini.
  • “USHOLLII SUNNATAT-TAROOWIIHI ROK’ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI LILLAAHI TA’ALAA.”
  • Artinya : Saya niat salat sunah tarawih dua raka’at menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.
  • Bacalah niat sholat tarawih di atas dalam hati bersamaan dengan takbir pertama yang menandai dimulainya ibadah sholat.

Segera dapatkan paket umroh menarik hanya di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]
  • Mengucap takbir ketika takbiratul ihram sambil niat di dalam hati.
  • Membaca ta‘awuz dan Surah al-Fatihah, diikuti salah satu surat dalam Al-Quran.
  • Rukuk.
  • Itidal.
  • Sujud pertama.
  • Duduk di antara dua sujud.
  • Sujud kedua.
  • Duduk istirahat atau duduk sejenak sebelum bangkit untuk mengerjakan rakaat kedua.
  • Bangkit dari duduk, lalu mengerjakan rakaat kedua dengan gerakan yang sama dengan rakaat pertama.
  • Salam pada rakaat kedua. Para pakar fiqih berpendapat bahwa sholat tarawih dilakukan dengan salam setiap dua raka’at. Karena tarawih termasuk sholat malam. Sedangkan sholat malam dilakukan dengan dua rakaat salam dan dua rakaat salam. Dasarnya adalah sabda Nabi Saw, “Sholat malam adalah dua rakaat dua raka’at.”
  • Istighfar dan dianjurkan membaca doa kamilin setelah selesainya salat tarawih. 
cara sholat tarawih sendiri

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Demikian penjelasan mengenai cara sholat tarawih sendiri. Semoga kita bisa senantiasa menyempatkan diri untuk melaksanakan sholat tersebut. Dengan harapan Allah SWT akan selalu berada dekat dengan kita, mengampuni dosa kita, dan memberikan pahala yang besar untuk tabungan kita di akhirat kelak.