1
Muslim Lifestyle

Penting! Ketahui Dalil Berbakti Kepada Orang Tua Dibawah Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Birrul walidain ( berbakti kepada orang tua ) ialah akhlak yang harus selalu dikembangkan oleh setiap muslim. Berbakti kepada orang tua berarti menjalin hubungan baik dengan orang tua dengan didasari cinta dan rendah diri, bukan didasari rasa takut mendapat ancaman atau takut tidak dipenuhi kebutuhannya. Terdapat dalil berbakti kepada orang tua yang bisa menjadi pedoman untuk Anda sebagai anak agar menjadi acuan.

Sebagaimana orang tua yang baik, tak hanya menuntut anak untuk senantiasa berbakti, melainkan wajib juga untuk mengajarkan dan mendidik anak agar memiliki akhlakul kharimah serta ibadah yang baik. Dengan begitu anak akan dengan sendirinya memahami dan berbuat bakti kepada orang tuanya.

Baca juga : Rukun Jual Beli Dalam Islam Bagi yang Baru Mulai Usaha

Pentingnya Berbakti Kepada Orang Tua

Sebagaimana yang kita ketahui islam sangat menjunjung tinggi perilaku berbakti pada orang tua. Berbakti kepada kedua orang tua adalah kewajiban bagi setiap anak. Mengutamakan orang tua dalam setiap kehidupan adalah amalan yang paling mulia jika dilakukan dengan tulus dan ikhlas. Kedua orang tua adalah sumber berkah dan ridha dari Allah SWT dalam menjalankan sesuatu dan berbakti kepada kedua orang tua ialah puncak dari akhlak mulia yang wajib dipelihara oleh siapapun.

Namun sangat disayangkan kenyataan saat ini betapa banyak anak yang telah melalaikan kewajiban berbakti kepada kedua orang tuanya. Akhirnya perilaku durhaka kepada kedua orang tua benar-benar mencapai tingkat yang cukup memprihatinkan. Membangkang dan tidak patuhnya anak kepada orang tuanya tentu disebabkan oleh beberapa faktor, entah itu dari keluarga, masyarakat sekitar, maupun lingkungan sekolah.

berbakti kepada orang tua

Mau dapat Tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Dan yang jelas meningkatnya durhaka seorang anak ini harus segera diluruskan. Di antara bentuk pelurusan tersebut adalah kita berusaha mengkaji atau mempelajari kembali keutamaan dari berbakti kepada orang tua kemudian kita amalkan dan men dakwahkannya kepada orang-orang di sekitar kita. Memang, berusaha untuk  istiqomah dalam hal ini sangatlah sulit. Karena memang ini bukan amalan yang mudah. Namun, Inilah ladang kita meraih pahala sekaligus pintu menuju masuk surga.

Dalil Diwajibkannya Berbakti Pada Orang Tua

Umroh.com merangkum begitu istimewanya kedudukan orang tua dalam Islam karena perintah berbuat baikkepada ibu bapak di posisikan oleh Allah SWT di dalam Al-Quran langsung setelah perintah beribadah hanya kepada-Nya atau setelah larangan mempersekutukan-Nya. Oleh karena itu, hukum birrul walidain adalah wajib. Sebagaimana bunyi beberapa dalil sebagai berikut :

1. QS Al Isra ayat 24

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapak kamu dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia(1).Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil”. (QS. Al-Israa’: 23-24)

webinar umroh.com

Ingin berkunjung Ke tanah suci dengan harga Menarik? Dapatkan segera hanya di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

2. QS Al Ahqaaf ayat 13

”Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapak aku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai, berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucu ku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.”(Al-Ahqaaf:15)

3. QS Luqman ayat 14

“Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu- bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. bersyukurlah kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepadaku-lah kembalimu.”(QS. Luqmaan: 14)

6 Momen Sederhana Ini Bisa Menguatkan Hubungan Orang Tua dan Anak

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Dari ayat-ayat tersebut maka jelaslah bahwa Allah SWT  memerintahkan umatnya untuk senantiasa berbakti dan berbuat baik kepada orang tua bahkan Allah menyandingkan perintah tauhid dengan perintah berbuat baik pada kedua orang tua dalam satu ayat Al-Quran. Hal tersebut menandakan bahwa dalil berbakti kepada orang tua adalah sesuatu yang sangat penting dan wajib dilakukan oleh seorang muslim agar selamat dunia akhirat.