1
Kuliner

Penting! Kenali Ciri-ciri Minuman Halal dalam Islam

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Islam tidak mengabaikan kesehatan umatnya begitu saja. sebab itulah islam hanya menghalalkan benda baik dan bersih serta mengharamkan benda- benda yang kotor, najis, dan jijik rupanya untuk masuk kedalam tubuh manusia. Lalu bagaimana sih kita bisa memahami mana minuman atau makanan halal yang bisa dikonsumsi? Berikut penjelasan lebih lengkap terkait ciri-ciri minuman halal.

Berdasarkan pemaparan tim umroh.com, sehat merupakan kunci kehidupan dan tak dapat dibeli atau ditukar dengan apapun. Allah swt telah menjaga umat manusia agar tetap hidup sehat. Allah swt menurunkan rezeki berupa makanan halal dan minuman berlimpah. Namun diantara semua itu Allah mengingatkan untuk makan dan minumlah yang halal dan baik. Semua itu dilakukan karena bentuk kasih sayang Allah swt kepada hambanya. Hanya makanan dan minuman yang halal dan baiklah yang mendatangkan kesehatan dan keberkahan.

Baca juga: 4 Minuman Halal di Maroko Ini Wajib Dicoba!

Minuman yang Halal

Islam telah mengatur bahwa semua minuman yang halal boleh dinikmati. Minuman yang halal adalah semua jenis minuman yang terbuat dari bahan – bahan yang dihalalkan walaupun bahan dasarnya adalah air seperti kopi, teh, juice, dan lain – lain.  

Allah swt berfirman dalam QS Al’Araf ayat 157:

“Allah menghalalkan bagi mereka segala yang baik – baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk – buruk.”

Empat Ciri Minuman Halal dalam Islam

1. Tidak Memabukan

Dari Ibnu Umar ia berkata, Rasulullah saw bersabda : “setiap sesuatu yang memabukan adalah khamr dan setiap yang memabukan adalah haram”. ( H.R. Abu Daud ).

Mau dapat tabungan hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Umroh.com merangkum, berdasarkan hadis tersebut maka pengertian khamr itu mencangkup segala sesuatu yang memabukan, baik berupa zat cair, maupun zat padat, baik dengan cara diminum, dimakan, dihisap, atau disuntikan ke dalam tubuh. Hukum islam menegaskan bahwa mengkonsumsi khamr, baik sedikit ataupun banyak hukumnya haram dan termasuk dosa besar. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah saw : 

webinar umroh.com

“setiap yang memabukan adalah haram dan sesuatu yang banyaknya memabukan maka sedikitnya pun haram”. ( H.R. Ibnu Majah )

2. Tidak mendatangkan mudarat bagi manusia, baik dari segi kesehatan badan, akal, jiwa maupun akidah

Mengkonsumsi minuman yang haram tentunya akan menimbulkan akibat buruk bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat, dan lingkungan sekitarnya. Selain itu apabila kita mengkonsumsi minuman halal Allah pun takan terima amal ibadah dan doa kita takan dikabulkan oleh Allah swt. 

Harga pas di kantong, yuk pilih paket umroh Anda cuma di umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

3. Tidak najis

Ciri-ciri minuman halal selanjutnya ialah minuman yang tidak berasal dari benda najis atau benda yang terkena najis. Misalnya minuman yang berasal dari air kencing kucing.

4. Didapatkan dengan cara yang halal

Selain kandungan dan nilai kesehatan untuk tubuh manusia, minuman halal pun haruslah didapatkan dengan cara yang halal pula. Tidak dengan cara yang batil ( tidak halal ). Misalnya minuman yang didapat dengan cara merampok, merampas, dan memeras. 

  • Minuman yang tidak memabukan

sebagaimana yang telah dijelaskan dalam Alquran: “Mereka bertanya kepada mu tentang khamar dan judi , katakanlah pada keduanya itu terdapat dosa besar dan beberapa manfaat pada manusia namun dosa dari keduanya lebih besar dari menfaatna”.(QS. Al Baqarah 219)

  • Minuman halal zat dan prosesnya

Minuman halal adalah minuman yang zat maupun proses mendapatkannya sesuai aturan islam. Contoh minuman yang halal zatnya adalah: tidak najis, bukan darah,  dan lainnya. Kedua, halal cara mendapatkannya, contohnya: minuman curian atau sejenisnya. Misalnya teh atau susu, pada dasarnya itu adalah minuman halal, namun jika didapat dengan cara yang haram maka hukummnya haram.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

  • Minuman yang tidak membahayakan

Minuman yang tidak membahayakan baik jasmani, rohani maupn akidah, contohnya: alkohol, atau minuman yang dijampi-jampi untuk merusak aqidah seseorang.