1
Travel

Cari Souvenir di Oman? Kunjungi 3 Souk Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Mengunjungi pasar tradisional adalah salah satu cara memahami budaya lokal saat berkunjung ke suatu tempat. Begitu juga saat kita berkunjung ke Oman. Kita bisa mempelajari sejarah, kebudayaan yang unik, warisan budaya, hingga arsitektur yang indah dengan berkunjung ke pasar tradisional atau Souk. Berikut ini adalah pasar tradisional yang sangat populer di Oman dan wajib kamu kunjungi.

Muttrah Souk

Muttrah Souk adalah pasar tradisional yang sangat identik dengan Oman. Muttrah Souk merupakan salah satu pasar tradisional tertua di tanah Arab, sekaligus sebagai pasar tradisional paling terkenal di Oman. Tidak heran pasar tradisional atau souk ini banyak dikunjungi oleh wisatawan, bahkan menjadi salah satu dalam bucket list saat berkunjung ke Oman.

Pasar yang terletak di Muttrah, Muscat ini memiliki arsitektur Arab yang khas dengan lorong-lorong sempitnya. Di dalamnya, ada berbagai macam toko-toko dan kios-kios kecil yang beratapkan kayu khas Oman. Pedagang di Muttrah Souk ini menjual berbagai macam produk tradisional, mulai dari perhiasan, gerabah khas Oman, kerajinan kayu, frankincense, khanjar atau belati khas Oman, serta halwa atau manisan khas Oman. Tidak heran pasar ini menjadi tujuan wisatawan untuk membeli souvenir.

Nizwa Souk

Terletak di kawasan benteng Nizwa yang terkenal di Oman, Nizwa Souk adalah sebuah pasar tradisional yang memiliki arsitektur unik. Pasar tradisional ini memiliki desain yang merupakan kombinasi dari arsitektur kuno dan arsitektur kontemporer.

Di dalamnya, terdapat toko-toko kecil yang menjual berbagai macam produk tradisional Oman. Ada kerajinan tangan, belati khas Oman, pakaian tradisional, kerajinan dari perak, beragam perhiasan, beragam gerabah dari tanah liat, hingga makanan tradisional. Bahkan beberapa toko tidak hanya menjual barang kerajinan, namun juga merupakan workshop tempat mereka membuat barang-barang yang dijualnya.

Kebanyakan pedagang di sini telah merintis usaha mereka selama bertahun-tahun sebagai usaha keluarga. Jadi barang-barang yang dijual di sini merupakan barang tradisional yang otentik khas Oman.

Habiskan waktumu untuk berbelanja berburu souvenir di Nizwa Souk, setelah itu kita bisa berburu foto-foto. Berbagai sudut Nizwa Souk bisa menjadi spot foto yang unik, lho.

Sohar Souk

Satu lagi pasar yang patut dikunjungi untuk membeli souvenir, yaitu Sohar Souk. Terletak di dekat Masjid Sultan Qaboos, pasar ini menjual berbagai macam kerajinan tangan. Mulai dari kerajinan perak, kulit, keramik, khanjar, hingga kerajinan dari daun palem. Kita juga bisa membeli madu dan halwa (manisan khas Oman) di pasar ini. Ada juga kerajinan wol dan tekstil dari kapas atau katun, serta parfum dan obat-obatan tradisional.

webinar umroh.com

Pasar seluas 7.000 meter persegi ini memang dibangun untuk melestarikan industri tradisional Oman, yang sudah ada sejak zaman dahulu. Ragam barang-barang yang dijual di sini bukan hanya bisa dibeli, namun kita juga bisa melihat proses pembuatannya. Sohar Souk juga memiliki arsitektur khas Arab dan Islam. Jadi jangan lupa mengunjungi pasar tradisional di wilayah Al Hajra ini, dan nikmati suasana industri tradisional di Oman.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.